Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

By | Oktober 18, 2018

Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

apakah nama penyakit bercak putih pada kulit

Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit – Mempunyai kulit yang sehat dan berpigmentasi normal adalah idaman semua orang. Tapi ada sebagian orang yang mengalami bercak pada kulitnya.

Ada beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya bercak putih pada kulit seperti vitiligo, panu atau pityriasis versicolor, pityriasis alba, hipopigmentasi, dan llainnya.

Pigmentasi merupakan pewarnaan kulit anda, jika anda sehat maka warna kulit akan nampak normal. Sedangkan jika anda dalam kondisi yang tidak sehat atau mengalami cedera, maka kulit bisa saja berubah warna, entah menjadi lebih gelap atau lebih terang. Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

Biasanya pigmentasi kulit bervariasi tergantung ras dan genetik anda, selain itu hal ini juga tergantung pada jumlah paparan sinar matahari yang di peroleh.

Dan di bawah ini adalah nama penyakit yang menyebabkan bercak putih pada kulit diantaranya sebagai berikut:

  • Panu

Panu merupakan salah satu infeksi jamur yang sering terjadi pada kulit, biasanya ditandai dengan timbulnya bercak putih pada kulit area dada dan juga punggung.

Selain itu panu juga bisa mmebuat kulit anda mengalami bercak kecoklatan dan bersisik. Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak muda atau remaja dan cenderung lebih sering dialami oleh laki-laki dibandingkan dengan perempuan, serta pada orang yang berkeringat berlebihan.

Panu ini bisa terjadi karena adanya pertumbuhan jamur dari genus malassezia, yakni mikroorganisme yang di temukan pada kulit normal.

Biasanya panu ini tidak menular dan lebih sering terjadi pada iklum yang panas dan lembab, jika dibandingkan dnegan iklim yang sejuk dan kering. Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

  • Vitiligo

Ciri utama dari penyakit vitiligo ialah adanya bercak putih pada kulit, hal ini diakibatkan oleh kurangnya melanin yaitu pigmen di kulit.

Kondisi ini tentunya bisa mempengaruhi area kulit mana pun, tapi paling sering terjadi pada area wajah, leher, tangan, dan bagian lipatan kulit.

Perlu anda ketahui bahwa bercak putih pada kulit yang di sebabakan oleh vitiligo ini bersifat permanen, dan bukan merupakan penyakit yang menular.

Vitiligo ini dapat terjadi ketika sel penghasil pigmen (melanosit) mati atau berhenti menghasilkan melanin. Ada beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya vitiligo diantaranya ialah adanya gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyerang dan menghancurkan melanosit di kuli, dan faktor genetik, serta sering terkena paparan sinar matahari, stress, dan juga paparan bahan kimia industri.

  • Morfea

Morfea merupakan salah satu kondisi kulit langka yang dapat menimbulkan bintik-bintik atau bercak putih pada kulit tanpa adanya rasa sakit. Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

Umumnya perubahan kulit ini muncul pada bagian perut, dada atau punggung, tapi juga bisa pada area wajah, lengan, atau tungkai.

Penyakit ini lebih cendrung mempengaruhi lapisan terluar kulit anda, namun ada beberapa kondisinya yang bisa membatasi gerakan di persendian.

Sampai saat ini penyebab morfea masih belum di ketahui secara pasti, tapi kelainan kulit ini memiliki hubungan dengan faktor keturunan atau genetik dan lingkungan.

Tidak hanya itu kelainan kulit ini juga seing dikaitkan dengan peningkatan kolagen dan juga matriks ekstraselular ( komponen di luar sel yang terdapat pada semua jaringan dan organ) di lapisan dermis kulit. Penyakit kulit yang satu ini lebih sering terjadi pada kaum wanita dan orang yang memiliki kulit putih.

  • Lepra

Faktor utama yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit lepra ialah bakteri mycobacterium leprae. Ternyata penyakit lepra atau kusta ini merupakan salah satu penyakit tertua di Dunia. Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

Siapa saja bisa mengalami lepra, namun 80 persen penyakit ini ditemukan pada daerah tropis yang panas dan lembab seperti di negara kita Indonesia.

Umumnya penyakit ini lebih sering terjadi pada kelompok usia 10 sampai 14 tahun dan 35 sampai 44 tahun. Jika kondiis tersebut diabiarkan secara terus menerus tanpa ada pengobatan, maka bisa menyebabkan kecacatan karena kerusakan saraf.

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan bercak putih pada kulit

Eksim

Eksim merupakan salah satu faktor yang bisa menimbulkan bercak putih pada kulit. Sebagian besar orang pasti tau tentang eksim yang merupakan sebuah penyakit kulit.

Tanda utama dari penyakit ini ialah timbulnya ruam dan rasa gatal yang sangat mengganggu. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa bercak putih ini bisa timbul dalam beragam bentuk, maka pada eksim anda memperhatikan bagian tengah ruam yang muncul di permukaan kulit. Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

Hal ini dikarenkaan pada bagian tengahnya ada bercak putih dimana kondiis ini lebih sering terjadi pada anank-anak tapi bisa juga berlanjut sampai beranjak dewasa.

Berjemur

Bagi anda yang hobi berjemur di bawah terik matahari, maka jangan heran jika pada kulit akan muncul bercak putih. Apalagi jika anda seseorang yang menggunakan pil KB ataupun jenis obat hormonal lainnya,

maka akan snagat rentan untuk terkena bercak putih. Kondisi tersebut bisa terjadi karena tubuh anda di pengaruhi oleh kandungan obat dalam penyerapan sinar UV.

Cara alami untuk mengobati bercak putih pada kulit

# Memanfaatkan jahe

Jahe bisa anda gunakan sebagai obat luar, untuk mengatasi bercak putih pada kulit. Caranya ialah dengan membuat jus dari jahe, lalu oleskan dan pijatkan pada bagian kulit yang terdapat bercak putih.

Setelah itu diamkanlah hingga beberapa saat kurang lebih selama 15 menit. Kemudian bassuhlah dengan menggunakan air dingin hingga bersih, dan lakukanlah perawatan ini secra rutin dan teratur yaitu dua kali dalam seminggu agar anda mendapatkan hasil yang optimal. Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

# Menggunakan minyak pohon teh

Bahan alami selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bercak putih pada kulit ialah minyak pohon teh. Untuk menggunakannya anda harus mencampurkan 5 tetes minyak pohon teh dengan satu sendok makan minyak zaitun.

Aduklah hingga rata, lalu usapkanlah secara merata pada bagian kulit yang bercak dengan menggunakan kapas bersih, dan tunggulah hingga kering.

Setelah itu gunakanlah air hangat untuk membilasnya, untuk mendapatkan hasil yang optimal maka lakukanlah perawatan ini secara rutin dan teratur yaitu dua kali dalam sehari.

# Memakai minyak kelapa

Tidak hanya minyak pohon teh, anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengobati bercak putih pada kulit. Caranya ialah dengan mengambil beberapa tetes minyak kelapa pada kapas, lalu usapkan atau oleskan pada bagian kulit yang terkena bercak putih.

Gunakanlah jari-jari anda untuk memijat area tersebut, dan lakukanlah sehari dimana pada malam hari penggunaanya bisa dibiarkan hingga pagi.

# Lidah buaya

Tak perlu di ragukan lagi khasiat dan manfaat dari lidah buayan untuk kesehatan kulit. Ambilan daun tanaman lidah buaya yang masih segar, lalu potonglah menjadi dua bagian dan ambilah gell nya. Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

Setelah itu oleskanlah gell tersebut pada bagaian kulit yang mengalami bercak putih serta biarkan hingga beberapa jam. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik maka lakukanlah perawatan ini dua sampai 3 kali dalam sehari.

# Menggunakan ekstrak ginkgo biloba

Bahkan anda di anjurkan untuk menggunakan ekstrak ginkgo biloba dalam bentuk suplemen 2 kali dalam sehari yang terus berlanjut penggunaanya hingga kurang lebih selama 12 minggu.

Didalam suplemen tersebut terdapat kandungan antioksidan, sehingga ekstra ginkgo biloba ini dipercaya bisa mengatasi gejala vitiligo dan menghilangkan bercak putih.

# Minum jus wortel

Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, mengkonsumsi jus wortel setiap hari juga bisa mengatasi bercak putih pada kulit. idalam wortel terdapat kandungan pigmen yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi bercak putih pada kulit. Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

# Menggunakan teh hijau

Anda juga bisa menggunakan teh hijau sebagai obat luar utuk mengatasi bercak putih pada kulit. Tidak hanya dari luar teh hijau juga bisa anda konsumsi sebagai pengobatan dari bagian dalam. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh hijau sangat ampuh untuk mengatasi bercak putih.

# Memanfaatkan daun kemangi

Biasanya daun kemangi ini dikonsumsi sebagai lalapan, yang memiliki rasa sangat khas. Selain dijadikan lalapan, anda juga bisa menggunakan daun kemangi untuk mengatasi bercak putih pada kulit.

Caranya ialah dengan menumbuk daun kemangi hingga menjadi halus lalu tambahkanlah beberapa tetes air perasan lemon. Kedmuian aduklah hingga menjadi rata, setelah itu oleskanlah pada permukaan kulit yang mengalami bercak putih. Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

# Kubis

Sebagian besar masyarakat pasti tahu dengan jenis sayuran yang satu ini, kubis biasanya dimasak menjadi sop yang lezat. Namun selain dimasak, kubis juga bisa anda jadikan sebagai masker wajah.

Didalam kubis terdapat kandungan asam amino yang snagat efektif untuk menghilangkan bercak putih pada kulit terutama di wajah.

Untuk menggunakannya anda hanya perlu memblender beberapa helai kubis hingga menjadi halus, lalu oleskanlah pada bagian kulit yang terdapat bercak putih.

# Neem

Kata neem mungkin masih asing di dengar oleh telinga anda, nem ialah sejenis dedauanan yang bisa digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan bercak putih pada kulit, khususnya dibagian wajah.

Cara membuatnya ialah dengan mencampurkan daun neem dengan madu, aduklah hingga rata sehingga menjadi pasta. Kemudian aplikasikanlah ramuan ini pada bagian kulit yang mengalami bercak putih. Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

# Biji lobak

Bahan alami selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bercak putih pada kulit ialah biji lobak. Untuk menggunakannya anda harus menyediakan bijij lobak sebanyak 50 gram dan cuka 50 ml.

Sebelum mencanpurkannya dengan cuka, terlebih dahulu anda harus menghaluskan biji lobak tersebut. Apabila campuran tersebut sudah seperti pasta maka langsung saja aplikasikan pada kulit yang mengalami bercak putih terutrama pada bagian wajah.

# Madu dan bubuk cendana

Madu berfungsi untuk membunuh bakteri, sementara bubuk cendana berperan sebagai antioksidan. Jika kedua bahan ini dicampurkan maka bisa menghasilkan obat alami yang sempurna untuk menghilangkan bercak-bercak putih pada kulit seperti pada wajah. Lakukanlah perawatan dengan ramuan ini secara teratur dan rutin agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bercak putih pada kulit. Perlu anda ketahui bahwa bahan-bahan alami ini bukanlah bahan yang ajaib sehingga bisa menghilangkan bercak putih secara instan.

Namun anda perlu kesabaran dan ketelatenan ketika ingin menghilangkan bercak putih dengan menggunkaan bahan-bahan alami. Apakah Nama Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

 

post by: herbal96

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.