Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

By | Mei 8, 2018

Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

cara mengobati telinga berair dan bernanah

cara mengobati telinga berair dan bernanah

Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah – Ada sebagian masyarakat yang mengalami telinga bernanah dan berait. Banyak faktor yang bisa menyebabkan anda menderita telinga yang berair dan bernanah. Jika anda mengalami kondisi telinga yang berair dan bernanah akan menyebabkan tidak nyaman dan juga rasa sakit. Telinga bernanah dan berair akan membuat kemampuan pendengaran anda menjadi terganggu.

Jika kondisi ini di biarkan tanpa ada penanganan bisa mengakibatkan kerusakan di gendang telinga. Anda harus mengetahui kenapa telinga berair dan bernanah supaya bisa mengobati lebih cepat. Jika mengalami telinga berair sebaiknya segera memeriksakan diri di bagian dokter ahli THT atau melakukan pengobatan secara mandiri.

Penyebab telinga bernanah dan berair

1. Kemasukan air

Apabila anda sering melakukan aktivitas seperti berenang dan berendam akan lebih berisiko mengalami telinga berair. Jika telinga anda kemasukan air akan mengakibatkan terganggunya pendengaran untuk sementara waktu. Jadi ketika anda melakukan aktivitas seperti berenang sangat di sarankan untuk menggunakan penutup telinga agar air tidak masuk. Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

2. Infeksi telinga

Infeksi pada telinga bisa terjadi karena adanya kuman yang masuk kedalam telinga. Tidak hanya di sebabkan oleh kuman infeksi tersebut bisa disebabkan oleh bakteri ataupun kebiasaan buruk anda yaitu mengorek telinga terlalu dalam. Infeksi pada telinga juga bisa disebabkan karena kemasukan serangga dan infeksi pada telinga di bagi menjadi dua yaitu infeksi bagian luar dan bagian tengah.

3. Peradangan telinga

Telinga berair juga bisa terjadi karena adanya peradangan pada telinga. Infeksi yang terlalu lama yang tidak segera di tangani akan menyebabkan peradangan sehingga mengakibatkan peradangan pembengkakan pada bagian gendang telinga. Untuk itu anda harus hati-hati pada saat mengorek telinga sebenarnya mengorek menggunakan kapas sangat tidak di sarankan karena bisa melukai gendang telinga.

4. Robeknya gendang telinga

Gendang telinga yang mengalami perobekan bisa menyebabkan telinga anda menjadi berair. Jika anda terlalu dalam mengorek telinga akibatnya adalah gendang telinga tidak sengaja akan robek. Selain bisa mempengaruhi kemampuan pendengaran, gendang telinga yang sobek akan membuat telinga menjadi berair tanda bahwa telinga mulai terkena infeksi. Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

Sehingga akan menimbulkan bau busuk dan bernanah yang akan di keluarkan oleh gendang telinga. Bagi anda yang ingin membersihkan telinga sebaiknya membeli cairan pembersih telinga di apotek dimana cairan pembersih telinga itu bisa digunakan untuk membersihkan kotoran telinga sehingga kotoran telinga itu akan keluar dengan sendirinya bersamaan dengan cairan tersebut.

5. Pecahnya gendang telinga

Penyebab telinga anda berair yang paling vatal ialah pecahnya gendang telinga. Tidak hanya bisa menyebabkan telinga anda berair gendang yang pecah juga bisa membuat anda menjadi tuli dan kemampun dalam mendengar menjadi berkurang. Organ vital dan inti dari telinga yaitu gendang telinga dan apabila mengalami kerusakan maka telinga itu sudah tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik lagi. Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

Bahaya telinga berair dan bernanah

  1. Bisa menyebabkan tuli

Bahaya telinga berair yang harus diwaspadai pertama kali adalah bisa menyebabkan tuli dan gangguan pendengaran. Bahaya ini bisa terjadi pada anda yang mengalami telinga berair yang disebabkan oleh infeksi dan juga masalah di bagian gendang telnga seperti robek dan pecahnya gendang telinga.

2. Dikucilkan dalam pergaulan

Ketika anda mengalami telinga yang berair akan di kucilkan oleh lingkungan sekitar. Karena telinga anda mengeluarkan bau yang membuat semua orang menjaga jarak.

3. Menimbulkan sakit kepala

Anda akan merasakan sakit kepala yang tak kunjung sembuh bila mengalami telinga yang berair. Karena kepala berhubungan langsung dengan syaraf panca indera manusia terutama bagian telinga dan juga bagian mata. Sehingga apabila saraf telinga mengalami gangguan yang akan mengakibatkan sakit kepala karena syarafnya berhubungan dengan otak. Hal ini terjadi karena otak akan merespon dengan rasa sakit pada bagian kepala. Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

4. Sakit tenggorokan

Ketika mengalami telinga yang bernanah dan berair bisa menyebabkan anda menderita rasa sait di tenggorokan. Hal ini terjadi karena saling berhubungannya antara telinga, hidung, dan tenggorokan karena memiliki satu jalur syaraf.

sehingga jika telinga merasakan nyeri akibat telinga berair tersebut, tenggorokan pun akan terasa nyeri. Nafsu makan akan menjadi menurun karena tenggorokan teras sakit pada saat menelan. Hal itu dikarenakan tenggorokan merupakan penghubung antara perut dengan mulut.

5. Meningitis atau radang otak

Bahaya telinga berair lainnya yang perlu anda waspadai selanjutnya adalah timbulnya meningitis atau radang selaput otak. Penyakit ini tidak boleh disepelekan karena meningitis bisa merenggut nyawa anda. Pada saat struktur telinga mengalami kerusakan bisa memunculkan radang otak.

Padahal telinga merupakan salah satu organ tubuh yang melekat di tengkorak manusia. Tanda awalnya abses itu berada di bagian telinga entah itu telinga luar maupun telinga tengah. Walaupun dengan proses yang sangat rumit kuman dan bakteri yang terdapat pada abses akan menyebar ke berbagai bagian selaput pembungkus otak. Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

Jika selaput pembungkus otak sudah kena akibatnya kuman dan bakteri itu bisa menginfeksi jaringan otak lainnya. Tanda apabila anda mengalami infeksi dan mengalami radang selaput otak adalah anda  akan merasakan nyeri di bagian telinga atas yang ada di bagian belakang telinga. Infeksi telinga itu juga bisa dengan mudah masuk melalui rongga tengkorak manusia.

Saat jaringan otak dan selaput otak sudah terinfeksi dengan bakteri atau kuman yang ada di telinga, bisa menyebabkan anda lebih berisiko terkena meningitis atau radang selaput otak. Jika sudah menjadi meningitis seperti ini harus dilakukan pengobatan dengan sesegra mungkin.

Cara Mengatasi Telinga Yang Berair Dan Bernanah

  1. Memiringkan kepala

Anda bisa menggunakan cara memiringkan kepala untuk mengatasi telinga yang berair . Hal ini bisa di lakukan oleh anda apabila setelah selesai berenang atau telinga anda kemasukan air. Memiringkan kepala ini bisa di lakukan secara bergantian misalnya anda memiringkan kepala kiri yang lebih dulu maka yang kedua anda bisa memiringkan kepala yang kanan. Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

2. Mengkonsumsi gizi seimbang

Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi ketika anda mengalami telinga berair dan bernanah. Tidak hanya itu saja, anda pun sebaiknya mencukupi kebutuhan akan vitamin C. Infeksi ringan pada telinga berair bisa sembuh dengan sendirinya asalkan sistem imun sedang dalam kondisi stabil. Sistem imun yang stabil bisa menangkal daya serang kuman yang rendah.

3. Daun kemangi

Anda bisa menggunakan bahan alami seperti daun kemangi untuk mengobati telinga yang berair dan bernanah dan bahan ini sangat mudah di temukan. Tanaman ini memiliki harum khas segar yang biasanya digunakan sebagai lalapan untuk meningkatkan nafsu makan.

Anda hanya perlu menyiapkan daun kemangi secukupnya yang terlebih dahulu sudah di bersihkan kemudian lumatkan sampai halus hingga lembut. Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

Kemudian anda tinggal bubukan saja lumatan daun kemangi tersebut ke bagian telinga yang tengah menalami infeksi namun alangkah baiknya jika bobok daun kemangi ini tidak digunakan untuk penggunaan dalam alias tidak boleh dimasukkan sampai ke dalam lubang telinga.

4. Garam panas

Anda juga bisa melakukan pengobatan rumahan untuk menangani infeksi telinga bernanah yakni dengan menggunakan garam dapur halus yang telah dipanaskan dengan microwave selama beberapa saat. Lalu menaruh sekaligus mengikatnya kuat berada di dalam sapu tangan yang lembut.

Kompreskan balutan kain pada bagian telinga yang sedang mengalami infeksi selama kurang lima menit. Pengobatan ini sangat bermanfaat karena bisa membersihkan telinga dari cairan yang di sebabkan oleh adanya infeksi sehingga sangat membantu dalam proses penyembuhan. Selain itu bahan bumbu yang satu ini pastinya juga mudah kan untuk anda dapatkan di dapur tiap rumah.

5. Obat tetes herbal

Anda juga bisa mencoba membuat obat tetes untuk menyembuhkan telinga yang sedang terkena infeksi dan juga bernanah. Anda hanya perlu menyiapkan cuka sari apel, minyak zaitun, minyak pohon teh, dan koloid perak kemudian campurkan semua bahan tersebut dengan takaran yang secukupnya.

Setelah tercampur dengan rata anda bisa langsung menggunakannya sebagai obat tetes pada bagian telinga yang mengalami berair dan berananah. Dan tunggulah hingga beberap saat kemudian lalu bersihkan sisa-sisa pada telinga. Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

6. Gunakan cotton bud

Jika tadi tidak disarankan untuk membersihkan telinga menggunakan cotton bud, justru ketika pengobatan dibutuhkan cotton bud untuk mengatasinya. Lakukan pengobatan ini dengan secara perlahan supaya infeksi tidak semakin parah atau bakteri akan terdorong lebih dalam pada telinga.

Cotton bud yang digunakan adalah cotton bud yang ujungnya kecil dan jangan menggunaka cotton bud berukuran besar. Yaitu dengan cara mengorek telinga beriar secara hati-hati menggunakan cotton bud itu.

7. Bawang putih

Selama ini bawang putih digunakan oleh sebagian banyak masyarakat hanya digunaka sebagai bumbu masak. Padahal bawang putih ini bisa mengatasi berbagai macam penyakit misalnya saja sebagai obat sakit gigi dan bisa digunakan untuk mengatasi telinga yang berair. Kandungan anti septik yang terdapat dalam bawang putih bisa mengatsi telinga yang berair dan bernanah. Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

Kandungan antiseptik itulah yang bisa membuat telinga berair itu bisa cepat sembuh. Untuk mengobati telinga berair dan bernanah dengan menggunakan bawang putih yaitu dengan cara sebagai berikut:

  • Siapkan beberapa siung bawang putih yang telah dikupas.
  • Dan rebuslah bawang putih dengan menggunakan air secukupnya hingga menjadi lunak
  • Ambil minyak abwang putih terseut dengan cara menumbuk kemudian menyaringnya.
  • Anda bisa meneteskan air bawang putih yang telah di saring pada catton bud atau kapas
  • Gunakanlah cotton bud atau kaps yang telah ditetesi minyak bawang putih itu untuk membersihkan telinga yang berair.

8. Minyak Zaitun

Siapa yang tidak kenal dengan minyak zaitun ini.  Minyak zaitun selama ini dikenal baik untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat minyak zaitun bagi kecantikan yaitu bisa mengatasi bibir pecah-pecah dan juga bisa menghaluskan kulit. Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

Untuk kesehatan minyak zaitun bisa digunakan untuk mengobati telinga yang berair. Campurkan minyak zaitun dan bunga mullein untuk mengobati telinga yang berair dan bernanah. Caranya adalah sebagai berikut ini :

  • Campurkan bunga mullein dengan minyak zaitun, aduk agar tercampur secara merata.
  • Diamkan selama semalaman.
  • Dan barulah anda bisa menggunakan ramuan ini sebagai obat tetes telinga untuk mengatasi telinga anda yang berair. Tapi anda hanya meneteskannya sedikit saja jngan berlebihan karena bisa memyebabkan telinga semakin parah. Cara Mengobati Telinga Berair Dan Bernanah

 

post by: herbal96

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.