Bahaya Implan Silikon Untuk Kesehatan

By | Oktober 29, 2018

Bahaya Implan Silikon Untuk Kesehatan

bahaya implan silikon untuk kesehatan

bahaya implan silikon untuk kesehatan

Bahaya Implan Silikon Untuk Kesehatan – Keberadaan payudara merupakan salah satu keistimewaan pada tubuh perempuan, tapi sayangnya seiring dengan bertambahnya usia seringkali payudara tidak lagi seindah dulu. Tentunya kondisi ini akan membuat sebagian wanita melakukan implan payudara untuk memperbaiki pernampilan.

Secara umum ada dua alasan kenapa wanita melakukan operasi implan payudara yakni, alasan rekontruksi dan kosmetik. Biasanya rekontruksi payudara dilakukan setelah pengangkatan payudara karena suatu penyakit, misalnya kanker payudara.

Sementara implan payudara karena alasan kosmetik biasanya bertujuan untuk memperbaiki penampilan, melalui pembesaran atau pengencangan payudara. Bahaya Implan Silikon Untuk Kesehatan

Mengenal jenis-jenis implan dan potensi komplikasi yang ditimbulkan

Secara spesifik ada dua jenis pembesaran payudara dengan metode pemasangan silikon yang bisa anda pilih yaitu implan silikon dan silikon suntik.

Perbedaan diantara keduanya terletak pada bentuk bahan yang di masukan dan cara memasukan bahan tersebut. Bahan yang digunakan pada implan silikon ialah berupa gel, sementara bahan dasar silikon suntik ialah berupa cairan.

Biasanya untuk pemasangan silikon implan atau silikon gell dimasukan ke dalam payudara dengan cara membedah daerah area payudara, kemudian gell di letakan di atas atau bawah otot dada.

Beda halnya dengan silikon implan yang dianggap aman, silikon suntik sangat tidak dianjurkan karena dianggap bisa menimbulkan risiko kesehatan.

Implan payudara ini terdiri dari dua jenis yakni saline dan silikon, implan saline adalah implan yang terdiri atas kantong silikon berisi air garam steril.

Sementara implan silikon terdiri dari kantong silikon yang diisi dengan gel silikon lengket dan hampir menyerupai lemak manusia. Bahaya Implan Silikon Untuk Kesehatan

Perlu anda ketahui bahwa implan saline hanya boleh dilakukan pada pasien yang sudah berusia 18 tahun ke atas, sedangkan untuk jenis silikon yakni pada usia minimal 22 tahun.

Walaupun lebih aman dari silikon suntik, tetap saja kedua jenis implan ini berbahaya, dan di bawah ini adalah beberapa efek buruk yang akan ditimbulkan, diantaranya sebagai berikut:

  • Kebocoran implan

Bahaya pertama yang mungkin saja dialami oleh anda dari implan payudara ialah kebocoran. Sebab kebocoran implan payudara akan menimbulkan pusing dan mual,

bahkan jika kondisinya lebih parah bisa menyebabkan kelainan saraf. Apabila kebocoran implan payudara ini tidak di tangani dengan tepat, akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi karena kuman.

  • Timbul rasa nyeri dan sakit

Implan payudara juga bisa menimbulkan rasa sakit dan nyeri di seluruh tubuh. Sehingga tidak hanya diarea sekitar payudara saja, namun hampir seluruh tubuh akan merasakan nyeri, seperti otot, leher, persendian, kelelahan, dan mati rasa di daerah payudara.

  • Puting payudara menjadi tidak sensitif

Adanya benda asing yang di tanam pada tubuh, pastinya akan membuat anda merasakan sesuatu yang berbeda pada tubuh.

Pasca melakukan operasi impalan payudara, ada sebagian wanita yang kehilangan rasa sensitifnya pada puting payudara. Namun ada juga beberapa perempuan yang menjadi hipersensitif, jadi ketika di pegang malah akan merasa tidak nyaman serta cendrung menyakitkan.  Bahaya Implan Silikon Untuk Kesehatan

  • Peradangan pada arteri sekitar payudara

Terjadinya peradangan arteri di area payudara di sebabkan oleh efek dari pertahanan tubuh terhadap zat asing. Hal inilah yang memicu terjadinya peradangan dan pembengkakan di sekitar payudara.

  • Menjadi sarang jamur dan bakteri

Perlu anda ketahui bahwa implan saline yang digunakan untuk menambah ukuran payudara merupakan bahan yang snagat rentan terhadap pertumbuhan jamur dan bakteri. Tentunya hal ini sudah di buktikan oleh sejumlah pakar peneliti.

  • Racun bagi otak

Tidak hanya itu saja bahan yang digunakan dalam proses implan payudara merupakan racun bagi otak. Hal ini dikarenakan gel silicon tersebut memiliki efek yang bisa merusak sistem kerja saraf jika sampai merembes kedalam tubuh.

  • Asi berkurang dan sulit mendeteksi kanker

Ketika anda telah melakukan implan payudara, maka akan menyebabkan produksi ASI menjadi berkurang. Selain itu hal ini juga akan mempersulit untuk mendeteksi kanker payudara yang sangat berisiko untuk semua wanita.

  • bentuk payudara menjadi tidak semetris

Efek buruk selanjutnya dari operasi implan payudara ialah bentuk payudara yang menjadi tidak semetris. Karena operasi tersebut bisa menyebabkan perbedaan bentuk dan ukuran antara payudara kanan serta kiri. Sehingga bukannya indah, justru payudara malah kehilangan kecantikan alaminya.

Cara menjaga kesehatan dan keindahan payudara

Pola makan yang sehat

Ada sebuah penelitian yang menunjukan bahwa mengonsumsi sehat bisa membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara. Bahaya Implan Silikon Untuk Kesehatan

Maka dari itu anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran berwarna kuning atau oranye yang didalamnya terdapat kandungan beta-karoten,, antioksdian yang diyakini bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Tidak hanaya itu anda juga bisa mengonsumsi makanan seperti flax speed, walnut, cranberry dan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3.

Cek ukuran bra

Ternyata 70 persen perempuan di ketrahui menggunakan ukuran bra yang salah. Selain bisa memicu gangguan kesehatan seperti postur yang kurang sempurna, iritasi kulit dan kesulitan bernafas.

Penggunaan bra yang salah juga bisa merusak ikatan sendi payudara, membuat payudara terasa sakit, serta menjadi kendur.

Memang pada dasarnya ukuran payudara bia berubah seiring dengan bertambahnya usia.

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi hal tersebut seperti perubahan berat badan, kehamilan atau menopause. Usahakanlah agar anda selalu menggunakan bra yang tepat sehingga bisa menopang payudara dengan maksimal.  Bahaya Implan Silikon Untuk Kesehatan

Rutin berolahraga

Ternyata dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga selama 4 jam atau lebih dalam seminggu bisa mencegah payudara mengendur dan juga bisa memperindah penampilan payudara anda.

Untuk itu lakukanlah latihan ini secara fokus pada otot dada seperti push-up dan angkat beban supaya payudara kencang, terangkat dan bentuknya lebih indah atau bagus.

Periksa payudara sendiri secara rutin

Menurut salah satu survei menyatakan bahwa hanya 35 persen wanita yang rutin memeriksa payudaranya sendiri untuk mengetahui adanya tanda-tanda kanker.

Kanker payudara merupakan penyebab kematian nomor satu pada wanita dan jika lebih awal terdiagnosa maka harapan hidup akan lebih besar.

Caranya ialah dengan melakukan pengecekan pada payudara anda sendiri, minimal sekali dalam sebulan guna melihat adanya perubahan pada ukuran, bentuk dan tekstur kulit.

Berhenti merokok

Semua orang pasti tahu bahwa merokok merupakan sumber datangnya berbagai penyakit, salah satunya ialah kanker payudara.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang merokok berisiko 30 persen lebih tinggi untuk terkena kanker payudara jika dibandingkan dnegan yang tidak merokok.

Perlu anda ketahui bahwa efek negatif dari merokok bersifat kumulatif sehingga semakin lama merokok, akan makin banyak penyakit kronis yang menempel di tubuh anda. Bahaya Implan Silikon Untuk Kesehatan

Oleskan suncreen

Tidak hanya kulit bagian luar saja yang terekspos matahari, kulit di sekitar dada serta payudara juga perlu di oleskan sunscreen.

Ternyata terpapar sinar uv terlalu lama bisa menyebabkan kulit tipis di sekitar dada rentan terbakar dan memicu penuaan dini bahkan hingga kanker. Maka dari itu oleskanlah losion tabir surya dengan SPF 30 setiap kali bepergian agar kulit anda tetap halus serta sehat.

Pakai sport bra

Ketika anda berolahraga atau fitnes, biasanya payudara akan berguncang mengikuti gerakan tubuh. Perlu anda ketahui bhawa beraktivitas fisik tanpa menggunakan pakaian dalam yang tepat bisa menyebabkan payudara terasa sakit dan tidak nyaman, terutama anda yang memiliki ukuran payudara besar.

Selain itu guncangan juga bisa merusak jaringan pengikat sendi di payudara rusak sehingga bentuknya akan menjadi menggelayut dan kendur.

Untuk itu anda harus selalu menggunakan sport bra setiap kali berolahraga guna meminimlaisir pergerakan pada payudara.

Perbaiki postur tubuh

Apabila anda menginginkan payudara nampak terangkat, maka perbaikilah postur tubh anda. Baik itu ketika berdiri, berjalan ataupun duduk, otot dada anda akan kehilangan fleksibilitasnya apabila bahu membungkuk.

Maka dari itu cobalah beberapa latihan untuk membuat postur tubuh lebih tegak serta sempurna seperti melakukan yoga, pilates, dan tai chi.  Bahaya Implan Silikon Untuk Kesehatan

Makanan baik untuk menjaga kesehatan wanita

  1. Edamame

Makanan pertama yang bisa membantu menjaga kesehatan wanita ialah edamame. Didalam edmame terdapat kandungan serat dan lemak baik yang bermanfaat untuk menjaga fungsi organ tubuh wanita tetap bekerja secara maksimal walaupun usia anda terus bertambah.

Selain itu edamame juga memiliki kandungan isoflavon yaitu senyawa mirip estrogen yang dapat menjadi sahabat baik anda ketika menopause. Hal ini dikarenakan edamame bisa membantu mengatasi hot flashes atau sensasi panas dalam tubuh ketika menopause.

2. Brokoli

Brokokli merupakan salah satu sayuran hijau yang sangat baik untuk kesehatan wanita. Hal ini dikarenakan sayuran brokoli memiliki kandungan sulforaphane yaitu zat kimia yang bisa membantu menurunkan kelebihan estrogen dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya kanker.

Tidak hanya itu didalam brokoli juga terdapat kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anda guna meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin C,

vitamin A, serat, folat, zat besi, dan kalium. Maka dari itu anda sangat dio sarankan untuk mengkonsumsi minimal 500 gram brokoli dalam seminggu. Bahaya Implan Silikon Untuk Kesehatan

3. Sarden

Anda juga bisa memperbanyak mengonsumsi ikan sarden, terutama wanita yang sedang aktif menyusui. Karena ikan sarden ini memiliki kandungan asam lemak sehat, vitamin D, dan kalsium yang bisa meningkatkan kualitas ASI.

Tidak hanya itu didalam ikan sarden juga terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang secara khusus terdiri dari DHA dan EPA, sangatlah baik untuk emningkatkan fungsi otak pada bayi dalam kandungan.

4. Beri-berian

Warna hidup yang dimiliki oleh buah beri-berian menjadi daya tarik bagi para wanita. Namun selain memiliki warna yang cantik, beri-berian juga akan memberikan manfaat yang tak kalah menarik bagi kesehatan wanita.

Didalam buah ini terdapat kandungan flavonoid dan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel sehat dari kerusakan.

Tidak hanya itu buah beri ini juga snagat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anda yang sudah lanjut usia karena sangat membantu dalam menjaga ketajaman otak agar tak mudah pikun.

5. Kacang-kacangan

Bagi anda wanita yang mengalami gangguan hipertensi atau diabetes, ada baiknya untuk mengkonsumsi kacang-kacangan.

Karena kacang-kacangan ini kaya akan kandungan serat dan rendah lemak yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah.  Bahaya Implan Silikon Untuk Kesehatan

 

post by: herbal96

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.