Bagaimana Menurunkan Mata Minus Yang Parah

By | November 3, 2018

Bagaimana Menurunkan Mata Minus Yang Parah

bagaimana menurunkan mata minus yang parah

bagaimana menurunkan mata minus yang parah

Bagaimana Menurunkan Mata Minus Yang Parah – Mata minus atau rabun jauh merupakan suatu kondisi dimana mata menyebabkan objek yang letaknya dekat terlihat jelas, sedangkan objek yang letaknya jauh terlihat kabur.

Sinar yang direfleksikan dari sbeuah objek masuk kebagian mata melalui kornea, lalu difokuskan oleh lensa mata ke retina. Dalam keadaan normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk. Sehingga bayangan objek di fokuskan tepat di retina.

Sementara pada mata minus atau rabun jauh, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, tapi jauh di depannya. Kondisi ini bisa terjadi karena kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Bagaimana Menurunkan Mata Minus Yang Parah

Sehingga jika anda mengalami mata minus, ketika melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus.

Tingkat keparahan mata minus bisa ditandai dengan ukuran dioptri (D). Dan di bawah ini adalah beberapa gejala mata minus, diantaranya sebagai berikut:

Ciri-ciri dan gejala mata minus

Memincingkan mata supaya pandangan lebih jelas atau fokus

Bagi anda yang menderita mata minus, umumnya akan menunjukan gejala memincingkan mata supaya bisa fokus dan melihat objek dengan jelas.

Kondisi ini juga bisa disertai dengan memajukan wajah atau mendekati objek tersebut, padahal orang lain disekitarnya yang sama-sama melihat objek tetap tenang berada di tempatnya.

Sering menggosok mata

Biasanya anda yang menderita mata minus atau rabun jauh akan sering menggosok matanya. Hal ini dikarenkaan anda merasa ada gangguan dalam penglihatan sehingga menimbulan rasa yang tidak nyaman dalam melihat objek tertentu.

Tidak menyadari objek yang jauh

Kondisi tidak menyadari akan adanya objek jauh tentunya akan terjadi pada anda yang menderita rabun jauh atau mata minus. Bagaimana Menurunkan Mata Minus Yang Parah

Jika keadaan ini dibiarkan secara terus menerus maka akan berbahaya, misalnya ketika anda mengendarai kendaraan akan kesulitan untuk melihat pengendara lain yang berada di kejauhan dan akhirnya bisa mengakibatkan kecelkaan.

Sakit kepala ketika mata bekerja berlebihan

Anda yang menderita mata minus, tentu kondisi matanya dalam bekerja tidak sama dengan orang yang memiliki mata normal.

Sehingga jika anda yang menderita mata minus memaksakan matanya untuk bekerja secara berlebihan atau menfotsir matanya dalam bekerja. Tentu hal ini akan membuat mata bekerja ekstra sehingga anda akan merasa sakit kepala.

Hal ini sebagai tanda jika mata anda sudah lelah dan harus segera diistirahatkan, selain itu sakit kepala juga akan mengganggu anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Mengedipkan mata secara berlebihan

Biasanya penderita mata minus akan sering mengedipkan mata, hal ini bisa terjadi karena anda akan merasakan mata dalamnya pegal sehingga anda akan sering mengedipkan mata.

Dan anda yang menderita mata minus juga akan merasakan tidak jelasnya suatu penglihatan sehingga akan sering mengedipkan mata untuk memperjelas suatu objek suatu benda.

Pandangan kabur ketika melihat objek yang jauh

Pandangan mata yang kabur ketika melihat objek yang jauh sering digunakan sebagai ciri-ciri dari mata minus atau rabun jauh.

Bagi anda yang menderita mata minus akan merasakan pandangan terhadap suatu objek akan kabur jika objeknya terlalu jauh.

Misalnya anda akan kesulitan untuk untuk melihat tulisan yang berada di papan tulis apalagi jika anda duduknya di bagian belakang dan berada jauh dari papan tulis.

Maka anda akan mengalami kesulitan dalam membaca tulisan tersebut sehingga anda akan sering menyepitkan mata yang bertujuan untuk bisa melihat tulisan yang berada di papan tulis.

Apa yang menyebabkan mata minus ?

  • Faktor genetik atau keturunan

Hingga saat ini para ahli kesehatan menyebutkan bahwa faktor genetik adalah faktor yang paling potensial menyebabkan mata minus.

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa anak-anak yang memiliki orang tua penderita mata minus. Maka akan memiliki risiko untuk mengalam mata minus 30 persen lebih tinggi. Jika dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki riwayat keluarga terhadap rabun jauh. Bagaimana Menurunkan Mata Minus Yang Parah

Namun di zaman modern seperti saat ini kasus penderita rabun jauh kebanyakn bukan karena faktor genetik, tapi karena faktor lingkungan, pola hidup dan juga kebiasaan buruk.

  • Sering melakukan aktiivtas dengan objek terlalu dekat pada mata

Ketika anda melakukan aktiivtas dengan melibatkan mata sebagai indera utama, ada baiknya untuk tidak meletakan objek terlalu dekat dengan mata.

Karena meletakan objek terlalu dekat dengan mata bisa menyebabkan kinerja mata harus lebih ekstra dan akan membuat mata lebih cepat lelah.

Meskipun ada beberapa aktivitas yang yang dapat meningkatkan risiko rabun jauh seperti terlalu mendekatkan mata dengan objek saat sedang membaca. Dan menonton televisi, bekerja di depan komputer, terlalu lama menatap layar ponsel, serta lain sebagainya.

Perlu anda ketahui bahwa semua aktivitas tersebut akan memaksa mata untuk bekerja lebih keras sehingga meningkatkan risiko terjadinya mata minus atau rabun jauh.

  • Terlalu lama beraktivitas dengan jarak pandang yang sama setiap hari

Perlu anda ketahui bahwa sering beraktivitas dengan jarak pandang yang sama setiap hari, sama halnya dengan memaksa mata untuk berkontraksi dalam waktu yang lama serta akan membuat mata anda cepat lelah.

Misalnya terlalu lama bekerja di depan layar komputer, di depan mesin, atau di depan berkas-berkas setiap hari akan menyebabkan otot mata berkontraksi secara menoton.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa melakukannya dengan cara mengistirahatkan mata secara berkala, hindari memaksakan mata untuk bekerja secara menoton. Cobalah untuk melihat pemandangan di sekitar anda, guna mata tidak mudah lelah.

  • Tinggal di tempat yang sulit dan sesak

Ternyata tinggal di tempat yang yang sempit dan penuh sesak akan membuat pandangan mata cendrung menoton dan terbatas.

Tentunya hal ini akan membuat otot mata kurang berkontraksi untuk melihat objek yang jauh sehingga otot mata menjadi tidak normal.

Cara mengatasi hal ini, anda harus mengatur rumah sedemikian rupa agar anda bisa melihat dengan jarak pandang yang jauh. Bagaimana Menurunkan Mata Minus Yang Parah

Ataupun dengan cara melihat objek jarak jauh secara berkala juga bisa membantu melatih mata anda agar menjadi lebih sehat.

  • Memiliki kebiasaan buruk

Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan otot mata cepat lelah serta meningkatkan risiko terkena mata minus.

Kebiasaan buruk tersebut ialah sering membaca sambil tidur-tiduran, membaca di tempat yang terlalu redup, membaca di bawah sinar matahari secara langsung. Sehingga membuat mata silau, menatap sumber cahaya secara langsung.

  • Mata terlalu lama berada di balik media transparan yang tidak tepat untuk mata

Mata yang terlalu lama berada di balik media transparan yang tidak tepat untuk mata bisa menyebabkan gangguan kesehtaan mata. Seperti ketika anda terlalu sering dan lama memakai helm atau kacamata yang memiliki lensa tidak sesuai untuk mata, dan lain sebagainya.

  • Kekurangan asupan gizi

Faktor selanjutnya yang bisa menyebabkan rabun jauh ialah kurangnya asupan nutrisi penting bagi kesehatan mata. Jika tubuh anda kekurangan asupan vitamin A, lutein, dan zeaxantin dapat meningkatkan risiko gangguan refraksi pada mata.

Selain rabun jauh, kekurangan asupan nutrisi tersebut juga bisa menyebabkan rabun dekat, katarak, dan berbagai macam gangguan lainnya.

Cara mengurangi mata minus

# Olahraga mata

Melakukan olahraga mata merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata alami, selain itu hal ini juga bisa mengurangi mata minus terutama yang sudah parah.

Memang benar, olahraga mata ini harus dilakukan bersamaan dengan penggunaan obat serta kacamata yang telah di resepkan.  Bagaimana Menurunkan Mata Minus Yang Parah

# Beraktivitas di luar ruangan

Anda juga disarankan untuk melakukan beberapa kegiatan di luar ruangan, supaya mata anda tidak terpaku pada televisi, gadget, atau bahkan bacaan buku.

Umumnya anda yang berkegiatan di rumah akan banyak main gadget, televisi ataupun bacaan tertentu, kondisi ini tentunya akan menambah parah mata minus yang sudah ada.

Ternyata mata minus yang sudah parah bisa dikurangi dengan membuatnya lebih segar, caranya ialah dengan menghabiskan waktu diluar rumah, terutama di tempat-tempat berbau alam.

Misalnya perbukitan atau pegunungan dan juga taman dnegan khijauan tanaman dari pohon-pohonnya akan membuat mata jauh lebih adem yang tanpa di sadari bisa meredakan mata minus sedikit demi sedikit.  Bagaimana Menurunkan Mata Minus Yang Parah

# Menggunakan ekstrak biji anggur

Anda bisa menggunakan ekstrak biji anggur untuk mengatasi mata minus yang sudah terlanjur parah. Karena kandungan alami yang terdapat dalam ekstrak biji anggur bisa meningkatkan penglihatan sekaligus mencegah gangguan mata liannya.

Caranya ialah dengan mencampurkan ekstrak biji anggur atau minyak biji anggur sebanyak beberapa tetes kedalam air secukupnya. Setelah itu gunakanlah larutan ini sebagai pembilas mata.

# Mengistirahatkan penglihatan

Sering menggunakan kacamata dalam waktu yang lama untuk berhadapan dengan gadget atau bacaan bisa menyebabkan mata lelah serta akan memperparah kondisi mata minus yang sudah ada.

Untuk mengurangi mata minus yang sudah parah, anda hanya perlu memberikan waktu istirahat dari fokus jarak dekat.

Jauhilah melakukan aktivitas berjam-jam di depan komputer atau bacaan bila hendak meredakan mata minus yang sudah parah.

# Sering berkegiatan di tempat terang

Seperti ketika anda bekerja di depan komputer, menonton TV, atau membaca buku, pastikan segala kegiatan yang mengharuskan mata untuk fokus pada suatu objek. Harus dilakukan dalam kondisi ruangan dengan tingkat cahaya yang cukup terang.

Pasalnya penerangan yang cukup bisa membantu mata untuk tidak bekerja terlalu keras yang juga otomatis membantu mata lebih baik nantinya.  Bagaimana Menurunkan Mata Minus Yang Parah

# Menggunakan almond

Selain memiliki kandungan vitamin A, kacang almond juga kaya akan kandungan antioksidan dan lemak baik yang sangat efektif dalam memulihkan miopia.

Caranya ialah dengan menyediakan kacang almond sebanyak 5 biji lalu rendamlah di dalam air hangat semalaman. Dan konsumsilah keesokan paginya, sebelum kaan atau dalam kondisi perut yang masih kosong.

Mata minus yang sudah parah pun lama-kelamaan akan pulih, jika anda melakukan perawatan ini secara rutin dan teratur.

# Memanfaatkan bilberry

Buah family berry juga bisa anda manfaatkan untuk mengurangi mata minus meskipun sudah parah. Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu pemulihan mata anda.

Caranya ialah dengan mengkonsumsi sebanyak 1 cangkir setiap hari, anda bisa mencampurkan buh ini kedalam air putih atau teh.  Bagaimana Menurunkan Mata Minus Yang Parah

 

post by: herbal96

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *