Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

By | April 20, 2018

Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

cara mengobati hidrosefalus pada bayi

cara mengobati hidrosefalus pada bayi

Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi – Hidrosifalus adalah kondisi dimana menumpuknya cairan pada otak yang menyebabkan meningkatnya tekanan pada otak. Cairan serebrospinal umumnya mengalir melalui ventrikel yang akan menggenangi otak dan tulang belakang.

Ketika cairan serebrospinal terlalu banyak, maka jaringan otak akan rusak dan menyebabkan gangguan dalam fungsi otak. Serebrospinal berfungsi untuk menjaga otak yang volumenya berat agar terapung di dalam tengkorak, merupakan bantalan otak untuk mencegah cedera.

Membuang limbah metabolisme di dalam otak dan mempertahankan tekanan yang tetap didalam otak. Tepatnya antara rongga otak dan tulang belakanguntuk mengkompensasi perubahan tekanan darah didalam otak.

Gejala dan tanda-tanda penyakit hidrosefalus

Penyakit hidrosefalus mempunyai gejala dan tanda-tanda yang cukup jelas untuk dilihat. Yaitu ukuran kepala yang besar jika dibandingkan dengan orang normal dan inilah beberapa gejala dan tanda-tanda jika anda mengalami hidrosefalus. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

  • mual
  • mempunyai pola makan yang buruk
  • Emosi tidak terkontrol dan sering mengantuk
  • Tubuh lemah dan tidak seimbangnya kondisi tubuh
  • Menurunnya indra penglihatan dan akan kabur (sering kabur atau penglihatan menjadi ganda)
  • Terganggunya kemampuan berjalan dan berbicara akibat koordinat otot yang lemah
  • Intensitas buang air kecil yang sering dari biasanya
  • Penurunan drastis memori, konsentrasi, dan juga kemampuan berfikir

Penyebab Hidrosefalus

  1. Gangguan aliran cairan otak

Penyebab utama penyakit hidrosefalus pada balita karena adanya gangguan aliran yang ada di dalam otak. Saat alirannya terganggu cairan di otak akan berkumpul di otak dan menyebabkan hidrosefalus. Bila hidrosefalus di sebabkan oleh terganggunya aliran cairan otak.

Maka pihak medis akan menancapkan selang secara permanen di otak agar aliran cairan di otak berjalan dengan lancar. Tidak hanya balita namun juga anda yang dewasa bisa terkena penyakit hidrosefalus.

2. Cacat bawaan

Ketika anda hamil penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi janin yang ada dalam kandungan. Saat mengandung anda harus mencukupi kebutuhan asam folat yang berguna untuk menjaga tumbuh kembang janin yang ada didalam kandungan.

Bila anda tidak memenuhi kebutuhan asam folat dan tidak mencukupinya akan menyebabkan organ bayi terutama otak tidak akan berkembang dengan sempurna. Sehingga bayi bisa menderita cacat bawaan. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

3. Infeksi virus

Bagi anda wanita maupun pria sebaiknya berhati-hati terhadap virus yang ada lingkungan sekitar. Ketika cuaca berubah ubah akan membuat virus bertebaran di udara. Tidak hanya melalui udara virus juga bisa melalui kotoran hewan dan bulu hewan. Virus toksoplasma adalah salah satu virus yang bisa menyebabkan bayi menderita hidrosefalus.

Virus ini sangat berbahaya bagi pasangan suami istri yang ingin mempunyai keturunan. Virus ini akan menyebabkan pasangan suami istri menjadi mandul, keguguran, janin cacat saat dalam kandungan dan bahkan bayi terlahir dengan keadaan meninggal.

Oleh karena itu pasangan suami istri yang ingin mempunyai keturunan haru tes TORCH terlebih dahulu untuk melihat di dalam tubuh apakah ada virus tokso atau tidak. Penyebaran virus ini sering disebarkan oleh kotoran kucing yang didalamnya sudah terinfeksi dengan virus dan bakteri toksoplasma.

4. Pendarahan otak

Adanya pendarahan di dalam otak akan menyebabkan penyakit hidrosefalus yang menyerang otak. Pendarahan yang ada di dalam otak bisa dilihat dengan CT Scan. Pendarahan yang ada di dalam otak akan menyebabkan aliran cairan otak menjadi terhambat sehingga didalam otak akan terjadi penumpukan cairan.

Jika anda mengalami kecelakaan atau terjatuh dengan kepala terbentur segeralah lakukan pengecekan dengan CT Scan. Untuk mengetahui apakah di dalam otak anda mengalami pendarahan atau penggumpalan darah.

5. Produksi cairan otak berlebihan

Jika cairan otak atau Cerebrospinal Fluid di produksi secara berlebihan dapat menyebabkan terjadinya penyakit hidrosefalus pada balita. Meski kejadian ini jarang terjadi namun jika produksi cairan berlebih bisa menyebabkan balita atau bayi terkena penyakit hidrosefalus.

6. Adanya tumor otak

Ketika aliran cairan di otak tersumbat karena adanya tumor otak bisa menyebabkan terjadinya hidrosefalus. Tumor otak yang secara perlahan membesar bisa menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar atau tersumbat sehingga penumpukan cairan bisa terjadi di otak.

Jika anda tidak segera mengatasi tumor otak akan menyebabkan terjadinya tekanan di otak menjadi meningkat yang bisa melemahkan fungsi otak. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

7. Pembengkakan

Ketika saat mengalami pembengkakan di saluran cairan otak, walaupun penyebab ini jarang terjadi. Namun saat saluran otak mengalami pembengkakan akan mengakibatkan cairan otak menjadi menumpuk.

8. Kanker otak

Kanker otak juga bisa menyebabkan anda terkena penyakit hidrosefalus. Kanker otak yang sangat berbahaya dan massa tumor yang ganas akan tumbuh di jaringan otak mana saja. Sel kanker akan mengganggu jaringan otak yang bisa menyebabkan cairan otak menjadi tidak normal.

9. Cedera otak

Jika anda mengalami benturan seperti jatuh atau kecelakaan yang mengenai kepala akan menyebabkan otak menjadi cedera. Cedera otak yang parah bisa menyebabkan anda mengalami hidrosefalus.

Oleh karena itu hati-hatilah dengan kepala anda, dan untuk menjaganya atau lindungilah kepala dari benturan. Otak adalah fusat dari sistem saraf, Jika otak anda bermasalah maka organ dan saraf yan dibawahi oleh otak akan terganggu fungsinya.

10. Malformasi otak

Penyakit yang satu memang sangat langka yaitu malformasi otak merupakan otak yang berisi otak dengan bagian kecil keluar dari tengkorak kemudian masuk ke bagian tanal tulang. Jenis penyakit langka ini bisa menyebabkan bayi anda mengalami hidrosefalus.

Hal itu terjadi karena otak tidak berada pada tempat yang seharusnya sehingga produksi cairan otak menjadi tidak normal. Hidrosefalus bisa disebabkan oleh malformasi otak yang mempunyai beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

  • Sindrom Dady Walker
  • Spina Bifida
  • Malformasi Arnold Chiari

11. Pembuluh darah otak menyempit

Jika anda mengalami pembuluh darah menyempit Bisa menyebabkan terkena penyakit hidrosefalus. Hal itu terjadi karena pembuluh darah berhubungan dengan aliran cairan otak. Jika semakin sempit pembuluh darah yang ada di otak maka cairan aliran otak menjadi tidak lancar. Dan akan menyebabkan penumpukan cairan di dalam otak. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

12. Radang selaput otak

Radang selaput atau meningitis yang anda alami bisa menyebabkan penyakit hidrosefalus. Itu terjadi karena selaput otak bermasalah yang bisa menyebabkan penumpukan cairan yang berlebih sehingga bisa membuat kepala menjadi besar.

13. Stroke

Stroke yang anda alami harus segera di tangani karena bisa menyebabkan kematian dan penurunan kualitas hidup. Stroke juga bisa menyebabkan komplikasi penyakit salah satunya adalah hidrosefalus.

Stroke bisa membuat darah anda menjadi kental sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Itu bisa menyebabkan aliran cairan otak menjadi tidak lancar di otak hidrosefalus bisa terjadi.

14. Cacat tabung saraf

Hati-hatilah ketika anda mengalami kecacatan di saraf tabung janini karena bisa memicu penyakit hidrosefalus. Karena pertumbuhan tabung saraf yang tidak sempurna sehingga tabung saraf janin mengalami kecacatan. Oleh karena asupan nutrisi bagi anda yang hamil sangat baik untuk menjaga pertumbuhan otak janin.

Cara mencegah hidrosefalus

  • Tes TORCH, untuk mencegah penyakit hidrosefalus anda bisa dengan cara memeriksa didalam tubuh anda apakah ada virus tokoplasma atau tidak ada.
  • Menjaga asupan gizi, Ketika anda sedang hamil harus memperhatikan asupan gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembang janin. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung banyak gizi untuk menjaga kesehatan janin.
  • Memeriksa rutin kehamilan, Anda harus rutin memriksa kehamilan satu bulan sekali untuk menghindarkan bayi atau janin dar hidrosefalus. Ketika anda memeriksa kehamilan anda akan diberikan vitamin dan asam volat yang baik untuk tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan.
  • Hindari benturan, anda yang sudah dewasa pun bisa mengalami hidrosefalus atau penumpuka cairan otak yng ada dikepala. Ketika anda mengalami benturan atau kecelakaan yang mengenai bagian kepala memiliki risiko terkena hidrisefalus. Untuk itu hindari benturan keras dikepala.

Bagaiman cara mengobati hidrosefalus

  1. Melakukan operasi

Operasi pengobatan yang biasa di lakukan untuk mengobati hidrosefalus. Anda akan dipasang shunt atau alat berupa selang yang akan dipasang oleh ahli bedah kedalam kepala anda. Hali itu dilakukan agar cairan yang tertampung dalam otak bisa mengalair ke bagian tubuh lain supaya bisa diserap oleh pembuluh darah.

Selain itu masih ada jenis operasi lainnya yaitu EVT (Endoscopic Third Ventrictulostomy) yaitu jenis operasi yang akan membuat lubang penyerapan baru dipermukaan agar cairan dalam otak dapat mengalir ke luar.

2. Pemberian antibiotik

Anda akan merasakan nyeri yang hebat ketika cairan yang menumpuk dan menyebabkan tekanan pada otak. Anda bisa menggunakan  antibiotik untuk mengurangi rasa nyeri atau komplikasi akibat hidrosefalus yang terjadi. Selain untuk itu antibiotik juga bisa anda gunakan setelah melakukan opersi.

3. Memberikan obat herbal

Obat herbal bisa anda gunakan sebagai obat alternatif untuk penyakit hidrosefalus. Khusunya untuk yang dewasa selain bersifat alami obat herbal juga akan mengurangi rasa efek samping serta membantu proses pemulihan pasca operasi hidrosefalus. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

4. Melakukan terapi

Pengobatan yang satu ini untuk mengobati hidrosefalus pada bayi. Inilah beberapa jenis terapi yang bisa anda lakukan:

  • Terapi kognitif
  • Terapi motorik
  • Terapi penempatan
  • Terapi komunikasi

5. Berkonsultasi ke dokter

Ketika anda sudah melakukan pengobatan, anda tetap harus melakukan konsultasi pada dokter secara rutin untuk mengetahui perkembangan yang terjadi. Dan anda bisa meminta saran tindakan yang tepat untuk dilakukan hingga penyakit hidrosefalus yang anda derita sembuh.

Makanan yang bisa membantu penyembuhan hidrosefalus

Anda harus banyak memakan makanan yang mengandung vitamin folat B12 yang berguna untuk melindungi sistem saraf serta mambantu mencegah kerusakan. Vitamin ini terdapat pada makanan seperti daging, telur, susu, dan lainnya.

Makanan yang mengandung asam folat adalah bayam, asparagus, brokoli, melon, alpukat, kubis, atau kol, dan tauge. Asam folat sangat penting untuk berfungsinya sistem saraf agar terhindar dari penyakit hidrosefalus.

Makanan yang mengandung vitamin C mempunyai sifat antioksidan yang tinggi seperti jeruk, brokoli, rumput laut, dan lainnya. Hal ini berperan sebagai anti inflamasi yang kuat . Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh dengan sistem kekebalan tubuh, mengeluarkan racun, dan membantu mengurangi peradangan. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

Anda harus sering mengonsumsi ikan laut. Karena ikan laut mengandung jumlah yang baik dari omega 3 asam lemak. Yang sangat berperan dalam fungsi otak untuk meningkatkan transmisi impuls saraf. Selain itu juga bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

post by: herbal96.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.