Cara Mengobati Nyeri Otot

By | Mei 7, 2018

Cara Mengobati Nyeri Otot

Cara Mengobati Nyeri Otot

cara mengobati nyeri otot

cara mengobati nyeri otot

Cara Mengobati Nyeri Otot – Nyeri otot atau disebut juga dengan klinis mialgia merupakan rasa nyeri yang timbul apda otot. Semua bagian tubuh memiliki otot jadi semua orang pernah mengalami kondisi ini paling tidak satu kali seumur hidup anda . Tidak hanya mengenai satu otot, nyeri otot bisa lebih pada satu waktu dan memiliki tingkatan rasa nyeri dimulai dari ringan hingga parah.

Nyeri otot biasanya akan sembuh dalam beberapa hari walaupun beberapa kondisi baru bisa sembuh setelah beberapa bulan. Hal ini dapat terjadi pada semua bagian tubuh namun beberapa bagian dimana kondisi ini lebih umum terjadi adalah leher, punggung, kaki, dan tangan.

Penyebab nyeri otot

  1. Memaksakan otot

Penyebab utama dan paling sering menjadi pemicu terjadinya nyeri otot adalah sering kali memaksakan otot ketika bekerja. Setiap bagian tubuh anda dirancang dengan kapasitas tertentu, termasuk otot tubuh. Cara Mengobati Nyeri Otot

Pada saat bekerja kebanyakan orang memaksakan kerja otot secara berlebihan dan terlalu cepat serta terlalu sering. Kinerja otot yang berlebihan bisa menyebabkan otot cepat lelah dan terasa kaku.

2. Cedera

Cedera bisa meliputi otot yang terkilir atau mengalami tegang. Biasanya kondisi ini akan menyebabkan otot kaku dan disertai dengan gejala lain seperti nyeri dan juga pembengkakan pada jaringan otot.

Ketika anda mengalami nyeri otot dan tidak ditangani dengan benar bisa berakibat buruk untuk itu bisa dilakukan dengan cara medis. Bahkan bisa menyebabkan komplikasi jika tidak segera ditangani dengan benar. Cara Mengobati Nyeri Otot

3. Stress

Stress bisa menyebabkan anda mengalami otot kaku atau nyeri yaitu pada bagian leher. Nyeri otot atau kaku pada bagian leher sangat berkaitan erat dengan saraf-saraf yang berhubungan dengan otak. Tidak hanya menyebabkan otot kaku pada bagian leher stress juga bisa menyebabkan otot kaku dan terasa nyeri dibagian tubuh lainnya.

4. Fibromyalgia

Penyakit juga bisa menyebabkan nyeri otot atau kaku salah satunya ialah fibromyalgia. Penyakit ini bisa menyebabkan anda mengalami otot kaku dan nyeri disekujur tubuh. Biasanya penyakit ini akan dialami oleh anda yang berusia 30-50 tahun keatas.

Tapi tidak menutup kemungkinan usia yang muda atau anak-anak juga bisa mengalami penyakit ini. Wanita akan lebih berisiko terkena penyakit ini dibandingkan dengan laki-laki.Cara Mengobati Nyeri Otot

5. Lupus

Selain fibromyalgia penyakit lupus juga bisa menyebabkan otot kaku dan nyeri. Lupus adalah penyakit yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh justru menyerang tubuh anda sendiri. Sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit lupus. Adapun pengobatan yang dilakukan biasanya hanya untuk mengurangi gejala yang muncul.

6. Infeksi

Infeksi bisa menyebabkan otot nyeri dan kaku. Infeksi yang dimaksud tidak selalu langsung menyerang bagian otot. Namun bisa jadi infeksi penyakit lain misalnya anda mengalami flu bisa mengakibatkan anda mengalami otot kaku. Tidak hanya otot kaku infeksi juga bisa menyebabkan gejala lain seperti demam, sakit kepala, dan juga cepat lelah. Cara Mengobati Nyeri Otot

7. Rheumatoid arthritis

Penyakit ini lebih sering dikenal sebagai penyakit rematik atau asam urat. Jika anda menderita rheumatoid arthritis yang sudah parah takan mengalami tidak hanya otot kaku tapi juga bisa mengalami nyeri yang luar biasa pada area persendian bahkan bisa menyebabkan area persendian membengkak karena adanya penumpukan purin.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat sepereti mengonsumsi makanan yang banyak mengandung purin misalnya daging merah, bayam, dan juga berbagai jenis makanan yang mengandung kolestrol tinggi.

8. Distonia

Penyebab nyeri otot selanjutnya yaitu penyakit kelainan yang terjadi pada kontraksi otot yang terus-menerus dan menyebabkan gerakan berputar dan berulang. sehingga menyebabkan sikap tubuh yang abnormal dan hal ini sering menyebabkan otot terasa kaku. Cara Mengobati Nyeri Otot

Pada biasanya otot yang kaku hanya akan terasa dibagian tertentu pada tubuh seperti lengan, tungkai, atau leher, bahkan bisa meliputi seluruh bagian pada tubuh.

9. Efek samping penggunaan obat-obatan

Otot kaku juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat statin yang berguna untuk menurunkan kadar kolestrol didalam tubuh. Selain itu ada juga kelompok obat penghambat ACE yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta obat-obatan lain seperti kokain.

10. Terlalu lama main hp

Pada saat memainkan hp anda akan lupa waktu saat menggunakannya. Akibat dari main hp yang terlalu lama adalah radang sendi pada tangan. Untuk menghindari rasa nyeri yang muncul anda bisa berhenti sejenak dan melakukan rileksasi pada jari tangan anda. Cara Mengobati Nyeri Otot

11. Posisi tidur yang salah

Ketika anda tidur salah menggunakan bantal karena terlalu tinggi, sehingga otot leher menjadi tegang. Anda bisa mencegahnya dengan cara jangan terlalu tinggi pada saat menggunakan bantal. Tidak hanya itu bantal juga diharuskan dapat menyangga bagian bahu.

12. Posisi duduk yang salah

Pada saat anda duduk dengan posisi yang salah dapat menyebabkan anda membungkuk kedepan. Sehingga dapat menarik punggung dan leher yang memicu nyeri. Untuk itu anda harus memperhatikan posisi duduk anda.

Posisi duduk yang benar adalah dengan duduk tegak, punggung lurus dan bahu kebelakang. Lalu tekuk lutut pada sudut yang benar, hindari menyilangkan kaki, letakan kursi dekat dengan meja, istirahatkan lengan din siku, serta hindari mengambil barang dalam posisi duduk dengan melintir punggungCara Mengobati Nyeri Otot

13. Posisi yang salah pada saat mengangkat barang yang berat

Untuk mengangkat barang yang berat anda memerlukan teknik yang benar karena jika tidak anda bisa mengalami nyeri otot pada bagian punggung.

Kesalahan yang biasa dilakukan adalah membuat tubuh anda melengkung kedepan untuk meraih barang lalu meluruskan punggung pada saat mengangkatnya. Kondisi ini dapat memaksa otot punggung seketika menanggung berat beban dari barang tersebut.

Untuk itu anda bisa melakukan teknik yang benar yaitu dengan cara melengkungkan punggung tapi dengan cara menekuk lutut dan pinggul sambil posisi jongkok. Anda harus menjaga punggung agar tetap tegak kemudian angkat menggunakan otot kaki dengan cara meluruskan lutut dan pinggul.

Jaga punggung anda agar tetap tegak lalu ambil benda tersebut dan angkat dengan otot kaki dengan meluruskan lutut dan pinggul. Cara Mengobati Nyeri Otot

Cara mengobati nyeri otot

  1. Kunyit

Kunyit bisa menghilangkan rasa nyeri otot pada bagian bahu. Karena memiliki kandungan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya bisa mengobati nyeri otot sekaligus pemebengkakannya. Caranya anda hanya perlu menyiapkan dua sendok makan kunyit lalu campurkan dengan sesendok makan atau lebih minyak kelapa untuk dijadika adonan pasta.

Pasta yang sudah jadi bisa langsung dioleskan pada bagian otot yang nyeri dan bengkak. Anda bisa membasuhnya dengan air hangat setelah ramuan ini mengering. Tidak hanya itu anda juga bisa menyiapkan satu sendok teh bubuk kunyit lalu tambahkan pada secangkir susu kemudian rebuslah.

Anda juga bisa menambahkan madu sebagai perasa manis dan minumlah ramuan ini secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari. Atau juga bisa mengonsumsi kapsul kunyit 250-500 mg hingga tiga kali dalam sehari. Sebelum mengonsumsi kapsul ini anda harus terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter. Cara Mengobati Nyeri Otot

2. Garam epsom

Kandungan magnesium yang terdapat dalam garam epsom sangat bermanfaat untuk mengatasu rasa nyeri dan bisa meningkatkan peredaran darah. Bak yang sudah anda isi dengan air hangat lalu masukan garam epsom sebanyak dua cangkir serta diaduk hingga rata.

Kemudian rendamlah bagian tubuh anda yang merasakan nyeri otot selam 20-25 menit dan lakukan pengobatan ini seminggu tiga kali. Setelah melakukan pengobatan ini anda akan merasakan lebih rileks dan akan merasakan nyaman.

3. Kompres dingin

Pada bagian tubuh yang mengalami nyeri biasanya akan disertai pembengkakan. Untuk itu anda bisa menggunakan kompres dingin untuk membuat rasa nyeri berkurang. Suhu dingin dari kompres akan membantu mematikan rasa nyeri di area otot. Hal ini juga bisa mengurangi peradangan.

Dengan cara menyiapkan sebuah kantong plastik dan kemudian masukan balok-balok es kecil lalu dibungkus lagi menggunakan handuk tipis. Kompreslah pada bagian otot selama 10-15 menit sambil anda membaringkan tubuh secara nyaman ditempat tidur. Lakukan pengobatan ini berulang kali sampai nyeri otot membaik tidak bengkak lagi dan nyerinya hilang. Cara Mengobati Nyeri Otot

4. Kompres panas

Tidak hanya dingin anda juga bisa menggunakan kompres panas untuk menghilangkan rasa nyeri dan pembengkakan. Anda bisa menggunakan kantong khusus air panas lalu masukan air panas tersebut ke kantong. Barulah anda bisa langsung menempelkan ke area otot yang nyeri selama 10-15 menit. Lakukan pengobatan ini secara rutin agar otot cepat sembuh.

5. Rosemary

Anda hanya perlu mengambil beberapa rosemary untuk direbus bersama air secukupnya selama beberapa menit saja lalu ambilah ekstraknya. Kemudian rendam kain katun kedalam ekstrak rosemary lalu kompreskan keotot yang nyeri. Lakukan pengobatan dengan ramuan ini secara rutin agar nyeri otot cepat hilang.

6. Alfalfa

Buatlah teh alfalfa hangat yang bisa anda minum sebanyak 1 atau 2 gelas beberapa hari untuk mengurangi rasa tak nyaman dan nyeri pada otot. Anda hanya perlu menyiapkan segelas air panas lalu tambahkan satu sendok teh daun alfalfa kering. Seduhlah selama 5 menit lalu saring dan minumlah secara rutin sampai otot anda membaik. Cara Mengobati Nyeri Otot

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen alfalfa karena sangat baik, tapi anda harus tau takaran yang tepat supaya tidak terjadi kesalahan. Untuk itu anda bisa berkonsultasi dulu ke dokter.

7. Minyak lavender

Tambahkan minyak esensial lavenderi ini pada air panas yang digunakan untuk mandi anda. Kemudian anda berendam kurang lebih 30 menit dan anda akan merasakan rileks nyaman serta rasa nyeri yang akan hilang.

Tidak hanya itu anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak esensial lavender ini kedalam satu atau dua sendok makan minyak zaitun hangat. Lalu oleskan campuran kedua bahan tersebut ke area otot yang nyeri dan berikan pijatan secara perlahan selama 10 menit.

8. Jahe

Anti-inflamasi dan antioksidan yang terdapat pada jahe bisa mengurangi peradangan dan akan menghilangkan rasa nyeri pada otot. Selain itu jahe juga bisa memperlancar sirkulasi darah yang sempat terhambat pada otot. Cara Mengobati Nyeri Otot

Dengan cara menyiapkan jahe yang sudah diiris-iris lalu masukan kedalam dua cangkir air. Kemudian seduh selama 10 menit dan saringlah. Anda juga bisa menambahkan madu sebagai cita rasa dan mempunyai manfaat. Konsumsilah ramuan ini secara rutin hingga otot yang nyeri menghilang.

9. Cuka sari apel

Siapkan air untuk mandi yang hangat lalu masukan cuka apel sebanyak dua cangkir. Anda bisa berendam selama 20 menit setiap harinya. Selain itu anda juga bisa meminum segelas air hangat yang sudah dicampur dengan satu sendok makan cuka sari apel. Dan konsumsilah ramuan ini secara rutin supaya meraih hasil yang optimal. Cara Mengobati Nyeri Otot

 

post by: herbal96

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.