Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi

By | Mei 5, 2018

Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi

cara mengobati radang otak tanpa operasi

cara mengobati radang otak tanpa operasi

Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi – Infeksi virus adalah penyebab utama terjadinya peradangan pada otak. Tidak hanya virus peradangan tersebut juga dapat dipicu oleh infeksi bakteri, peradangan non-infeksi, atau respon imun abnormal di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan otak.

Gejala seperti flu demam, sakit kepala, kebingungan, kejang atau masalah gangguan perasaan dan pergerakan akan anda rasakan pada saat menderita radang otak. Peradangan otak biasanya tidak dapat anda duga maka dari itu periksakan segera apabila mengalami gejala seperti diatas supaya dapat memberikan pengobatan lebih awal terhadap penyakit ini.

Gejala

Gejala demam mendadak, sakit kepala, bingung, nyeri otot dan sendi, kejang otot, halusinasi, penglihatan ganda, masalah dalam bicara atau mendengar serta kesadaran yang menghilang akan anda rasakan apabila mengalami radang otak. Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi

Radang otak yang terjadi pada anak-anak akan menimbulkan gejala seperti mudah terangsang, selera makan yang menurun, demam, penonjolan fontanel (celah pada tulang tengkorak), mual, muntah, kekakuan badan, menangis saat anak-anak diangkat.

Pada saat anda memeriksakan saraf akan menimbulkan gejala ngantuk dan merasa bingung. Hal yang menunjukan bahwa anda mengalami radang otak ialah kaku kuduk (Kekakuan otot belakang leher) yang disebabkan oleh adanya perangsangan selaput yang melindungi jaringan otak.

Radang otak juga bisa menimbulkan komplikasi namun tergantung dari umur penderita, penyebab penyakit, keganasan penyakit, dan waktu pemberian obat. Jika anda mengalami radang otak yang relatif ringan akan sembuh dalam waktu beberapa minggu dan tanpa menyebabkan komplikasi. Komplikasi yang akan ditimbulkan oleh penyakit radang otak diantaranya sebagai berikut:

  • Gangguan pernafasan,
  • Koma
  • Bahkan kematian

Inilah beberapa kondisi radang otak yang bisa menjadi gejala meningitis adalah:

  • Tubuh menggigil dan kedinginan.
  • Nyeri otot dan persendian.
  • Kulit pucat atau muncul bintik-bintik merah yang tersebar ke seluruh tubuh.
  • Bibir terlihat biru.
  • Pada kondisi yang parah, penderita meningitis akan menunjukkan gejala:
  • Merasa bingung.
  • Mengantuk.
  • Leher akan terasa kaku (gejala ini jarang terlihat pada anak kecil).
  • Sensitif terhadap cahaya.
  • Ruam merah pada kulit yang tidak kunjung memudar, bahkan bertambah jelas jika ditekan di atasnya.
  • Kejang-kejang.

Penyakit meningitis adalah penyakit yang berbahaya yang bisa mengancam jiwa anda. Untuk itu ada baiknya anda mengetahui penyebab dari penyakit ini agar bisa mengobati dari awal dan melakukan pencegahan dini. Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi

Faktor-faktor yang menyebabkan terkena radang otak

  • Usia

Anak-anak dibawah usia lima tahun yang mengalami meningitis yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Tapi setelah adanya vaksin untuk anak di pertengahan tahun 1980-an, pasien meningitis bergeser dari usia 15 bulan sampai 25 tahun.

50 persen anak yang mengalami meningitis dilaporkan meninggal. Walaupun balita itu selamat dari maut akan menderita lumpuh, tuli, epilepsi, lamban, dan retardasi mental.

  • Tinggal dihunian padat penduduk

Apabila anda tinggal diperumahan yang padat penduduk, siswa yang tinggal di asrama, personil dipangkalan militer, dan anak-anak yang dititipkan di penitipan akan meningkatkan risiko terkena meningitis. Kondisi ini akan menyebabkan penyebaran penyakit menjadi lebih cepat apabila ada sekelompok orang berkumpul. Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi

  • ibu hamil

Apabila anda sedang hamil bisa mengalami meningitis karena adanya peningkatan kontraksi listeiosis yaitu infeksi yang disebabkan oleh bakteri listeria. Bayi yang akan dilahirkan pun akan berisiko terkena apabila ibu hamil memiliki listeriosis.

  • Bekerja di lingkungan yang berhubungan dengan hewan

Anda akan memiliki risiko tinggi tertular listeria yang dapat mengakibatkan meningitis apabila pekerjaan anda berhubungan dengan hewan, seperti peternak.

Orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah adalah sebagai berikut:

-Bayi yang lahir kurang bulan (prematur) dan berat lahir rendah
– Bayi yang hanya diberi ASI sebentar atau sedikit
– Orang yang sering terpapar asap rokok
– Orang yang sering mengalami infeksi virus di saluran pernapasan
– Apabila anda menderita kanker, diabetes, hiv akan lebih berisiko terkena penyakit ini.
– Anda juga akan lebih rentan terkena radang otak apabila pengguna obat immunosuppresan

Penyebab radang otak

  1. Bakteri

Bakteri pada umumnya adalah penyebab utama meningitis. Bakteri penyebab meningitis bisa dibedakan menurut usia adalah :

  • Bakteri streptococcus tipe B, escherichia coli, dan listeria monocytogenes adalah penyebab meningitis pada bayi.
  • Meningitis pada balita dan anak-anak biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus pneumoniae, neisseria meningitidis, dan haemophilus influenzae tipe B.
  • Meningitis pada remaja dan dewasa biasanya disebabkan oleh bakteri nisseria meningitidis dan streptococcus pneumoniae.
  • Bakteri streptococcus pneumoniae, nisseria meningitidis, dan listeria monocytogenes adalah penyebab radang otak pada orang paruh baya.

Bakteri nisseria meningitidis pada umumnya menyebabkan penyakit meningitis bakterialis. Bakteri tersebut bisa hidup di tenggorokan dan hidung manusia. Bakteri ini biasanya tidak menyebabkan infeksi namun ada kalanya bakteri ini mampu mengalahkan sistem pertahanan tubuh yang mengakibatkan meningitis. Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi

Selain nessirea meningitidis, beberapa jenis bakteri yang telah disebutkan di atas umumnya juga hidup di dalam tubuh manusia dan akan menyebabkan meningitis terutama ketika sistem pertahanan tubuh lemah.

2. Virus

Selain bakteri, virus juga bisa menyebabkan meningitis. Virus yang masuk ke dalam aliran darah manusia suatu saat akan sampai ke area meninges dan saraf tulang belakang hingga menimbulkan peradangan atau meningitis. Meningitis terjadi apabila anda terkena virus janis-jenis yang ada dibawah ini.

  • Yang menyebabkan infeksi pada perut adalah virus jenis enteroviruses 
  • Herpes genital disebabkan oleh virus Herves simplex
  • Virus penyebab cacar air
  • Virus influenza
  • Virus penyakit gondong

3. Jamur

Infeksi jamur tergolong jarang bisa menyebabkan penyakit meningitis. Sum-sum tulang belakang adalah area yang akan dimasuki oleh infeksi jamur yang akan mengakibatkan peradangan. cryptococcus adalah salah satu jamur yang menyebabkan meningitis. Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi

4. Parasit

Parasit amoeba juga bisa menyebabkan penyakit meningitis yang tergolong mematikan. Parasit naegleria fowleri adalah penyebab terjadinya meningitis.

5. Penyakit

Radang selaput otak bisa jadi tidak disebabkan oleh infeksi tapi diakibatkan dari penyakit tertentu walaupun kejadian ini jarang terjadi. Berikut beberapa faktor non-infeksi yang bisa menyebabkan meningitis:

  • Penyakit kanker
  • Penyakit lupus
  • Asupan beberapa jenis obat-obatan
  • Cedera pada kepala
  • Pembedahan otak

Cara mengobati radang otak

  1. Daun sirsak

Untuk mengobati penyakit radang otak secara alami anda bisa megonsumsi ramuan dari daun sirsak. Tidak hanya buahnya saja yang bisa anda konsumsi, daunnya juga bisa anda manfaat kan untuk mengobati berbagai penyakit salah satunya penyakit ini. Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi

Kenapa daun sirsak bisa mengobati radang otak ? karena banyak mengandung kandungan alami seperti fruktosa, lemak, protein, kalsium, zat besi, tannin, fitosterol, alkoloida, dan juga asetogenin yang bisa mengurangi peradangan pada bagian otak.

Membuat ramuan dari daun sirsak sangatlah mudah anda hanya perlu menyiapkan daun sirsak sebanyak 5-7 lembar yang masih segar. Kemudian cucilah daun sirsak hingga bersih lalu rebus dengan air sebanyak dua gelas. Lalu angkat dan pindahkan pada wadah tunggu hingga hangat setelah itu barulah anda bisa meminum ramuan ini slagi hangat sehari dua kali. Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi

2. Kulit buah manggis kering

Cara kedua yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan radang otak secara alami yaitu dengan mengonsumsi air seduhan buah kulit manggis kering. Tidak hanya daging buahnya yang bisa anda konsumsi kulit manggis juga bisa anda gunakan untuk megobati radang selaput.

Kandungan vitamin, kalsium, potasium, sodium, zat besi, flavonoid, xanthone, yang terdapat pada kulit buah manggs yang bisa menyembuhkan penyakit radang otak. Anda hanya perlu menyediakan kulit buah manggis yang kering secukupnya dan juga segelas air panas.

Kemudian masukan kulit buah manggis kedalam gelas yang terlebih dahulu dimasukan air panas. Lalu aduk hingga rata dan saringlah setelah itu barulah anda bisa mengonsumsi ramuan dari buah manggis untuk menyembuhkan radang otak. Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi

3. Daun pegagan

Tanaman pegagan pasti sudah sering anda dengar untuk mengobati berbagai penyakit. Untuk mengobati radang otak dengan ramuan daun pegagan cukuplah mudah yaitu dengan menyiapkan daun pegagan secukupnya yang sudah terlebih dahulu dibersihkan.

Kemudian anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti bawang putih dan jantung pisang. Rebuslah semua bahan tersebut dengan air sebanyak dua gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa satu gelas saja.

Kemudian angkat dan saring serta tuangkan pada gelas yang sudah disiapkan. Untuk mengobati radang otak ramuan ini bisa anda konsumsi sebanya dua kali sehari. Lakukan pengobatan ini secara rutin supaya radang otak bisa diatasi. Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi

4. Tanaman kemuning

Anda juga bisa mengonsumsi air rebusan kemuning untuk menyembuhkan radang otak. Tanaman ini biasanya digunakan untuk menghias pekarangan rumah. Tapi tidak hanya digunakan sebagai penghias tanaman kemuning memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan salah satunya bisa menyembuhkan radang otak.

Tanaman kemuning pada bagian daun dan akarnya, tanaman ajeran yang perlu anda siapkan. Cucilah semua bahan tersebut hingga bersih lalu rebuslah dengan dua gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa setengahnya. Kemudian saringlah air rebusan itu barulah anda bisa meminum ramuan ini. Minumlah ramuan ini secara rutin satu sampai dua minggu sebanyak dua kali dalam sehari.

5. Tanaman krisan

Tanaman krisan merupakan tanaman alami yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satunya untuk radang otak, anda hanya perlu tanaman krisan yang sudah kering, daun sambilito, dan daun tapak liman. Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi

Dan bersihkan semua bahan tersebut lalu rebus dengan dua gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa setengahnya. Saringlah air rebusan tersebut dan masukan pada wadah tunggu hingga hangat atau dingin.

Tapi lebih baik minum ramuan ini selagi hangat sebanyak dua kali dalam sehari. Agar lebih cepat dalam proses penyembuhan anda bisa meminumnya selama satu sampai dua minggu secara teratur.

6. Ginkgo biloba

Flavonoid dan antioksidan yang terdapat dalam ginkgo biloba bisa mencegah kerusakan radikal bebas pada sel anda. Flavonoid sangat baik untuk melindungi sel otak, terpenoid (ginkgolides) bisa memperbaiki aliran darah dengan melebarkan pembuluh darah dan mengurangi kekakuan platelet. Kedua tindakan ini sangat penting untuk membantu otak bekerja.

Tidak hanya itu terpenoid juga bisa meningkatkan sirkulasi darah di otak, melindungi sel-sel hippocampus, yang berfungsi untuk mempertahankan ingatan. Cara Mengobati Radang Otak Tanpa Operasi

 

post by: herbal96

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.