Cara Mengobati Kaligata

By | Juni 26, 2018

Cara Mengobati Kaligata

cara mengobati kaligata

cara mengobati kaligata

Cara Mengobati Kaligata – Kaligata merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada bagian kulit yang di tandai dengan adanya ruam kemerahan yang timbul secara tiba-tiba, memiliki ukuran yang berbeda-beda, terasa halus dan menimbulkan rasa gatal. Kaligata atau dalam dunia medis disebut dengan urtikaria, dan biasanya ruam ini akan hilang dengan sendirinya meskipun tidak di obati.

Namun jika ruam ini dibiarkan maka akan mengalami perubahan ukuran, menyebar, hilang, dan dapat timbul kembali pada kulit dalam waktu beberapa jam. Kaligata ini bisa terjadi pada siapa saja laki-laki maupun wanita dan biasanya lebih sering terjadi pada bagian tubuh seperti wajah, dada, punggung, bibir, kelopak mata, lidah dan telinga serta kerongkongan. Cara Mengobati Kaligata

Wanita lebih sering mengalami penyakit ini dibandingkan dengan pria dan apabila mengalami gejala kaligata yang berat maka akan disertai dengan adanya pembengkakan, dan penumpukan cairan pada beberapa bagian tubuh tertentu hal ini biasa disebut dengan angioedema.

Penyakit kaligata ini terbagi menjadi tiga jenis diantaranya sebagai berikut:

  •  Kaligata akut

Jika terkena kaligata akut maka biasanya berlangsung selama kurang lebih dari enam minggu. Makanan menjadi penyebab utama terjadinya kaligata akut seperti telur, coklat, kacang, ikan serta susu. Namun tidak hanya makanan obat-obatan tertentu, dan gigitan serangga serta infeksi juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya kaligata akut. Cara Mengobati Kaligata

  •  Kaligata kronis

Berbeda dengan kaligata akut, kaligata kronis akan berlangsung lebih lama dan penyebabnya sangat sulit untuk diketahui. Namun ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa kaligata kronis bisa diakibatkan oleh penyakit tertentu seperti hepatitis, infeksi, dan masalah teroid, serta kanker.

  •  Kaligata fisik

Rangsangan yang terjadi secara langsung pada kulit menjadi penyebab utama kaligata fisik. Misalnya kulit anda secara langsung terpapar oleh teriknya sinar matahari, udara dingin, panas dan terkena paparan sianr ultraviolet. Bagian kulit yang terkena rangsangan secara langsung biasanya akan menimbulkan tonjolan.

Apa saja penyebab kaligata

  1. Penyakit lupus

Jika anda menderita penyakit lupus maka akan lebih rentan terkena kaligata. Pada saat anda menderita penyakit lupus dan ingin menyembuhkan penyakit kaligata maka harus melakukan pengobatan lupus. Supaya anda terhindar dari penyakit kaligata maka harus menjauhi hal-hal yang bisa menimbulkan terjadinya penyakit lupus.  Cara Mengobati Kaligata

2. Tanaman tertentu

Apabila kulit anda terkena tanaman atau getah tertentu bisa memicu terjadinya gatal-gatal sehingga akan terjadinya ruam pada kulit tersebut. Maka dari itu anda harus menjauhkan kulit anda dari getah yang bisa menimbulkan rasa gatal-gatal. Kondisi ini akan lebih sering di alami oleh anda yang mempunyai kulit sensitif.

3. Infeksi

Apabila tubuh anda terkena infeksi maka bisa mengakibatkan terjadinya kaligata, yang akan menimbulkan rasa gatal, perih, dan ruam pada kulit. Untuk mencegah hal tersebut terjadi maka anda harus menjaga lingkungan di sekitar supaya tetap bersih. Infeksi pada kulit ini bisa terjadi karena adanya bakteri atau virus yang menempel pada kulit dan tumbuh kembang di kulit tersebut sehingga menimbulkan rasa gatal. Kaligata bisa dialami oleh anda jika kondisi tersebur dibiarkan dalam jangka waktu yang tanpa ada pengobatan. Cara Mengobati Kaligata

4. Reaksi terhadap codein

Anda juga bisa terkena kaligata yang diakibatkan oleh obat-obatan tertentu seperti codein. Maka dari itu anda harus memperhatikan dalam mengonsumsi obat-obatan lebih baik lagi ssebelum mengonsumsi obata-obatan harus konsultasi dulu kepada dokter. Tidak hanya menimbulkan kaligata penggunaan obat tanpa resep dokter atau melebihi dosis juga bisa memicu terjadinya penyakit kronis yang bisa merengut nyawa anda.

5. Reaksi terhadap morfin

Tidak hanya reaksi terhadap kodein, reaksi terhadap morfin juga bisa mengakibatkan munculnya kaligata pada kulit. Kondisi ini terjadi karena pengonsumsian obat-obatan tertentu maka dari lebih baik berkonsultasi ke dokter sebelum meminum obat. Cara Mengobati Kaligata

6. Reaksi terhadap aspirin

Tidak jauah dari reaksi kodein dan morfin, reaksi terhadap aspirin juga bisa menjadi salah satu faktor timbulnya kaligata pada kulit. Maka dari anda harus memperhatikan dalam mengonsumsi kode morfin maupun aspirin. Gunakanlah resep dokter dalam mengonsumsi obat supaya lebih teratur dan tidak membahayakan kesehatan tubuh.

7. Bulu hewan yang rontok

Anda juga bisa terkena alergi yang diakibatkan oleh bulu hewan yang rontok seperti bulu kucing. Alergi lebih rentan dialami oleh orang yang mempunyai kulit sensitif terhadap bulu hewan. Sehingga alergi tersebut akan menimbulkan rasa gatal di kulit yang secara perlahan akan menjadi ruam pada kulit. Cara Mengobati Kaligata

Jika kondisi ini anda biarkan secara terus menerus tanpa di obati maka anda akan mudah mengalami kaligata. Maka dari itu anda yang mmepunyai kulit sensitif sangat di sarnkan untuk menghindari bulu hewan yang bisa menimbulkan irirtasi pada kulit. Bakteri dan virus akan lebih mudah masuk kedalam kulit yang teriritasi sehingga akan menimbulkan kaligata.

8. Kegiatan fisik

Jika anda melakukan keigiatan fisik atau berolahraga secara berlebihan akan mengakibatkan tubuh menjadi cepat lelah atau kelelahan otot sehingga bisa memungkinkan terkena kaligata. Kenapa bisa menimbulkan kaligata ? karena kegiatan fifik yang secraa berlebihan akan mengeluarkan keringat yang banyak sehingga kotoran sangat mudah untuk menempel. Cara Mengobati Kaligata

Maka dari itu ketika anda sudah melakukan aktivitas fisik segeralah mandi untuk membersihkan badan. Tidak hanya itu badan yang bersih juga sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh dan sangat sulit untuk terserang penyakit.

9. Keringat berlebih

Sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa keringat berlbih bisa menjadi salah satu yang mengakibatkan kototran menempel pada tubuh. Kototang yang menempel pada kulit akan mmebuat iritasi sehingga memudahkan bakteri dan virus masuk kedalam kulit. Mandilah dua atau tiga kali sehari untuk menghindari kototran menempel pada tubuh sehingga anda akan terhindar dari kaligata.

10. Suhu yang dingin

Kaligata pada kulit juga bisa disebabkan oleh lingkungan yang memiliki cuaca dingin. Tapi jangan panik karena anda bisa mencegah hal tersebut terjadi yaitu dengan cara menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan supaya tidak ada tempat bakteri dan kuman untuk tumbuh berkembangbiak.

11. Stress

Penyakit kaligata juga bisa timbul ketika anda menderita stress. Karena ketika kondisi sedang stress tubuh anda akan mengeluarkan keringat berlebih. Dan keringat inilah yang mengakibatkan kulit menjadi lembab sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri dan virus untuk tumbuh berkembangbiak. Cara Mengobati Kaligata

12. Paparan sinar ultraviolet

Kulit anda akan mengalami infeksi jika terkena sengatan sinar ultraviolet. Gunakanlah pelembab jika anda ingin terhindar dari sinar ultraviolet karena bisa melindungi kulit dari paparan sinar tersebut secara langsung. Selain itu untuk menghindari kulit dari sinar ultraviolet anda juga bisa menggunakan cara yaitu dengan menggunakan pakaian yang menutup seluruh bagian tubuh.

13. Zat kimia

Salah satu penyebab mengapa anda menderita kaligata ialah zat kimia. Maka dari itu anda harus berhati-hati dalam menggunakan produk yang mengandung bahan kimia yang digunakan untuk kulit. Tapi jka hal ini sudah terlanjur mengenai kulit anda maka segeralah periksakan ke dokter supaya kulit anda mendapatkan penanganan secraa cepat. Cara Mengobati Kaligata

14. Gigitan serangga

Kaligata juga bisa di derita oleh anda jika kulit mengalami gigitan serangga. Kulit yang terkena gigitan serangga akan menimbulkan rasa gatal yang pada akhirnya dapat memicu terjadinya kaligata. Selain itu kulit yang terkena gigitan serangga juga akan terinfeksi sehingga sangat mudah terserang berbagai penyakit salah satunya ialah kaligata.

15. Racun

Jika tubuh anda tidak sengaja mengalami keracunan maka hal tersebut juga bisa memicu terjadinya kaligata.

Bagaimana cara mengobati kaligata

  1. Kompres air dingin

Salah satu cara yang sangat sederhana untuk mengatasi kaligata yaitu dengan mengompres memakai air dingin karena hal tersebut sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Maka dari itu kami sarankan untuk menggunakan kompres dingin pada saat mengalami rasa gata dariapada menggaruknya. Anda hanya perlu menempelkan es batu yang sudah dibungkus dengan kain ini secara langsung pada kulit yang mengalami kaligata.

2. Mandi dengan air hangat

Biasanya kebanyakan masyarakan menggunakan air hangat untuk mandi supaya rasa pegal-pegal pada tubuh menjadi hilang. Selain itu anda juga bisa menggunakan air hangat untuk meredakan rasa gatal pada kulit yang mengalami kaligata. Untuk itu pada saat menderita kaligata maka mandilah dengan menggunakan air hangat karena sangat efektif menghilangkan rasa gatal dan kulit anda menjadi semakin baik.

3. Temulawak

Temulawak ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satunya bisa mengobati penyakit kulit yaitu kaligata, dan cara membuat ramuannya anda hanya perlu menyediakan temulawak sebanyak 15 gram, satu batang buah asam jawa, gula aren secukupnya.

Kemudian cucilah semua bahan tersebut dengan air yang emngalir hingga bersih, lalu masukan pada panci untuk merebusnya dengan menggunakan air sebanyak dua gelas hingga mendidih. Jika sudah tersisa setengahnya barulah masukan pada wadah dan diamkan sementara waktu supaya ramuannya menjadi hangat. Setelah itu barulah anda bisa mengkonsumsi ramuan ini secara teratur sehari dua kali yaitu pada waktu pagi dan malam sebelum tidur. Cara Mengobati Kaligata

4. Daun kelor

Banyak penyakit yang bisa diatasi oleh daun kelor salah satunya gangguan pada kulit seperti kaligata. Untuk membuar ramuan dari daun kelor untuk mengobati kaligata anda hanya perlu menyediakan batang daun kelor dan daun kelornya serta bawang merah dan pulosari secukupnya.

Setelah itu rebuslah semua bahan tersebut hingga mendidih dengan menggunakan air sebanyak tiga gelas. Dan sisakanlah air rebusan tersebut setengahnya saringlah dan angkat untuk di masukan dalam wadah. Setelah itu barulah anda bisa mengonsumsi ramuan ini secara rutin sehari dua kali hingga kaligata anda menjadi hilang. Cara Mengobati Kaligata

5. Jahe

Jika anda menderita gangguan atau masalah pada kulit seperti kaligata bisa mengobatinya secara alami yaitu dengan jahe. Untuk membuat ramuannya anda hanya perlu menyiapkan jahe sebanyak 30 gram dan air cuka yang terbuat dari beras hitam sebanyak 100 cc. Lalu tumbuklah jahe hingga menjadi halus kemudian masukan kedalam panci untuk di rebus dengan menggunakan air sebanyak tiga gelas hingga mendidih. Setelah mendidih barulah anda masukan cuka tersebut dan sisakan air rebusan tersebut setengahnya. Lalu minumlah ramuan ini secara teratur supaya pengobatan optimal. Cara Mengobati Kaligata

 

post by: herbal96

One thought on “Cara Mengobati Kaligata

  1. Pingback: CARA MENGOBATI GATAL GATAL PADA KULIT - 100% ALAMI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.