Cara Berobat Ke Rumah Sakit Menggunakan Kis

By | Oktober 5, 2018

Cara Berobat Ke Rumah Sakit Menggunakan Kis

cara berobat ke rumah sakit menggunakan kis

cara berobat ke rumah sakit menggunakan kis

Cara Berobat Ke Rumah Sakit Menggunakan Kis – Ada sebagian masyarakat yang memegang KIS ( kartu Indonesia sehat) dari BPJS kesehatan, masih merasa bingung bagaimana prosedur pemanfaatannya.

Padalah penggunaan kartu KIS ini relatif sederhana jika mengikuti alurnya. Apabila anda sudah terdaftar sebagai peserta jaminan kesehanatan nasional ( JKN) pasti punyai KIS yang sering di sebut sebagai kartu BPJS kesehatan. Fungsi utama dari kartu ini ialah untuk pengobatan, sehingga biaya kesehatan relatif tidak mahal.

Namun anda harus memastikan bahwa prosedurnya sudah dijalani semua ketika hendak menggunakan akrtu BPJS kesehatan.

Apabila ada langkah yang tidak di lakukan, maka bisa-bisa dianggap sebagai pasien umum dan membayar biaya sesuai tarif biasanya. Cara Berobat Ke Rumah Sakit Menggunakan Kis

Menurut petugas humas BPJS kesehatan, ada dua kondisi bagi anda yang memegang kartu BPJS kesehatan untuk berobat. Yang pertama ialah melalui fasilitas kesehatan awal dan mengikuti prosedur selanjutnya. Dan yang kedua ialah pada saat kondisi darurat dan langsung masuk instalasi gawat darurat (IGD).

Syarat pertama ialah kartu BPJS kesehatan sebagai bukti keikutsertaan. Tidak hanya secara fisik, kartu tersebut juga ada yang versi digital dengan cara mengunduh di aplikasi Mobile JKN di ponsel.

Apa itu KIS ( kartu Indonesia sehat) ?

Kartu Indonesia sehat merupakan kartu yang berfungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan keseahtan secara gratis. Kartu tersebut bisa anda gunakan di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut.

Tujuan utama dari kartu ini ialah untuk melakukan perluasan dari program keseahtan yang sebelumnya yaitu BPJS kesehatan yang di luncurkan oleh pemerintah pada tanggal 1 Maret 2014. Cara Berobat Ke Rumah Sakit Menggunakan Kis

Kartu ini sama-sama sebagai program fasilitas kesehatan dari negara, perlu anda katahui bahwa KIS dan BPJS kesehatan memiliki perbedaan. Sebenarnya perbedaan utamanya nampak dengan jelas pada sasaran atau orang yang menerimanya.

BPJS ini merupakan program yang anggotanya harus mendaftar serta membayar iuran. sedangkan KIS anggotanya diambil dari masyarakat yang tidak mampu dan pemberian kartunya ditetapkan oleh pemerintah pembayaran iurannya ditanggung oleh pemerintah. Di bawah ini adalah beberapa perbedaan antara kartu BPJS dan KIS:

Perbedaan KIS dan BPJS

  • KIS merupakan kartu jaminan kesehatan yang tujukan kepda masyarakat yang tidak mampu, sedangkan BPJS yaitu sebuah badan atau lembaga yang menyelanggarakan dan mengelola jaminan kesehatan itu.
  • KIS hanya ditujukan pada orang yang dimana kondisi ekonominya sangat lemah. BPJS adalam kartu jaminan kesehatan yang di wajibkan untuk setiap warga Negara Indoneisa baik yang mampu ataupun tidak. untuk rakyat yang tidak mampu iurannya akan di tanggung oleh pemerintah.
  • Penggunaan kartu KIS bisa dilakukan dimana saja, mulai dari klinik, puskesmas atau di rumah sakit mana pun yang ada di Indonesia. Sedangkan penggunaan kartu BPJS hanya berlaku pada klinik atau puekesmas yang telah di daftarkan saja.
  • Bahkan kartu KIS ini tidak hanya bisa digunakan sebagai pengobatan, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pencegahan. Sedangkan kartu BPJS bisa anda gunakan ketika kondiis kesehatan sudah benar-benar sakit atau harus di rawat.  Cara Berobat Ke Rumah Sakit Menggunakan Kis
  • Kartu KIS adalah jenis jaminan kesehatan yang mendapatkan subsidi dari pemerintahan, sedangkan pemgang kartu BPJS diwajibkan untuk membayar iuran setiap bulannya dengan jumlah yang telah di tentukan.

Bagaimana cara menggunakan kartu KIS untuk berobat ?

  1. Siapkan kartu KIS asli atau BPJS anda

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk berobat ke rumah sakit dengan kis ialah membawa kartu KIS yang asli. Apabila kartu KIS atau BPJS anda hilang, maka segeralah buat kartu kehilangan dari kepolisian sebagai surat pengantar untuk membuat kartu BPJS baru.

2. Bawa KTP anda yang asli

3. Apabila kondisi anda dalam keadaan gawat darurat maka anda bisa langsung menuju rumah sakit terdekat dimanapun dengan menunjukan kartu KIS atau BPJS anda. Tapi jika kondisi anda tidak dalam keadaan gawat darurat, maka harus menuju fasilitas kesehatan tingkat pertama sesuai dengan yang tertera di kartu KIS anda.

4. Anda langsung saja menuju perawat yang bertugas di faskes, dan lakukanlah pendaftaran dengan memberikan kartu BPJS dan KTP. Cara Berobat Ke Rumah Sakit Menggunakan Kis

Jika rumah sakit tersebut telah bekerjasama dengan BPJS maka akan ada ruangan khusus untuk melayani para pasien BPJS. Maka dari itu anda harus menuju ke ruangan tersebut dan lakukanlah pendaftaran rawat jalan.

5. Tunggu giliran di periksa

Pada umunya dokter faskes satu akan memeriksa keadaan anda, jika kondisi anda harus diperiksa oleh dokter spesialis maka dokter faskes tingkat satu akan membuat surat rujukan ke rumah sakit bagi anda.

Meskipun kita mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah, tentunya akan jauh lebih baik jika kita menjaga keseahtan secara umum. Karena kesehatan merupakan harta yang tak ternilai,

biasanya anda akan menyadari bahwa keseahtan begitu penting ketika telah mengidap suatu penyakit yang parah. Maka dari itu anda harus menjalani pola hidup yang sehat seperti yang di bawah ini:

# Penuhi makanan yang berserat

Pada dasarnya tubuh anda sangat memerlukan asupan makanan yang mengandung serat. Karena kandungan serat bisa menjaga tubuh dari serangan bakteri serta akan merangsang kelancaran pengeluaran kotoran dari dalam tubuh anda melalui aktivitas saluran usus.

Jika kebutuhan serat terpenuhi maka kotoran dalam tubuh akan mudah di keluarkan. Apabila kotoran susah di keluarkan akibat kekurangan serat, maka akan menyebabkan kotoran menumpuk sehingga bisa menjadi racun dalam tubuh yang bisa memicu terjadinya penyakit.  Cara Berobat Ke Rumah Sakit Menggunakan Kis

# Sarapan sebelum jam 9 pagi

Perlu anda ketahui bahwa sarapan snagat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, dan sarapan yang paling baik ialah sebelum jam 9 pagi.

Sarapan menjadi snagat penting karena pada pagi hari kondisi perut anda kosong sebab telah di proses ketika anda beristirahat di malam hari yang sekitar 7 hingga 8 jam.

Sarapan merupakan sumber energi anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika anda meninggalkan sarapan maka tubuh akan terasa lemas atau lesu, dan tentunya akan kurang bertenaga serta susah untuk berpikir.

Sedangkan pada anak-anak sarapan dapat meningkatkan kekuatan dan kecerdasan dalam berfikir sehingga bisa meningkatkan pretasi dalam belajar di sekolah. Cara Berobat Ke Rumah Sakit Menggunakan Kis

Bahkan sarapan pagi bisa memenuhi kebutuhan energi sebanyak 15 hingga 30 persen dari kebutuhan energi dan gizi harian.

Tidak hanya memenuhi kebutuhan energi tubuh, ternyata sarapan juga bisa mencegah terjadinya penyakit obesitas dan hipokolestrol.

# Konsumsilah makanan 4 sehat 5 sempurna

Anda juga harus memnuhi hak tubuh untuk mendapatkan makanan 4 sehat 5 sempurna. Yang di maksud dengan makanan 4 sehat 5 sempurna ini ialah nasi, lauk, sayur, buah dan susu.

Nasi adalah makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat, lauk sebagai sumber protein, syuran sebagai sumber mineral, dan buah sebagai sumber vitamin.

Sedangkan susu sebagai penyempurna untuk kebutuhan dalam meningkatkan energi dan memenuhi kebutuhan tulang anda. Cara Berobat Ke Rumah Sakit Menggunakan Kis

Tidak perlu biaaya mahal untuk mendapatkan makanan 4 sehat 5 sempurna, Karena buah dan sayuran serta lauk bisa anda beli dengan harga yang terjangkau.

# Jagalah kebersihan dan kehigienisan makanan

Sebelum mengonsumsi makanan anda harus memastikan kebersihannya, maka dari itu cucilah terlebih dahulu sayuran dan buah-buahan. Apabila anda memasak makanan, masaklah hingga matang hingga sempurna, karena makanan yang belum matang kemungkinan mengandung bakteri yang bisa membahaykan kesehatan tubuh anda.

# Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan instan

Keunggulan dari makanan instan ialah praktis dalam menyajikannya dan memiliki rasa yang enak. Namun makanan ini memiliki banyak efek negatif untuk kesehatan tubuh.

Makanan instan ini lebih sering dikonsumsi oleh anda yang sibuk dengan aktivitas dan pekerjaan seperti anda yang bekerja di kantoran atau mahasiswa.

Salah satu makanan instan yang sangat mudah disajikan ialah mi instan. Namun hindarilah mengonsumsinya terlalu sering karena didalamnya terdapat banyak kandungan zat kimia seperti natrium polifosfat, natrium karbonat, kalium karbonat, zat lilin, dan pewarna makanan. Semua zat tersebut sangatlah tidak baik untuk keseahtan tubuh anda.

Tapi bukan berarti anda tidak boleh mengonsumsi makanan instan, tapi jangan terlalu sering maksimal satu kali dalam seminggu.

Dan anda juga harus memasak mie instan dengan cara yang benar seperti jangan memasak bumbu mie dalam api yang menyala tetapi gunakanlah bumbu tersebut setelah mie selesai di masak.

Ketika anda memasak mie, air hasil masakannya harus di ganti dengan yang baru, karena mie mengandung lilin sehingga air hasil dari mie mengandung lilin dan jika masuk kedalam tubuh tentunya akan membahakan kesehatan.

# Kontrol porsi makan

Mengonsumsi makanan yang banyak, tidak akan menambah kesehatan, tapi justru akan menimbulkan banyak penyakit. Karena jika porsi makan anda banyak bisa meningkatkan risiko untuk mengalami kegemukan,

dan orang yang gemuk akan lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit dan obesitas. Maka dari itu anda harus mengonsumsi makanan dengan porsi yang sesuai atau wajar.  Cara Berobat Ke Rumah Sakit Menggunakan Kis

Bahkan makan dengan porsi yang banyak bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti diabetes, gangguan fungsi pada sinyal insulin otak,

pertumbuhan psikologis terhambat, kadar gula bisa meningkat lebih tinggi, dan tentunya tubuh akan lebih banyak menghasilkan radikal bebas.

# Perbanyak minum air putih

Minimal tubuh anda membutuhkan cairan 1,5 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya. Tubuh anda memerluukan air putih ini untuk memnuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Cara Berobat Ke Rumah Sakit Menggunakan Kis

Tubuh anda 70 persen terdiri dari cairan sehingga kebuuthan terhadap air perlu di penuhi. Air putih adalah air yang paling sehat untuk tubuh anda karena tidak berbahaya, dan berikut ini adalah beberap manfaat air putih untuk kesehatan diantaranya sebagai berikut:

– Biasa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

– Dapat mengontrol kalori dalam tubuh

– Meningkatkan energi

– Bisa membantu mengelarkan racun dalam tubuh

– Bisa membantu menjaga fungsi ginjal supaya tetap baik

– Dapat meningkatkan produktivitas dalam tubuh

– Bisa meningkatkan fungsi otak

– Dan melancarkan sistem peredaran darah

– Serta mengobati sakit kepala

# Kurangi minum kopi

Untuk anda pecinta kopi, mulai sekarang batasilah mengonsumsi minuman yang satu ini jika ingin memiliki tubuh yang sehat.

Didalam kopi terdapat kandungan bahaya yaitu kafein, jika kandungan tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang banyak maka bisa menimbulkan efek negatif pada kesehatan tubuh, salah satunya ialah bisa memperlambat kinerja jantung. Cara Berobat Ke Rumah Sakit Menggunakan Kis 

 

post by: herbal96

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.