Cara Menghancurkan Benjolan Di Payudara

By | April 30, 2018

Cara Menghancurkan Benjolan Di Payudara

cara menghancurkan benjolan di payudara

cara menghancurkan benjolan di payudara

Cara Menghancurkan Benjolan Di Payudara – Jika anda menemukan benjolan di payudara khususnya wanita hal ini bisa menjadi mimpi buruk. Namun anda jangan cepat mengambil putusan bahwa itu adalah kanker. Untuk itu anda harus mengetahui bahwa tidak semua benjolan dipayudara merupakan tanda mengalami kanker payudara tapi bisa juga berupa tumor jinak yang yang tidak berbahaya.

Pada saat anda memeriksa payudara dan menemukan benjolan harus memperhatikan beberapa ciri benjolan pada kelainan payudara tersebut seperti dibawah ini:

  1. Kelainan Fibrokistik

Benjolan payudara adalah fibrosis atau kista yang merupakan perubahan abnormal pada jaringan payudara dan tidak bersifat ganas atau non-kanker. Kelainan ini akan mudah untuk dideteksi karena payudara anda akan mengalami perubahan, rasa sakit, bahkan payudara menjadi bengkak.

Pada saat anda dalam keadaan dan gejala tersebut serta dengan dimulainya periode menstruasi akan semakin memperburuk Keadaan. Jika anda mempunyai benjolan dipayudara akan tersa lebih dari satu benjolan serta dari puting akan mengeluarkan sedikit cairan berwarna keruh.

Hal ini biasanya lebih sering dialami oleh anda khususnya wanita yang sudah memasuki usia produktif dan dapat terjadi disalah satu payudara atau bahkan kedua payudara.

2. Fibrosis

Fibrosis merupakan jaringan yang hampir mirip dengan jaringan luka. Pada saat anda meraba payudara fibrosis ini akan terasa kenyal, padat, dan keras. Kondisi tersebut tidak akan mengakibatkan atau berkembang menjadi kanker payudara. Cara Menghancurkan Benjolan Di Payudara

Ada sebuah study yang melakukan penelitian terkait meningkatnya risiko kanker payudara mereka yang menderita kelainan fibrokistik yang menghasilkan kesimpulan beragam.

Misalnya ada yang mengatakan apabila anda memiliki kelainan fibrokistik maka bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Tapi ada juga yang menyebutkan bahwa memiliki kelainan fibrokistik tidak akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

3. Kista

Kista yaitu kantung yang berisi cairan biasanya akan terdeteksi oleh anda bila ukuranya sudah membesar atau disebut kista makro di mana ukurannya mencapai 2,5 – 5 cm. Pada kondisi in anda bisa merasakan adanya benjolan dipyudara.

Ketika anda mendekati menstruasi kista akan membesar dan menjadi lunak. Ciri benjolan kista yaitu berbentuk bulat atau lonjong serta mudah digerakan dan berpindah-pindah ketika di sentuh seperti menyentuh kelereng. Namun benjolan kista dan benjolan solid lainnya sangat susah untuk dibedakan.

Untuk bisa mengetahui bahwa itu kista atau bukan anda bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kista yang anda alami tidak akan meningkatkan risiko terkena penyakit kanker payudara.

4. Fibroadenoma

Wanita akan lebih sering terkena fibroadenoma yaitu salah satu jenis tumor jinak . Ciri dari benjolan ini adalah apabila anda gerakan benjolan ini akan mudah berpindah-pindah tempat. Pada saat ditekan benjolan ini akan terasa padat dan solid dan berbentuk bulat atau oval serta kenyal. Jika ditekan benjolan ini biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit. Cara Menghancurkan Benjolan Di Payudara

Pada umumnya penyakit ini akan diderita oleh anda yang telah berusia 20-30 tahun dan ras Afrika-Amerika akan lebih berisiko lebih tinggi mengalami fibroadenoma. Benjolan ini akan memerlukan waktu yang lama untuk menjadi besar, walaupun lama benjolan ini ukuranya akan sangat besar yang disebut dengan giant fibroadenoma.

Seperti halnya fibrosis dan kista, fibroadenoma ini tidak akan berkembang atau meningkatkan kanker payudara, tapi hal ini masih belum pasti.

5. Intraductal papilloma

Intraductal papilloma adalah tumor jinak, nono-kanker yang terbentuk pada kelenjar susu. Benjolan ini akan teraba oleh anda karena lumayan besar yang terletak dekat dengan puting. Penyakit ini juga bisa berupa benjolan kecil yang terletak jauh dari puting.

1-2 cm ukuran benjolan tumor ini tapi bisa juga lebih besar dan bahkan lebih kecil tergantung dari dimana benjolan tersebut tumbuh. Penyakit ini akan lebih sering menyerang anda yang berusia 35-55 tahun dan tumor ini terbentuk dari kelenjar, sel fibrosis, pembuluh darah dan intraductal papilloma.

Penyakit intraductal papilloma berada didekat puting dan hanya terdiri dari satu benjolan yang biasanya tidak menyebabkan peningkatan risiko kanker payudara.

Namun bila anda mengalami multiple papillomas alias tumor yang lebih dari satu dan tersebar di payudara jauh dari puting. Bisa menyebabkan anda menderita kanker payudara di kemudian hari sedikit meningkat. Karena multiple papillomasering dikaitkan dengan suatu keadaan pre-kanker yang disebut atypical hyperplasia. Cara Menghancurkan Benjolan Di Payudara

Kanker payudara

Jika anda mengalami benjolan yang disebut kanker payudara merupakan tumor ganas yang terbentuk daRi jarinngan payudara. Tumor ganas terdiri dari sel-sel kanker yang berkembang dengan cepat ke jaringan di sekitarnya atau menyebar ke seluruh bagian tubuh yang lebih jauh. Wanita akan lebih sering terkena penyakit ini daripada laki-laki.

Jaringan lemak di dalam payudara, kelenjar susu (lobulus), ataupun di saluran susu (duktus) merupakan tempat terbentuknya sel kanker.

Penyebab ada benjolan di payudara

  1. Payudara padat

Payudara anda terdiri dari kombinasi jaringan lemak dan jaringan ikat. Apabila anda memiliki payudara padat berarti memiliki banyak jaringan ikat dan sedikit jaringan lemak. Menurut University of Rochester Medical Center, dua per tiga dari premenopause dan post-menopause anda memiliki jaringan payudara yang padat. Cara Menghancurkan Benjolan Di Payudara

Jadi sangat sulit bagi anda untuk membedakan benjolan biasa dan kanker dengan mammogram tradisional. Sehingga anda harus mengetahui apakah benjolan di payudara yang baru atau lama dan apakah benjolan itu berubah.Karenanya, sangat penting untuk mengetahui apakah yang timbul itu benjolan baru atau lama, dan apakah itu berubah.

2. Tumor

Salah satu penyebab benjolan payudara paling umum adalah fibroadenoma atau tumor jinak. Menurut American Cancer Society, fibroadenoma terdiri dari kedua jaringan kelenjaran dan ikat yang paling umum ada pada wanita berusia 20-30 tahunan.

Fibroadenoma memiliki ukuran dan jenis yang bervariasi, dan seringkali tumor jinak ini digambarkan sebagai bentuk yang kencang, halus, atau seperti karet dan didefinisikan memiliki bentuk yang seperti marmer. Meski tidak berbahaya, jika tumor jinak ini terus tumbuh besar, ini mungkin bisa mempengaruhi penampilan dan bentuk payudara. Cara Menghancurkan Benjolan Di Payudara

3. Kista

Perubahan dalam jaringan payudara bisa disebabkan oleh fibrosis atau kista yang umumnya memiliki sifat jinak. Jaringan fibrosa yang padat yang disebut dengan fibrosis yang hampir mirip dengan jaringan ligamen dan jaringan parut.

Area yang terdapat fibrosis mungkin terasa lebih kenyal, kencang atau sulit untuk disentuh. Sementara itu, kista biasanya berbentuk bulat, bisa bergerak-gerak dan benjolan cairan ini biasanya paling umum terjadi pada wanita dengan usia 40 tahun.

Kista ini biasanya akan membesar mendekati siklus haid Anda. Namun, kista di payudara tidak disebabkan oleh haid. Untungnya, kista ini tergolong jinak dan bisa dikurangi dengan membatasi asupan kafein dan nikotin yang biasa menjadi pemicunya pada payudara.

4. Haid

Perubahan hormon saat haid dapat memperburuk dari semua masalah di jaringan payudara. Haid juga dapat menyebabkan payudara Anda membengkak dan sering terasa berbeda. Menurut National Cancer Institute, gumpalan dan benjolan yang terasa selama siklus haid adalah normal. Ini karena adanya cairan berlebih di bagian dada Anda akibat hormon.

5. Gumpalan darah

Meskipun jarang, benjolan di payudara dapat disebabkan oleh pembekuan darah di pembuluh darah tepat di bawah kulit atau tromboflebitis superfisial. Kondisi yang tergolong langka ini dapat mempengaruhi salah satu pembuluh darah di payudara dan ini yang paling sering mempengaruhi benjolan di sisi luar atau bawah puting payudara.

Anda mungkin akan merasakan adanya goresan menonjol yang terkadang sakit saat diraba atau ditekan. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh trauma pada daerah payudara, olahraga yang terlalu kuat atau memakai bra yang terlalu ketat. Kabar baiknya, ini akan menghilang dengan sendirinya.

Mengetahui bentuk payudara Anda bisa sangat membantu ketika ada yang tidak normal pada bagian dada. Pelajari juga cara mengecek kesehatan payudara sendiri dengan rutin memeriksanya setiap bulan setelah haid. Jika ada sesuatu hal yang berubah dan tidak seperti biasanya, kunjungi dokter.

Cara mengobati benjolan di payudara

  1. Tapak dara

Tapak dara merupakan tanaman hias yang menarik karena bunganya berwarna indah. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi ramuan tapak dara ini untuk mengobati benjolan di payudara anda. Adapun cara memanfaatkannya, siapkan 22 lembar daun tapak dara, kulit kayu pulasari serta buah adas dan rebus semuanya dalam 3 gelas air secukupnya.

dan tambahkan dengan gula merah untuk mengurangi rasa pahit. Setelah itu tunggu hingga mendidih dan sisakan air setengahnya kemudian angkat dan saring. Konsumsi ramuan tapak dara secara rutin setiap harinya. Cara Menghancurkan Benjolan Di Payudara

2. Daun sirsak

Khasiat yang paling dikenal dari tanaman daun sirsak adalah sebagai anti kanker. Kandungan senyawa yang berkhasiat yang disebut dengan acetogenin yang terdapat pada daun sirsak sangat baik untuk mengatasi kanker.

Dimana zat satu ini mempunyai daya kerja beribu kali lipat lebih kuat dibanding dengan kemoterapi modern yang bisa membunuh sel kanker secara efektif yaitu membunuh sel kanker tanpa merusak sel tubuh yang sehat.

Selain acetogenin, dalam daun sirsak juga terkandung senyawa annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin dan lainnya. Keseluruhan senyawa inilah bisa sebagai obat penyakit untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk mengkonsumsi daun sirsak sebagai obat benjolan di payudara sendiri cukup mudah yaitu siapkan daun sirsak sebanyak 10 sampai 15 helai. Setelah di cuci hingga bersih daun-daun tersebut di rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan sisakan air rebusan tadi sebanyak 1 gelas air saja. Air rebusan daun sirsak dapat diminum setiap hari dan dikonsumsi ketika masih hangat. Cara Menghancurkan Benjolan Di Payudara

3. Kulit manggis

Manfaat kulit manggis sebagai obat benjolan di payudara sebenarnya telah di teliti. Yang mana hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa kulit manggis mampu mengurangi berbagai risiko pertumbuhan sel kanker sekaligus menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit.

Kandungan senyawa xanthone yang terdapat dalam kulit manggis berperan sebagai senyawa anti kanker dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Adapun cara membuat ramuan kulit manggis, siapkan beberapa kulit manggis lalu masukan ke dalam blender dan tambahkan satu gelas air serta gula aren. Setelah itu, tuangkan jus ke dalam gelas dan jus siap diminum. Cara Menghancurkan Benjolan Di Payudara

4. Benalu

Bahan alami pertama yang di yakini memiliki kemampuan untuk membantu proses penyembuhan benjolan baik itu benjolan kanker atau bukan adalah benalu.

Siapa sangka tanaman yang sering di anggap sebagai tanaman penggangu ini diam diam di dalamnya memiliki senyawa kandungan yang luar biasa untuk proses penyembuhan penyakit bahkan kanker.

Benalu mengandung senyawa aktif berupa alkaloid, saponin, flavonoid, dan tanin yang tersebar di daun dan batangnya. Secara tradisional, benalu digunakan untuk mengobati kanker.

Hasil uji dengan sel kanker terhada tanaman benalu belimbing menunjukan bahwa ekstrak tanaman benalu ini mampu menghambat sel kanker payudara dan juga tanaman yang satu ini mengandung antioksidan. Cara Menghancurkan Benjolan Di Payudara

Bagi anda yang penasaran dengan khasiatnya tidak ada salahnya untuk mencoba merasakan khasiat dari tanaman ini. Tapi pastikan proses pengolahan dan dosis nya haruslah tepat.

5. Daun dewa

Tanaman lainya yang di percaya akan khasiatnya yang luar biasa untuk membantu proses penyembuhan penyakit adalah daun dewa.

Daun dewa ini di dalam nya mengandung beberapa kandungan seperti di antaranya saponin, minyak astiri, flavonoid, tannin, vanilat, polifenol, asam klorogenat,asam p-kumarat. Cara Menghancurkan Benjolan Di Payudara

 

post by: herbal96

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.