Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

By | Mei 7, 2018

Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

buah dan sayur untuk penderita gerd

buah dan sayur untuk penderita gerd

Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd – GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau penyakit asam lambung merupakan dimakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya rasa sakit pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus.

Esofagus atau yang sering di sebut dengan kerongkongan yaitu bagian dari saluran pencernaan yang berfungsi untuk menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung adalah penyakit yang merakyat.

Gejala gerd atau asam lambung

Ketika anda mengalami sakit lambung hal itu akan dikaitkan dengan masalah naiknya asam lambung. Hal ini sudah menjadi kondisi yang biasa karena cukup banyak orang yang mengalami penyakit ini. Anda akan merasakan nyeri di bagian uluh hati atau sensasi terbakar pada bagian dada karena kenaikan asam lambung ke esofagus. sehingga anda merasa tidak nyaman dalam kondisi tersebut.

 Asam lambung berfungsi pada dasarnya mempunyai fungsi yang sangat vital bagi tubuh terutama pada proses pencernaan. Asam lambung berfungsi untuk membuat bakteri penyakit yang ada di lambung mati, membuat kandungan gula stabil, serta membantu lambung dalam terbentuknya protein enzim pencernaan. Berikut ini adalah gejala yang akan anda rasakan apabila mengalami penyakit asam lambung: Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

1. Perut mual

Kadar asam lambung yang lebih tinggi dari biasanya akan membuat anda merasa mual. Mual juga tanda dari penyakit magg dan akan menjadikan perut menjadi begah. Saking tak nyamannnya rasa mual ini akan membuat anda malas untuk makan.
2. Sering bersendawa
Gejala yang pertama anda akan rasakan ialah rasa mual karena rasa mual tandanya perut terasa penuh dan begah. Hal inilah yang membuat anda sering bersendawa atau mengeluarkan gas dari mulut. Hal ini terlihat sangat umum dan sepele tapi jika anda membiarkan bersendawa sering dan perut terasa tidak nyaman bisa memperburuk kondisi lambung.
3. Batuk
Salah satu gejala yang paling umum ketika mengalami sakit lambung karena naiknya asam lambung ialah batuk. Batuk yaitu mekanisme yang bisa di lakukan saat sesuatu ada yang mengganggu di bagian saluran pernafasan. Sehingga secara ototmatis akan menimbulkan batuk ketika asam lambung yang naik sampai tenggorokan. Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

4. Dada seperti terbakar

Asam lambung naik yang mengakibatkan sakit lambung juga bisa memicu gejala seperti reflux. Reflux merupakan suatu kondisi di mana asam lambung bakal naik dari area lambung mengarah ke bagian kerongkongan dan juga bagian mulut. Sehingga menyebabkan rasa panas dan terbakar di area yang dilalui asam lambung yang naik tadi, yakni rongga dada.
5. Nyeri pada perut
Gejala yang akan anda rasakan ketika mengalami asam lambung yaitu perut terasa perih atau nyeri. Rasa nyeri pada dada akabat naiknya asam lambung bisa di akibatka oleh makanan yang mengandung asam tinggi. Makanan yang sifatnya asam; buah yang rasanya asam dan cuka serta nangka muda adalah contoh makanan tersebut.
6. Muntah
Karena perut terasa mual, maka muntah pun biasanya tak terhindarkan. Muntah ini akan terasa beda dari muntah yang disebabkan oleh makanan atau penyakit tertentu. Pada sakit lambung, gejala reflux alias naiknya asam lambung biasanya akan terjadi lebih dulu.
Naiknya asam lambung ini bisa sampai kek keronkongan bahkan sampai mulut. Anda akan mengalami muntah setelah menonsumsi makanan yang berkadar asam tinggi. Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

7. Nyeri pada dada

Tidak hanya rasa terbakar pada dada, anda juga bisa mengalami rasa nyeri yang akan membuat anda tidak nyaman. Naiknya asam lambung ke kerongkongan bisa menyebabkan rasa nyeri pada bagian dada. Karena mirip dengan gejala sakit jantung, maka orang-orang kebanyakan sudah sangat panik ketika mengalami nyeri dada karena dianggap tengah sakit jantung.
8. Mulut pahit
Anda akan merasa pahit pada mulut ketika kadar asam lambung naik sampai hingga tenggorokan. Dari tenggorokan, asam lambung dapat berada di mulut sehingga mulut bakal begitu pahit. Selera makan anda akan menurun karena mulut yang pahit walaupun makanan itu adalah favorit.
9. Sulit menelan

Ketika Anda sakit atau sakit tenggorokan, otomatis sulit menelan menjadi salah satu ketidaknyamanan yang terjadi. Gejala tersebut ialah salah satu gejala ketika anda mengalami sakit lambung. Asam lambung yang naik adalah pemicu utamanya karena bisa sampai ke tenggorokan.

Saluran tenggorokan menjadi tersumbat akibat dara naiknya asam lambung sampai tenggorokan. Anda akan merasa bahwa ditenggorokan seperti ada penghambat yaitu suatu benjolan sehingga mengakibatkan susah menelan, hal ini hampir mirip dengan gejala nyeri tenggorokan.

Proses menelan makanan atau minuman pun menjadi terhalang akibat hal tersebut sehingga penderita lebih merasa malas untuk makan dan minum demi mengisi perut. Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

10. Selera makan hilang

Anda akan kehilangan selera makan karena pada saat anda menelan mulut akan terasa pahit dan susah untuk menelan. Ketika asam lambung naik sampai mulut, hal inilah yang membuat anda tidak nyaman.

Penyebab asam lambung atau gerd

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab asam lambung naik, salah satunya adalah zat yang dapat menginhibisi asam sekresi asam lambung. Seperti zat kimia histamin dan anti-inflamasi non steroid. Tidak hanya itu kerja berat, pikiran tegang, tidak tenang, atau kurang tidur juga bisa menyebabkan asam lambung naik. Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

 Gaya hidup tidak sehat terhadap pola makan seperti makan yang tidak teratur terlambat makan, kebiasaan minum obat yang bersifat asam saat perut kosong dan bahaya makanan pedas dapat memicu kenaikan asam lambung. Tidak hanya itu anda juga bisa terkena asam lambung bisa terlalu sering mengonsumsi alkohol dan menghisap rokok.

Lapisan sub mukosa yang ada di lambung dan usus 12 jari bisa diserbu oleh bakteri Helycobacter pylory  Kuman yang hanya tinggal di lambung ini akan berkembang akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat. Pada keadaan parah dapat mengakibatkan maag kronis dan pendarahan. Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

Cara mengobati asam lambung atau Gerd

  1. Cuka sari apel

Anda bisa menggunakan cuka sari apel ketika mengalami asam lambung. Cuka sari apel membantu pencernaan dan membantu menyeimbangkan produksi asam dalam perut.

  • Campurkan 1-2 sendok teh cuka sari apel organik murni mentah dalam secangkir air hangat.
  • Minum 20 sampai 30 menit sebelum makan.
  • Lakukan secara teratur, setidaknya untuk beberapa bulan.
  • Kamu juga bisa minum cuka sari apel yang dicampur dalam air ketika mulas menyerang.

2. Baking soda

Gejala yang paling umum dari asam lambung yaitu mual dan rasa ingin muntah untuk mengatasinya anda bisa mengonsumsi baking soda yang merupakan antasid alami yang akan memberikan rasa lega dengan cepat dari mulas. Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

  • Masukan satu sendok teh baking soda ke dalam secangkir air.
  • Minum dengan cepat untuk rasa lega instan.

Catatan: konsumsi baking soda berkepanjangan tidak dianjurkan. Juga, mereka yang memiliki tekanan darah tinggi harus menghindari meminum baking soda karena mengandung natrium.

3. Lidah buaya

Lidah buaya bisa mengatasi peradangan di perut dan kerongkongan karena memiliki sifat anti-inflamasi selain itu juga bisa memberikan rasa lega dari efek asam lambung. Cukup minum seperempat cangkir jus lidah buaya sekitar 20 menit sebelum makan makanan.

Catatan: Jangan minum lidah buaya secara berlebihan karena mungkin memiliki efek pencahar.

4. Permen karet

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula selama tiga puluh menit seteh makan membantu meringankan gejala penyakit asam lambung.

Permen karet bisa menyapu asam yang terakumulasi dalam usus karena bisa merangsang produksi air liur. Menjadi alkali, air liur juga membantu menetralisir asam lambung. Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

Untuk itu anda bisa mengonsumsi permen karet tanpa gula untuk mengatasi asam lambung. Tapi untuk mengonsumsi permen karet anda harus pintar dalam memilih terutama anda harus menghindari permen karet rasa mint karena bisa melemaskan sfingter esofagus bagian bawah yang berkontribusi pada refluks asam lambung ke dalam saluran makanan.

5. Akar manis

Akar manis bermanfaat untuk mengatasi asam lambung karena sifat penyembuhan lambung yang dikandungnya. Akar manis menenangkan selaput lendir dan melindungi lapisan usus, mengurangi peradangan lambung dan mengurangi sesak lambung.

  • Anda hanya perlu merebus setengah sendok teh bubuk akar manis dengan secangkir air. Saring dan minumlah ramuan ini secara rutin sepuluh sampai dua puluh menit sebelum makan.
  •  Atau, kamu bisa minum satu atau dua tablet DGL kunyah 400 mg (Deglycyrrhizinated licorice) sebelum makan, dua atau tiga kali sehari. Lanjutkan untuk setidaknya beberapa minggu. Suplemen ini sudah banyak tersedia di apotik atau di toko makanan alami. Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

Catatan: Konsultasikan dengan dokter sebelum minum herbal ini.

6. Mustar kuning

Mustar kuning merupakan obat rumahan populer lainnya untuk mengatasi asam lambung karena membantu menetralisir asam lambung. Kandungan cuka dalam makanan ini adalah asam lemah yang menurunkan pH asam lambung.

Konsumsilah satu sendok teh mustar murni untuk rasa lega instan ketika asam lambung menyerang anda. Jika terlalu kuat untukmu, ikuti dengan segelas air.

Catatan: Tapi ingat bila mengonsumsi ramuan ini jangan terlalu banyak karena bisa menimbulkan efek samping yaitu dapat membuat mulas lebih buruk.

7. Menekan kejaNg perut dengan adas

Adas sangat bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan dan menekan kejang perut. Anethole yang terdapat pada adas bisa membantu menenangkan kejang dalam saluran pencernaan dan memiliki efek anti-inflamasi. Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

  • Cukup mengunyah setengah sendok teh biji adas setelah makan.
  • Siapkan satu sendok teh biji adas kemudian rebus menggunakan air sebanyak satu gelah tunggu hingga mendidih. Kemudian angkat dan tuangkan pada wadah sambil di saring. Sesudah itu barulah anda bisa meminum ramuan ini yaitu sebanyak sehari dua sampai tiga kali.

8. Slippery elm

Slippery elm (tumbuhan yang berasal dari Kanada dan Amerika) memiliki sifat penawar rasa sakit yang membantu melapisi esofagus dan lapisan lambung. Tidak hanya itu slippery elm juga memiliki anti-inflamasi dan bisa membuat anda menjadi tenang.

  • Campurkan dua sendok makan bubuk kulit slippery elm dalam dua gelas air panas.
  • Biarkan terendam selama sekitar lima menit.
  • Dan anda harus meminum ramuan ini secara teratur

9. Marshmallow untuk melindungi lapisan mukosa

Sama halnya dengan slippery elm, marshmallow memiliki sifat menenangkan dan penawar rasa sakit. Jika anda ingin mencegah sakit lambung anda bisa mengonsumsi marsmellow karena mengandung getah yang tinggi sehingga bisa melindungi lapisan mukosa lambung dan kerongkongan.

  • Anda hanya perlu memasukan dua sendok makan akar marsmellow kering kedalam satu liter air.
  •  Biarkan semalam. Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd
  • Keesokan paginya, saring herbal tersebut.
  • Minum beberapa kali sehari sampai kondisimu membaik.

10. Jinten

Biji jinten dapat membantu mengatasi asam lambung karena mereka merangsang pencernaan dan mengurangi masalah pencernaan seperti keasaman dan gas.

  •  Anda hanya perlu merebus satu sendok teh biji jinten dengan air sebanyak satu gelas. Tunggu hingga mendidih kurang lebih lima menit lalu saring .Dan minum teh ini di pagi hari dan setelah makan selama beberapa hari atau sampai kamu melihat adanya perbaikan.
  • Kamu juga dapat menambahkan rempah-rempah ini ke dalam makanan saat memasak. Buah Dan Sayur Untuk Penderita Gerd

post by: herbal96

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.