Cara Menurunkan Hipertensi Dengan Semangka

By | Januari 12, 2018

Cara Menurunkan Hipertensi Dengan Semangka

Cara Menurunkan Hipertensi Dengan Semangka – Hipertensi Adalah sebuah penyakit yang juga di sebut sebagai darah tinggi atau tekanan darah melonjak naik. Sesuai dengan namanya, pasien hipertensi jika di lakukan test darah akan menunjukan tekanan yang cukup tinggi. Bahkan tidak sedikit sebab tekanan itu dapat berakibat fatal pada kesehatan.

3 Fakta Hipertensi

Fakta Pertama : Seseorang yang memiliki riwayat hipertensi sangat mudah sekali kambuh, bahkan hanya dengan faktor sepele saja, misalnya karena marah , hal itu bisa bverpengaruh sekaligus pada tekanan darahnya. Untuk itu, yang memiliki masalah hipertensi harus pintar menjaga mood, harus tetap rileks, jangan stress apalagi sakit. Sebab bisa mempengaruhi kesehatan lainnya.

Fakta kedua : Banyak yang menyepelekan hipertensi, padahal hipertensi itu bisa berakibat pada penyakit lain, tidak tanggung tanggung maslah jantung koroner, stroke atau kelumpuhan menjadi ancaman nyata dari penyakit hipertensi/ Cara Menurunkan Hipertensi Dengan Semangka

Fakta Ketiga : Tidak sedikit juga yang mengandalkan obat hipertensi yang di jual secara bebas di apotik dengan harga yang cukup murah. Parahnya, obat itu sering di konsumsi, bahkan setiap hari di konsumsi tanpa anjuran dokter. Pada kenyataannya cara menormalkan hipertensi tersebut terbilang salah kaprah

Ketiga fakta diatas menjadi cerminan kita, betapa bahayanya hipertensi dan betapa harus segera di lakukan penyembuhannya segera dengan tepat, tidak hanya cukup dengan obat biasa saja, namun juga dengan pola hidup yang lebih sehat. Salah satu cara mengobati hipertensi yang bisa di andalkan dan cukup efektif adalah dengan semangka, kenapa ?? simak dibawah ini:

Cara Menurunkan Hipertensi Dengan Semangka

Cara Menurunkan Hipertensi Dengan Semangka

Fakta membuktikan, makan semangka secara teratur ( tidak berlebihan ) mampu menjaga keseimbangan tekanan darah, sehingga sangat cocok untuk di konsumsi pasien hipertensi.

Siapa yang tidak suka semangka, buah dengan beragam warna ini cukup memikat karena rasanya yang manis dan segar, apalagi semangka tanpa biji, bikin lahap dalam memakannya. Semangka memiliki nama latin Citrullus lanatus termasuk suku timun timunan, buah ini berasal dari daerah tengah gurun afrika, dan kini di Indonesia pun sangat banyak yang menanam semangka.

Bagi banyak orang semangka adalah makanan yang menyenangkan musim panas. Penelitian terbaru sekarang nampaknya menunjukkan bahwa buah lezat ini juga bisa menjadi alat penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Berasal dari Afrika Tengah, buah ini tiba di Amerika pada awal tahun 1600-an dan telah mulai populer sejak saat itu. Menurut The University of Georgia sekitar 100 juta sekarang tumbuh setiap tahun di Amerika. Cara Menurunkan Hipertensi Dengan Semangka

Tekanan Mineral dan Darah

Garam atau sodium adalah mineral yang kebanyakan dokter akan meminta Anda untuk mengurangi untuk membantu Anda mengontrol tekanan darah Anda. Anjuran ini telah lama diperdebatkan di komunitas medis. Menurut Journal of American Medical Association , mengurangi asupan sodium memiliki efek terbatas dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan efek minimal pada orang dengan tekanan darah normal.

Namun, penelitian terbaru di Amerika Serikat menemukan bahwa asupan sodium moderat dikombinasikan dengan asupan kalium, kalsium dan magnesium yang lebih tinggi, mineral yang ditemukan pada buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak, menawarkan manfaat yang lebih signifikan untuk mengurangi tinggi. Tekanan darah dari sekedar membatasi asupan sodium. Keempat mineral, natrium, kalium, kalsium dan magnesium ini bekerja sama untuk mengatur tekanan darah. Cara Menurunkan Hipertensi Dengan Semangka

Dan sekarang, periset dari USDA Agricultural Research Service, Universitas Texas A & M, Universitas Nevada, dan Universitas Negeri Oklahoma , telah melaporkan bahwa kadar arginin dalam darah meningkat sebesar 22 persen setelah tiga minggu minum jus semangka setiap kali makan. Arginine adalah zat yang dibutuhkan untuk menghasilkan oksida nitrat, yang telah terbukti menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah dan melindungi terhadap infark miokard dan stroke.

Penelitian tersebut melibatkan 23 relawan yang menerima 1560 gram jus semangka per hari. Julie Collins, penulis utama studi tersebut, melaporkan bahwa para relawan menunjukkan bahwa tingkat puasa arginine telah meningkat 22 persen dalam tiga minggu. “Karena studi jus semangka tidak dilanjutkan lebih lama dari tiga minggu, tidak diketahui apakah kadar arginine akan tetap stabil pada tiga minggu atau jika akan terjadi peningkatan lebih lanjut dengan pemberian zat kimia yang berkepanjangan,” kata para peneliti. Cara Menurunkan Hipertensi Dengan Semangka

Oksida Nitrat dan Tekanan Darah!

Ramuan yang membantu meningkatkan kadar arginin dalam penelitian di atas adalah asam amino yang disebut citrulline. Sebenarnya, buah musim panas yang populer ini lebih kaya dengan citrulline daripada yang diperkirakan sebelumnya. Menurut Bhimu Patil, PhD, direktur Fruit and Vegetable Improvement Center di Texas A & M University, College Station, “Semangka memiliki lebih banyak citrulline di bagian yang dapat dimakan daripada yang diyakini sebelumnya.”

Tubuh Anda akan mengubah citrulline menjadi asam amino arginine. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, arginin adalah prekursor nitrat oksida . Oksida nitrat adalah molekul pensinyalan yang membantu mengatur sistem kardiovaskular. Bukankah menarik bahwa oksida nitrat, yang merupakan polutan lingkungan di luar tubuh, adalah molekul pensinyalan terpenting saat berada di dalam tubuh! Hal ini penting dalam membantu mengatur tekanan darah Anda.

Keuntungan tambahan dari semangka!

Nama buah ini, semangka, memberi kita gambaran yang jelas tentang apa itu terbuat dari semangka. Dari semua buah, itu mengandung persentase air terbesar , 93%. Sebenarnya, dua potong besar itu setara dengan satu gelas air. Kualitas menyegarkan dan melembabkan, seiring dengan rendahnya sumbangan energinya – hampir 20 kalori dalam 100 gram – membuat semangka, tanpa diragukan lagi, ratu buah-buahan pada waktu musim panas.

Semangka adalah diuretik yang sangat baik: mereka merangsang aktivitas ginjal dan meningkatkan produksi urin yang membantu penghapusan racun. Serat rendah dan kandungan lemaknya hampir tidak ada. Yang perlu diperhatikan adalah kandungan lutein karotenoid dan lycopene. Likopen, pigmen yang bertanggung jawab untuk warna merah pada buah tertentu, memiliki sifat antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Buah musim panas ini juga memberikan manfaat nutrisi sebagai berikut:

  • Sangat rendah lemak jenuh tanpa kolesterol
  • Sangat rendah sodium dan tinggi potassium
  • Sangat tinggi baik Vitamin C dan A (seperti beta karoten)
  • Mengandung lebih banyak lycopene daripada tomat
  • Membantu penyembuhan luka
  • Mengejar ngidam sambil membuat Anda merasa kenyang

Seperti yang dapat Anda lihat dari daftar ini dan apa yang telah kita bicarakan lebih awal, semangka membantu menurunkan tekanan darah, memiliki sifat antioksidan , melawan infeksi, membantu tubuh Anda pulih lebih cepat, dapat membantu pengelolaan berat badan , dan merupakan makanan yang menenangkan yang dapat menenangkan stres. Sekarang hanya soal memetik melon matang.

Cara Memilih Semangka yang Baik dan bagus

Semangka yang tumbuh di tempat terbuka dewasa antara akhir musim semi dan awal musim panas, mencapai puncaknya selama musim panas. Untuk mengetahui apakah itu sudah matang, “ketuk” pada kulitnya; Jika kedengarannya berongga berarti buahnya penuh dengan air, matang, dan siap agar seluruh keluarga bisa menikmati citarasanya yang manis. Beli potongan kulit mereka yang tidak rusak dengan memar atau penyok.

Jika Anda membeli semangka utuh, Anda bisa menyimpannya di luar kulkas selama sekitar dua minggu karena kulitnya yang tebal melindungi buah dalam. Tapi begitu Anda memulainya, simpan di kulkas, terbungkus dengan baik sehingga tidak kehilangan kandungan airnya.

Semangka sekarang lebih dari sekedar mengobati musim panas yang hebat. Mengingat pasar global kita, Anda tidak perlu menunggu sampai musim panas untuk menikmatinya. Ini bisa menjadi bagian dari makanan Anda sepanjang tahun. Jadi mulailah menikmati buah lezat ini yang menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan untuk membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit. Seperti yang dikatakan Dan, “Sampai lain kali, semoga kita sama-sama muda usia!”

Semoga hari mu menyenangkan, Itulah informasi yang bisa di sampaikan, semopga bisa membantu 🙂

salam sehat : Herbal96.com

5 thoughts on “Cara Menurunkan Hipertensi Dengan Semangka

  1. Tita

    Wah jadi ini kegunaan lain dari buah semangka, artikel yang sangat bermanfaat. Terima kasih sudah berbagi

    Reply
    1. admin Post author

      iya, semangka itu sangat banyak sekali manfaatntya, sama sama

      Reply
  2. Mismanto

    setelah saya coba emang bagus sekali buat penderita darah tinggi…makasik infonya.🙏

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.