Cara Menurunkan Darah Tinggi Dan Kolesterol

By | April 21, 2018

Cara Menurunkan Darah Tinggi Dan Kolesterol

cara menurunkan darah tinggi dan kolestrol

cara menurunkan darah tinggi dan kolestrol

Cara Menurunkan Darah Tinggi Dan Kolesterol –  Hipertensi atau darah tinggi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di srteri meningkat. Dengan meningkatnya tekanan darah bisa mengakibatkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Sistolik dan diastolik adalah alat pengukur tekanan darah tergantung apakah otot jantung berkntraksi di antara denyut. Jika darah anda normal pada istirahat adalah dalam kisaran sistolik 100-140 mmHg dan diastolik 60-90 mmHg. Bila tekanan darah tinggi secara terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Darah tinggi atau hipertensi bisa menyebabkan penyakit stroke, serangan jantung, gagal jantung, penyebab penyakit ginjal kronik dan lain-lainnya. Untuk memperbaiki kontor tekanan darah dan mengurangi risiko kompilkasi kesehatan anda bisa memulai dengan merubah pola makan dan gaya hidup.

  • Hipertensi sekunder

Hipertensi sekunder adalah hipertensi akibat penyebab yang jelas seperti penyakit ginjal atau penyaki endokrin. Misalnya obesitas pada dada dan perut, intoleransi glukosa, wajah bulat seperti bulan, punuk kerbau, dan striae ungu menandakan sindrom cushing.

Penyakit teroid dan akromegali juga bisa mengakibatkan hipertensi dan mempunyai gejala dan tanda yang khas. Bising perut mungkin anda sedang mengalami penyempitan arteri yang mengedarkan darah ke ginjal. cara menurunkan darah tinggi dan kolesterol 

Berkurangnya tekanan darah pada kaki atau lambatnya dan hilangnya denyut arteri fermoralis mungkin menandakan penyempitan aorta sesaat setelah meninggalkan jantung. Jika anda hipertensi akan merasakan sakit kepala, palpitasi, pucat, dan berkeringat.

  • Krisis Hipertensi

Meningkatnya tekanan darah yang sangat tinggi ( sistolik lebih atau sama dengan 180 atau diastolik lebih. Atau sama dengan 110 kadang disebut hipertensi maligna atau akselerasi, dan juga di sebut krisis hipertensi.

Bila tekanan darah diatas tingkat ini memiliki risiko yang tinggi untuk terjadinya komplikasi. Bila anda tekanan darah pada kisaran ini tidak akan memiliki gejala tapi lebih sering akan merasakan sakit kepala dan pusing dibandingkan dengan populasi umum.

Gejala yang akan dirasakan ketika anda menderita krisis hipertensi ialah berkurangnya penglihatan, atau sesak nafas karena gagal jantung atau rasa lesu karena gagal ginjal.

Penyebab Darah Tinggi

  1. Faktor Usia

Jika anda telah berumur diatas 60 tahun akan lebih berisiko terkena darah tinggi. Hal itu di karenakan elastisitas pembuluh darah tidak lagi stabil dan sangat berisiko. Untuk itu mulailah pencegahan sejak dini yang efektif agar dapat menyongsong masa tua dalam kesehatan dan kebugaran.

2. Makanan

makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah adalah makanan yang mengandung gula tinggi, kadar lemak berlebih atau yang mengandung kadar garam. Selain itu makanan juga mempengaruhi penyakit seperti hernia yang bisa terlihat semakin membesar dan akan sangat sakit.

3. Kebiasaan buruk

Berbagai kebiasaan buruk yang biasa anda lakukan yang dapat memicu meningkatnya tekanan darah tinggi seperti rorkok, alcohol, minuman bersoda, dan juga kebiasaan gadang atau tidur larut malam.

Karena ketidakstabilan kinerja darah dan pencemaran zat aktif pada saluran pembuluh darah yang mengakibatkan darah tinggi membahayakan dan akan lebih cepat terjadi hipertensi. Dan akan berisiko terkena asam urat karena faktor pola hidup yang tidak sehat. cara menurunkan darah tinggi dan kolesterol

4. Kegemukan

Saat anda mengalami kegemukan atau kelebihan berat badan bisa memicu darah tinggi. Dan akan berisiko terkena penyakit seperti gangguan ginjal, kolestrol dan juga jantung. Jika anda obesitas harus menyiapkan obat darah tinggi yang aman dan coco agar serangan hipertensi tidak menimbulkan gangguan pada organ lain.

5. Stress dan kurang beraktifitas

Jika anda kurang bergerak maka sistem peradaran darah akan tidak lancar bisa memicu tekanan darah ikut tidak lancar. Selain itu stress juga bisa meningkatkan tekanan darah anda menjadi naik.

Makanan yang bisa meningkatkan tekanan darah tinggi

  1. Garam

Jika anda ingin menjaga tekanan darah harus menghindari garam dan sodium. Ketika tekanan darah sudah mencapai 120 per 80 mmHg maka harus mewaspadai asupan garam yang dikonsumsi. Selain itu garam juga membuat anda mudah lapar sehingga konsumsi makanan lainnya pun meningkat.

2. Gula

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan gula yang pemicu utama penyebab obesitas. Gula dalam jumlah tertentu memang di butuhkan bagi tubuh. Namun jika di konsumsi secara berlebihan tidak akan baik bagi tubuh. Jika anda menderita obesitas biasanya akan terdapat tekanan darah tinggi sehingga gula dikaitkan dengan hipertensi atau penyakit darah tinggi. cara menurunkan darah tinggi dan kolesterol

3. Daging merah

Olahan dari bahan daging pasti anda akan menyukainya. Itu bisa dari daging kambing atau daging sapi. Daging merah bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Untuk mengontrol tekanan darah tinggi anda bisa mengurangi konsumsi makanan dari daging merah.

4. Kulit ayam

Pada kulit ayam terdapat kandungan minyak jenuh yang bisa menjadi penyebab hipertensi. Bahkan jika anda menderita hipertensi sangat tidak diperbolehkan mengonsumsi olahan kulit ayam dalam bentuk apapun.

Lemak jenuh atau lemak trans yang terdapat dalam kulit ayam juga kebalikan makanan rendah kolestrol. Jumlah kolestrol jahat yang tinggi ini akan membuat tekanan darah menjadi meningkat. Selain itu juga bisa memicu penyakit jantung koroner.

Jenis makanan olahan

  1. Daging atau ayam beku

Ketika anda sedang sibuk ketika ingin makan akan membeli daging atau ayam yang sudah berbumbu dalam keadaan beku karena sangat peraktis dan mudah. Tapi di balik semua itu ternyata ada banyak bahaya yang mengintai kesehatan anda dan keluarga. Di dalam daging yang beku terdapat sekitar 800 miligram sodium.

2. Sayur dan buah-buahan kaleng

Sayur dan buah-buahan sebagai sumber nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Namun hal ini tidak berlaku pada sayur atau buah pada kaleng. Bagi anda yang selalu sibuk buah dan sayur kaleng bisa menjadi alternatif yang sangat membantu.

Tetapi di dalam sayur dan buah yang sudah berada di kemasan kaleng terdapat banyak kandungan bahan pengawet, bumbu dan juga pastinya sodium di dalam bumbu dan bahan pengawet tersebut.

3. Mie instan

Jika anda sering mengonsumsi mi instan terlalu sering akan berdampak buruk pada kesehatan penyakit ginjal hingga hipertensi. Hal itu karena mi instan dan kuahnya mengandung bahan pengawet yang tidak sedikit dan bumbu serta sodium yang tidak sedikit. Bisa membuat tekanan darah menjadi tinggi dan untuk mencegahnya jangan terlalu sering mengonsumsi mi instan. cara menurunkan darah tinggi dan kolesterol

4. Makanan Chinese

Makanan Chinese banyak menggunakan saus yang banyak mengandung sodium. Kecap dan saus teriyaki akan terdapat pada makanan Chinese yang di dalamnya terdapat 1000 miligram sodium dan hanya dari satu sendok makan saja.

5. Jus kalengan

Kandungan jus tomat memang sangat baik bagi tubuh. Namun jika sudah dijadikan jus tomat kalengan akan banyak mengandung sodium. Satu cangkir jus tomat mengandung 600 miligram sodium. Selain itu jika anda mengonsumsi satu porsi spageti dan tambahan daging dan saus tomat bahkan bisa mengandung sodium sekitar 3000 miligram.

6. Acar

Garam sudah biasa digunakan untuk pengawet makanan. Garam dapat mencegah makanan dari kerusakan dan pembusukan sehingga makanan tersebut bisa tahan dalam waktu yang lama. Misalkan timun yang banyak manfaat bagi kesehatan bisa jadi membahayakan karena di rendam dalam garam yang nantinya akan di buat acar.

Obat alami untuk menurunkan darah tinggi

  1. Bawang putih

Karena bawang putih memiliki sifat pengencer darah sehingga sangat efektif untuk mengatasi hipertensi dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu bawang putih juga diuretik alami yang bisa mengatur kelebihan natrium dan air dari tubuh sehingga masuk urin. cara menurunkan darah tinggi dan kolesterol

  •  Anda bisa memakan mentah-mentah atau juga bisa dengan meletakan sepotong bawang putih di mulut kemudian anda hisap seperti permen selama 15 menit
  • Dan bisa juga dengan cara merendam 1-2 siung bawang putih kemudian minum air rendamannya
  • Selain itu anda juga bisa menumbuk bawang putih hingga halus lalu letakan di sepotong buah dan tutupi dengan madu.

2. Wortel

Kandungan anti-oksidan, beta karotin, vitamin A, vitamin C, yang terdapat dalam wortel bisa mengatasi tekanan darah tinggi. Antioksidan berperan sebagai mengurangi jumnlah radikal bebas penyebab kanker di tubuh. Selain itu mampu melindungi dari kerusakan pembuluh darah dan kematian sel.

Selain itu wortel juga mengandung elektrolit dan kalium yang tinggi. Jika ingin tekanan darah kembali normal dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh perbanyak mengonsumsi kalium. Kalium juga secara positif menetralkan efek negatif natrium.

Jika anda ingin menggunakan wortel sebagai obat alami darah tinggi sangat mudah. Anda hanya meminum jus wortel sebanyak 1-3 gelas sehari. Sebisa mungkin anda menggunakan wortel organik dan tidak menambahkan gula pada jus nya.

3. Tomat

Kandungan yang terdapat pada tomat yaitu beta karotin, vitamin E, kalium, dan antioksidan yang sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu tomat juga mengandung lycopene yang memiliki efek antioksidan dan mampu menurunkan kolestrol jahat. Serta mencegah penumpukan endapan lemak pada arteri hal tersebut bisa menyebabkan penyakit kordivaskular.

Anda hanya perlu memakan langsung tomat segar atau meminum jus tomat setiap hari. Dan anda harus menghindari saun tomat kemasan karena banyak mengandung sodium yang tinggi.

4. Saledri

Saledri merupakan sayuran berserat yang berperan sebagai deuretik yang mampu mengontrol kelebihan air di jantung dan tubuh sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

Untuk menggunakan ramuan ini yaitu dengan mencampurkan biji saledri ke dalam teh, mengonsumsi daun saledri, menambahkannya dalam masakan, atau meminum jus saledri segar sebanyak tiga kali sehari. cara menurunkan darah tinggi dan kolesterol 

5. Delima

Antioksidan yang tinggi seperti tanin, antosianin, fitokimia, flavonoid, polifenol, dan punicalagin merupakan kandungan yang terdapat dalam delima.

Fitokimia berperan sebagai antioksidan alami dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Selain itu flavonoid dan polifenol bisa melawan penyakit jantung dan kanker.

Senyawa yang bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi jantung adalah unicalagin. Selain itu juga bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah, menurunkan kolestrol jahat, meningkatkan kolestrol baik, menurunkan tekanan darah tinggi , dan membalikan efek penyumbatan arteri.

6. Kombinasi buah bit dan lobak

Kandungan asam nitrat yang terdapat dalam buah bit dan lobak bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dengan memperbaiki vasodilatasi. Setelah dicerna oleh tubuh asam nitrat akan berubah menjadi vasodilator nitrat oksida.

Asam nitrat juga berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah, mengatur tekanan darah, mengurangi peradangan endotel, dan agregasi platelet (memperbaiki sistem yang rusak).

Anda hanya perlu membuat jus dari campuran buah bit dan lobak kemudian minum sebanyak satu gelas setiap hari. Selain itu juga bisa menambahkan buah bit dan lobak pada masakan atau hidangan anda. cara menurunkan darah tinggi dan kolesterol

 

post by: herbal96.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.