5 Tips Cara Memilih Softlens Yang Aman Untuk Mata

By | Oktober 3, 2018

5 Tips Cara Memilih Softlens Yang Aman Untuk Mata

5 Tips Cara Memilih Softlens Yang Aman Untuk Mata

5 Tips Cara Memilih Softlens Yang Aman Untuk Mata

Anda pasti tahu bahwa soflent yang baik dan aman bisa memperbaikik fungsi penglihatan. Apabila anda menggunakan dan merawatnya secara benar, maka soflent dapat melindungi mata yang berharga dari kerusakan penglihatan jangka panjang. Oleh karena itu pemilihan soflent yang bagus dan perawatan yang mudah sangatlah penting.

Dibandingkan dengan kacamata, soflent ini makin banyak digunakan karena dianggap bisa mengimbangi dan menunjang aktivitas penggunanya. Sebagian besar orang yang menggunakan soflent berada pada rentang usia 25 sampai 44 tahun, dan biasanya mereka mengidap rabun jauh atau min sehingga menggunakan soflen hampir setiap hari.

Kebiasaan tersebut tentunya akan berujung pada terganggunya kesehatan mata jika anda tidak mempunyai soflent yang bagus dan tidak merawatnya dengan baik.

Bagaimana cara memilih soflent yang bagus ?

Saat ini sudah banyak merek yang meluncurkan kemasan soflent sekali pakai dengan jangka waktu pemakaian yang pendek, misalnya satu hari saja. Hal ini akan mmebuat anda merasa aman karena menggunakan soflent yang selalu terjaga kebersihannya. 5 Tips Cara Memilih Softlens Yang Aman Untuk Mata

Bagi anda yang ingin membeli perlengkapan medis apa pun, seperti memlih soflent yang bagus dan aman harus dilakukan dengan cara hati-hati serta cermat. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk memilih soflent sesuai dengan kebutuhan kondisi anda diantaranya sebagai berikut:

  • Pilihlah soflent warna bening

Bagi anda yang pertama kali ingin menggunakan soflent, sangat di sarankan untuk memilih warna soflent yang wajar atau tidak terlalu neko-neko. Anda pasti mengetahui bahwa ada beragam warna soflent, mulai dari warna hitam, abu-abu, hijau, biru, pink dan masih banyak lagi. Oleh karena itu anda pertama kali menggunakan soflent untuk menggantikan fungsi kacamata sebaiknya pilih soflent yang berwarna bening. Jika anda ingin menggunakan soflent berwarna maka pilihlah warna coklat atau abu-abu. Hal ini dikarenkaan kontak lensa bening mempunyai kadar air yang lebih tinggi sehingga lebih nyaman ketika di pakai.

  • Jangan menggunakan soflent beranek motif

Soflent yang memiliki motif, tentunya akan membuat penampilan mata anda menjadi lebih menarik. Namun jika anda pemula atau yang belum terbiasa memakai soflent harus menghindari menggunakan soflent jenis ini. Namun jika anda sudah terbiasa menjalani hari dengan soflent polos, maka bisa mempertimbangkan untuk memakai soflent bermotif.

  • Perhatikan ukuran diameter soflent

Perlu anda ketahui bahwa setiap merk soflent memiliki diameter yang berbeda-beda. Maka dari itu diameter soflent ini harus di sesuaikan dengan ukuran bola mata anda. Memang anda tidak bisa mengukur diameter bola mata, tapi setidaknya bisa mengira-ngira sendiri ukuran diameter bola mata. Bagi anda yang memiliki bola mata besar maka sebaiknya pilihlah soflent dengan diameter 15 mm. Sedangkan jika bola mata anda kecil, maka sebaiknya pilihlah kontak lensa dengan ukuran diameter yang lebih kecil. Jika anda menggunakan soflent yang terlalu kecil atau terlalu besar maka bisa menyebabkan rasa tidak nyaman.

  • Sesuaikan kadar air dengan kondiis mata

Para ahli menyatakan bahwa kadar air pada soflent yang paling bagus ialah sekitar 48 persen, tetapi hal ini kembali lagi pada kondisi mata anda. Karena pada dasarnya setiap orang memiliki kondisi mata yang berbeda-beda, untuk itu sesuaikanlah kadar air kontak lensa dengan kondiis mata anda. Kadar air pada soflent bisa dikatakan tinggi jika nilainya lebih dari 50 persen, sedangkan soflent dengan kadar air rrendah kadar airnya di bawah 48 persen. Jika soflent memiliki kadar air yang tinggi maka bisa meneruskan oksigen lebih banyak ke mata. Namun jika anda memiliki mata dengan produksi air mata yang sedikit, maka dari itu pilislah soflent dengan kadar air rendah karena soflent ini lebih sedikit menyerap air mata sehingga kelembaban bola mata tetap terjaga.

  • Sesuaikan dengan minus mata terkini

Semua orang pasti tahu bahwa minus mata dapat bertambah seiring berjalannya waktu. Misalnya tahu lalu mata anda mengalami minus 2, tapi bisa saja tahun ini bertambah menjadi 2,5. Cara yang baik dalam memilih soflent ialah dengan menyesuaikan minus mata anda dengan soflentyang akan digunakan.

Untuk itu ukurtsebaiknya anda mengukur minus mata terlebih dahulu sebelum menggunakan soflent.

# Pilihlah soflent dengan teknologi baru

Dari masa-kemasi soflent ini terus mengalami perubahan teknologi yang tentunya akan menguntungkan penggunanya. Hydrogel merupakan salah satu soflent dengan menggunakan teknologi terbaru sehingga snagat menguntungkan bagi penggunannya. Karena teknologi ini dapat memungkinkan oksigen mengalir dengan bebas. Selain itu ada juga soflent dengan menggunakan teknologi UV blocking yang bermanfaat untuk menecgah kerusakan soflent dan mata ketika terpapar sinar matahari. Selain itu ada juga merk soflent yang yang menggunakan teknologi lacrean yang berfungsi untuk menjaga kelembaban pada mata. Nah anda tinggal memilih mau menggunakan soflent dengan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan anda.

# Pertimbangkan ketebalan soflent

Selain diameternya anda juga harys memperhatikan tingkat kekebalan pada soflent. Biasanya semakin tipis soflent yang di pilih maka semakin nyaman di pakai mata. Namun penggunaan soflent yang tipis bisa menyebbakan soflent mudak robek sehingga anda harus menggunakan sflent yang baru. Apabila anda ingin memilih yang tebal, maka harus mempertimbangkannya karena semakin tebal soflent akan memungkinkan adanya rasa mengganjal ketika di pakai. 5 Tips Cara Memilih Softlens Yang Aman Untuk Mata

5 Tips Cara Memilih Softlens Yang Aman Untuk Mata

# Cek masa kedaluarsa softlen

Kebanyak orang yang menggunakan soflent untuk pertama kalinya, pasti tidak mengetahui bahwa soflent mmeiliki kadaluarsa atau massa expired. Hal inilah menjadi kelamah dari soflent karena tidak bisa awet dan tahan lama seperti kacamata. Jika anda tetap ingin menggunakan soflent yang sudah kadaluarsa maka bisa menyebbakan iritasi mata. Mka dari itu jika anda mendapati bahwa soflent sudah kadaluarsa maka buanglah, lebih baik anda menggunakan soflent yang baru.

# Pilihlah soflent yang terpercaya

Saat ini sudah banyak merk soflent yang bisa kita dapati dari pasar, mulai dari soflent lukal hingga impor. Tidak hanya itu saja, adanya juga soflent yang akan memberikan kemampuan untuk membuat mata nampak lebih besar.

Untuk itu bagi anda yang menggunakan soflent pertama kali harus memlih produk soflent dari merk yang terpercaya seperti acuvue, freshlook, atau foxir. Namun hal ini kembali lagi pada selera anda karena merek-merek tersebut hanya menyediakan soflent standar walaupun ada beberaap pilihan warnanya.

Cara pemakaian soflent yang baik dan benar

  1. Cuci tangan sebelum memasang soflent

Anda yang ingin memasang soflent sangat di sarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan pastikan anda juga menggunakan sabun. Hal ini bermanfaat supaya kuman yang bersarang di area tangan tidak berpindah ke soflent. Karena nantinya soflent akan di pegang dan kuman itu beralih untuk berdiam diri di bagian mata. 5 Tips Cara Memilih Softlens Yang Aman Untuk Mata

Herbal96

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.