Cara Mengatasi Amandel Bengkak Pada Anak Dan Dewasa

By | Mei 17, 2018

Cara mengatasi amandel bengkak pada anak dan dewasa

Cara Mengatasi Amandel Bengkak Pada Anak Dan Dewasa

cara mengatasi amandel bengkak pada anak dan dewasa

cara mengatasi amandel bengkak pada anak-anak dan dewasa

Cara Mengatasi Amandel Bengkak Pada Anak Dan Dewasa – Amandel atau tonsil mengalami peradangan yang menyebabkan amandel membengkak. Hal ini juga sering disebut dengan dengan tonsilitis atau tonsilofaringitis sebagian besar dialami oleh anak-anak. Cara Mengatasi Amandel Bengkak Pada Anak Dan Dewasa

Di dalam tenggorokan terdapat dua kelenjar kecil yaitu amandel atau tonsil. Dan organ ini bermanfaat untuk mencegah  infeksi, terutama pada anak-anak. Ketika anak-anak bertambah umur sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat sehingga tugas tonsil sebagai penangkal infeksi akan digantikan. Pada saat tonsil sudah tidak dibutuhkan lagi maka kedua kelenjar ini secara perlahan akan menyusut.

Peradangan amandel biasanya tidak secara perlahan namun  terjadi secara langsung.  Penyakit amandel ini bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak maupun orang dewasa. Dan yang dibawah ini adalah gejala amandel yang paling sering terjadi :

  1. Amandel bengkak

Ketika anda membuka mulut amandel akan terlihat jelas namun apabila terjadi peradangan maka bagian amandel akan terlihat membengkak. Sehingga anda akan merasakan sakit pada bagian tenggorokan hingga kesekitar rahang. Cara Mengatasi Amandel Bengkak Pada Anak Dan Dewasa

Reaksi dari peradangan yang disebabkan oleh virus akan mengakibatkan pembengkakan. Anda juga bisa mengalami amndel bengkak ketika sedang menderita influenza atau radang tenggorokan.

2. Bercak putih pada amandel

Warna amandel yang sehat seharusnya merah dan bersih. Namun jika anak-anak atau remaja yang mengalami perdangan amandel akan memiliki warna amandel yamg terlihat bercak putih seperti bagian daging yang berubah warna.

Amandel akan berubah warna karena reaksi yang memproduksi sebuah zat antibodi yang berfungsi untuk menolak semua infeksi dari virus atau bakteri. Warna bercak putih ini biasanya akan muncul sebelum peradangan amandel terasa sakit.

3. Sakit tenggorokan

Pada saat amandel mulai membengkak akan menyebabkan tenggorokan menjadi sakit. Pada saat menelan minuman ataupun makanan anda akan merasakan rasa sakit pada tenggorokan. Bahkan ketika sedang menelan ludah seperti yang biasanya. Pada saat peradangan amandel akan menimbulkan rasa sakit dan akan membuat semua bagian tenggorokan termasuk bagian dalam menjadi lebih tidak nyaman. Cara Mengatasi Amandel Bengkak Pada Anak Dan Dewasa

4. Sakit saat menelan

Zat asing yang melewati tenggorokan akan terasa sakit karena amandel mengalami pembengkakan atau peradangan maka. Rasa sakit bisa terjadi mulai dari bagian tenggorokan, lidah, hingga ke telinga. Amandel yang membengkak atau meradang akan menyebabkan sulit untuk menelan apapun.

5. Sulit saat menelan

Ketika menelan berbagai zat asing seperti makanan dan minuman akan membuat tenggorokan menjadi sakit dan kemampuan tenggorok menjadi berkurang. Rasa sakit di tenggorokan diakibatkan karena tidak adanya ruangan yang bisa dilewati oleh makanan. Celah amandel akan menjadi lebih sempit ketika kedua amandel membengkak sehingga menyebabkan tenggorokan sulit untuk menelan.

6. Demam

Tubuh anda akan mengalami demam karena reaksi wajar pada saat tubuh membentuk reaksi terhadap infeksi yang terjadi pada bagian tubuh. Pada dasarnya amandel bermanfaat untuk  menyaring berbagai jenis kuman, virus atau bakteri agar tidak sampai ke dalam tubuh.

Jika amandel mengalami perdangan Virus dan bakteri justru akan menyerang tubuh anda sendiri.  Demam karena amandel bisa mencapai lebih dari 38 derajat Celcius. Oleh Karena itu anak-anak yang mengalami demam tinggi harus mendapatkan perawatan sesegera mungkin.

7. Kelenjar getah bening leher bengkak

Benjolan dileher juga bisa disebabkan oleh adanya peradangan amandel. Karena di tenggorokan terdapat kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening akan terlihat besar apabila amandel mengalami pembengkakan atau peradangan.

Jika diraba maka terlihat lebih lembut dan sedikit lebih besar. Tanda ini sangat jelas tetapi sebaiknya anda jangan terlalu sering menekan bagian tersebut. Cara Mengatasi Amandel Bengkak Pada Anak Dan Dewasa

8. Suara serak

Selain menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan amandel yang membengkak juga akan mengganggu fungsi dari pita suara karena terletak pada bagian dalam tenggorokan. Pita suara anda akan mengalami gangguan rasa sakit pada tenggorokan. Kondisi inilah yang menyebabkan suara akan serak, bahkan anak-anak yang terus menangis atau rewel bisa kehilangan suara sementara.

9. Tenggorokan dalam gatal

Ketika mengalami peradangan amandel anak-anak maupun orang dewasa akan mengalami gatal pada bagian dalam tenggorokan dan biasanya terjadi pada pagi hari atau setelah bangun tidur. Gejala ini bisa terjadi sebelum peradangan pada amandel menjadi parah atau berat.

Rasa gatal bisa menjalar hingga ke bagian telinga dalam dan rasanya sangat tidak nyaman. Jika sudah peka sebaiknya ketika rasa gatal sudah menyerang maka bisa langsung melakukan pencegahan sebelum amandel mengalami peradangan.

10. Bau mulut

Penderita peradangan amandel biasanya juga bermasalah dengan bau mulut. Virus yang menyerang pada bagian amandel seperti virus streptokokus pyogenes akan berkembang dalam bagian amandel dan tenggorokan. Di amandel terdapat bakteri yang berkembang biak yang  bisa  merangsang air liur dan zat kimia yang terdapat pada lidah dan gigi. Karena itu bau mulut menjadi tidak sedap.

11. Sakit perut

Peradangan yang terjadi pada amandel akan membuat anak menolak makan karena rasa sakit pada saat menelan. Sehingga akan menimbulkan rasa sakit pada perut karena tidak tercukupinya makanan sesuai dengan kebutuhan. Anda akan mengalami sakit perut yang berat jika mengalami komplikasi seperti demam dan sakit kepala yang berat. Cara Mengatasi Amandel Bengkak Pada Anak Dan Dewasa

12. Sakit kepala

Demam dan infeksi yang terjadi pada bagian amandel juga bisa menyebabkan sakit kepala. Rasa sakit yang menjalar dari bagian tenggorokan, leher hingga kepala akan menyebabkan sakit kepala. Karena tubuh tidak mendapatkan mendapatkan nutrisi yang tepat sesuai kebutuhan dan akan menjadi lebih parah jika penderita juga terkena influenza.

Penyebab amandel

  1. Virus dan bakteri

Anda mengalami amandel karena adanya virus atau bakteri yang membuat kelenjar amandel mengalami peradangan. Dua jenis bakteri dan virus yang dapat membuat infeksi pada bagian amandel yaitu virus Epstein-barr dan streptococcus pygones.

Jika amandel terinfeksi oleh bakteri dan virus ini hal ini bisa menyebabkan mengalami peradangan, sehingga akan menyebabkan gejala amandel yang sebelumnya sudah disebutkan. Bakteri atau virus ini bisa membuat bagian amandel meradang dan pada akhirnya akan terasa sakit dan tidak dapat berfungsi dengan normal. Penyebab ini hampir sama dengan pemyakit yang paling mematikan yang berasal dari virus dan bakteri.  Cara Mengatasi Amandel Bengkak Pada Anak Dan Dewasa

2. Kurang vitamin C

Apabila tubuh anda kekurangan vitamin C bisa menyebabkan munculnya penyakit amandel.  Karena vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang dapat mendukung tingginya kekuatan daya tahan atau imunitas tubuh. Tidak hanya itu vitamin ini juga dapat membantu menyembuhkan berbagai macam jenis sariawan. Pada saat tubuh anda kekurangan vitamin C akan menyebabkan kurangnya imunitas tubuh anda. Hal inilah yang membuat anda menjadi rentan terkena peradangan pada bagian amandelnya.

3. Kurang minum

Anda sangat di anjurkan untuk mengonsumsi air putih Minum air putih agar kebutuhan mineral dalam tubuh terpenuhi. Kondisi tubuh akan menjadi lebih fit dan memiliki imunitas yang lebih baik apabila minum air putih secara rutin. Selain itu, air putih juga dapat mengurangi kesulitan saat menelan makanan.

Amandel juga bisa diakibatkan oleh kurangnya tubuh dalam mengonsumsi air. JIka anda kurang minum akan menyebabkan tenggorokan kering dan sangat rentan untuk terkena peradangan dan infeksi yang bisa memicu timbulnya penyakit amandel.

4. Makanan tidak bersih

Apabila anda sering mengonsumsi makanan yang kotor atau tidak bersih bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit di dalam tubuh. Salah satunya adalah bisa meimbulkan amandel namun juga bisa menyebabkan sakit perut, diare, muntah – muntah, pusing dan sakit kepala.Karena kuman-kuman dan bakteri atau virus akan terbawa oleh makanan yang kotor atau tidak bersih. Cara Mengatasi Amandel Bengkak Pada Anak Dan Dewasa

Hal ini karena bakteri bisa menyebabkan amandel jadi anda harus memperhatikan makanan yang masuk kedalam tubuh. Jika makanan yang anda terdapat virus atau bakteri penyebab amandel akan membuat amandel mengalami infeksi dan peradangan. Tidak hanya itu virus ini jug bisa menyebabkan penyakit asma.

 Cara mengatasi amandel bengkak pada anak dan dewasa

  1. Jeruk nipis

Apabila anda sedang menderita penyakit amandel bisa mengobatinya dengan jeruk nipis. Peradangan dan infeksi pada amandel akan berkurang jika mengonsumsi jeruk nipis karena mengandung vitamin C dengan kandungan gizi tomat yang bermanfaat untuk menjaga kekbalan tubuh.

  • Yaitu dengan cara memeras 2 buah jeruk nipis
  • Kemudian ampurkan air hasil perasan jeruk nipis tersebut dengan air kapur sirih
  • MInumlah ramuan ini secara rutin sehari tiga kali hingga amandel terobati

2. Daun benalu

Tidak hanya jeruknya sajaJeruk nipis juga memiliki daun benalu yang bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan pada bagian amandel. Anda juga bisa menmbahkan ada pulo waras untuk mengobati amandel. Cara Mengatasi Amandel Bengkak Pada Anak Dan Dewasa

  • Anda hanya perlu menyiapkan daun benalu dan adas pulo waras lalu tumbuk sampai halus
  • Kemudian saring hasil tumbukan
  • Lalu seduhlah menggunakan air panas
  • Setelah itu barulah anda bisa meminum ramuan tersebut secara rutin.

3. Bawang merah

Antiinflamasi yang di miliki oleh bawang merah bisa meredakan rasa panas dan peradangan yang bisa meicu timbulnya amandel. Untuk mengobati amandel dengan bawang merah anda hanya perlu mengupas dan mengunyahnya lalu telan secara langsung. Hal inilah yang akan membantu anda untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada amandel.

4. Buah mengkudu

Dibalik rasanya yang pahit, buah mengkudu memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah penyakit amandel, dan dibawah ini adalah cara mrembuat ramuan dari buah mengkudu:

  • Siapkan dua buah mengkudu yang sudah matang lalu peras
  • Kemudian saring, dan ambil air hasil perasannya Cara Mengatasi Amandel Bengkak Pada Anak Dan Dewasa
  • Anda juga bisa menambahkan madu untuk memberikan rasa
  • Dan minumlah ramuan ini  secara teratur untuk menyembuhkan radang amandel yang anda derita

5. manggis

Amandel juga bisa di sembuhkan oleh kulit manggis karena memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Dan berikut ini adalah cara untuk mengolah kulit manggis yang di jadikan sebagai obat:

  • Anda hanya perlu merebus kulit manggis kering hingga dengan air secukupnya hingga mendidih
  • Tunggu hingga dingin
  • Gunakanlah ramuan iini untuk berkumur saja jangan sampai anda meminumnya

6. Jahe

Inflamasi yang terdapat pada jahe bisa mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh radang amandel yang sedanga anda alami. Dan yang dibawah ini adalah cara membuat ramuan dari jahe untuk mengobati amandel:

  • Siapkan jahe kemudian rebus dengan air secukupnya  untuk mengobati radang amandel
  • Tambahkan madu atau bahan lainnya untuk memberikan rasa
  • lalu minumlah secara teratur dan rutin hingga radang amandel menjadi sembuh

7. Madu

Sejak dari dulu madu sudah terkenal sebagai obat alami karena memiliki khasiat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Salah satunya bisa menyembuhkan radang amandel . Cara Mengatasi Amandel Bengkak Pada Anak Dan Dewasa

post by: herbal96

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.