Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

By | Juli 21, 2018

Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

cara menurunkan kadar ureum dan kreatinin tinggi

cara menurunkan kadar ureum dan kreatinin tinggi

Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi – Sisa produksi  metabolisme yang dibuang oleh ginjal melalui urin dan akan menyisakan sedikit dalam darah yang disebut dengan kadar ureum dan kreatinin. Apabila ginjal anda mengalami gangguan maka akan memicu terjadinya peningkatan kadar kreatinin dan ureum. Dalam kondisi normal kadar ureum dalam darah <30 mg/dl sedangkan kreatinin <1,5 mg/dl. Dan biasanya standar nilai normal ini berbeda-beda antara laboratorium.

Anda akan sangat rentan untuk mengalami peningkatan kedua parameter ini jika menderita hipertensi menahun yang tidak terkontrol, diabetes militus, batu ginjal, radang ginjal, infeksi ginjal, dehidrasi, dan yang lainnya. Apabila anda mengin mengetahui kadar ureum dan kreatinin di dalam tubuh segeralah periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam.

Meskipun sebagai zat sisa kadar kretinin ini memiliki manfaat yaitu untuk mendeteksi kesehatan ginjal, kesehatan hati dan kesehatan prankeas. Sehingga kadar kreatin dalam tubuh sangat menentukan ukuran kesehatan ginjal. Namun jika kadar kreatinin ini tinggi maka akan memicu masalah atau gangguan pada ginjal. Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

Kreatinin ini salah satu zat sisa yang dihasilkan dari proses metabolisme sehingga harus dikeluarkan dalam tubuh. Namun jika zat tersebut tidak dikeluarkan makan akan menyebabkan tubuh menjadi tidak berfungsi dengan baik. Penyebab utama meningkatnya kadar kreatinin ialah disebabkan oleh penyakit gagl ginjal akut ataupun gagal ginjal kronis.

Jika didalam tubuh anda mengalami kenaikan kadar ureum dan kreatinin maka akan merasakan dehidrasi, badan yang terasa lelah meskipun tidak melakukan aktivitas, adanya pembengkakan, sesak napas, merasa kebingungan, dan kulit kering serta merasa mual dan ingin muntah.

Akibat kreatinin tinggi

  1. Menderita anemia atau gejala anemia

Tubuh yang kelebihan akan kadar kreatinin akan menyebabkan timbulnya gejala anemia atau langsung penyakit anemia. Apalagi jika tubuh anda mengalami penurunan kadar darah merah sehingga serangan anemia akan lebih mudah terjadinya karena berlebihnya kretinin. Gejala yang akan anda rasakan ketika kadar kretinin didalam tubuh tinggi ialah badan terasa lemas, letih dan yang lainnya. Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

2. Tergangguanya perkembangan janin

Kadar kreatinin yang tinggi juga akan berdampak buruk pada kehamilan dan membahayakan kesehatan ibu ataupun perkembangan bayi itu sendiri. Maka dari itu anda yang sedang hamil harus mewaspdai keadaan tubuh supaya jika terjadi peningkatan kadar kreatinin yang berlebih bisa melakukan pengobatan sedini mungkin sehingga akan terhindar dari gangguan tertentu.

3. Terkena perikarditis

Penyakit perikarditis merupakan suatu kondisi dimana adanya peradangan dari membran kantung yang terjadi pada organ yang diselimuti kantung seperti hati. Bahkan jika anda mengalami kondisi terseburt akan mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya karena kinerja ginjal sudah pasti terganggu yang disebabkan oleh peradangan tersebut. Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

4. Kerusakan pada bagian ginjal

Tanda utama terjadinya kerusakan ghinjal ialah meningkatnya kadar kreatinin didalam tubuh sehingga akan memperburuk kondisi ginjal. Kondisi tersebut dikarenakan ginjal akan bekerja keras untuk mernyaring zat kreatinin dari darah, secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan kerusakan sehingga tubuh membutuhkan transplantasi atau dialisis untuk mempertahankan kehidupan seseorang.

5. Respon imun menurun

Anda juga akan mengalami penurunan kekuatan sistem imun tubuh ketika kadar kreatin meningkat sehingga tubuh anda menjadi rentan terkena infeksi atau serangan virus dan bakteri. Kondisi tersebut sangatlah berbahaya karena di lingkungan kita pasti ada virus ataupun bakteri.

Cara menurunkan kadar kretinin dan ureum

  1. Minum teh dari akr dendelion dan daun jelatang

Jika anda mengalami peningkatan kadar ureum dan kreatin di dalam tubuh maka bisa mengatasinya dengan cara meminum teh herbal. Untuk membuat teh herbal anda ahanya perlu menyiapkan akar dandelion dan daun jelatang yang snagat berkhasiat tinggi untuk menurunkan kadar kretinin dan ureum. Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa teh herbal yang terbuat dari akar dendelion dan daun jelatang bisa menurunkan kadar kreatinin dan ureum. konsumsilah teh herbal ini secraa rutin sehari dua kali supaya menapatkan hasil yang optimal. Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

2. Memanfaatkan kunyit

Tidak hanya mengobati penyakit asma kunyit jugabisa kita manfaatkan untuk mengatasi kreatinin dan ureum tinggi. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ramuan dari kunyit ini akan memberikan perlindungan terhadap tubuh secara maksimal karena kandungannya. Untuk menurunkan kadar kreatinin dan ureum dengan menggunakannya anda hanya perlu meminum air rebusan dari kunyit secara rutin hingga kadar tersebut menurun. Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

3. Memakai kayu manis

Biasanya masyarakat menggunakan kayu manis sebagai bumbu masakan, namuan selain itu kayu manis juga bisa diolah menjadi ramuan herbalk untuk menurunkan kadar kreatinin yang tinggi. Cara menggunakan anda hanya perlu memsukan kayu manis ini kemenu minuman anda sehari-hari supaya menurunkan kadar kreatinin dan ureum secara efektif.

4. Menggunakan lemon

Vitamian c yang cukup tinggi didalam buah lemon yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda. Anda yang sedang mengalami peningkatan kadar kreatinin dan ureum sangat disarankan untuk mengonsumsi buah lemon ini secraa rutin karena kandungan yang dimilikinya bisa menurunkan kadar tersebut. Tidak hanya kandungan yang terdapat dalam buah lemon juga dapat memberikan perlindungan bagi sisa fungsi ginjal, namuan konsumsialh ramuan dari lemon secraa teratur. Karena jika anda mengonsumsi ramuan tersebut secara berlebihan bisa membahayakan kesehatn tubuh.

5. Memakai paprika merah

Dengan mengonsumi sayuran jenis ini secara rutin tubuh akan terlindungi dari berbagai jenis penyakit maupun efek jahat dari radikal bebas. Hal ini dikarenakan paprika merah mmeiliki kandungan antioksidan. Masalah ginjal pasti akan terjadi jika kadar kreatinin didalam tubuh meningkat maka untuk mengatasi hal tersebut anda hanya perlu mengonsumsi paprika merah karena bisa meningkatkan kembali kinerja ginjal. Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

6. Menjaga asupan cairan

Ternyata dehidrasi juga termasuk salah satu penyebab naiknya kadar kreatinin dan ureum. Maka dari itu anda harus memenuhi asupan cairan didalam tubuh . Cara yaitu dengan meminum sebanyak 6 sampai 8 gelas atau 2 liter setiap harinya. Karena tubuh yang kekurangan cairan bisa memicu terjadinya gangguan pada organ ginjal.

7. Menjaga aktivitas

Jika anda sering melakukan aktivitas berat seperti melakukan olahraga angkat besi bisa meningkatkan naiknya kadar kreatinin dan ureum. Pada dasarnya tubuh manusia ini akan mengubah makanan menjadi tenaga melalui latihan berat. Padahal kondisi tersebut akan membuat lebih banyak pembentukan kreatinin. Maka dari itu anda harus bijak dalam melakukan aktivitas fisik, jangan berlebihan dan jangan pula tidak olahraga karena itu tidak baik namun harus seimbang.

8. Memanfaatkan mentimun

Tidak hanya kaya akan kandungan air mentimun juga memmiliki zat baik yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kretinin sekaligus ureum dan mempunyai agen diuretik. Bahkan ada sebuah peneltian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi mentimun secraa rutin bisa mengurangi racun dalam tubuh. Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

9. Labu pahit

Agen diuretik yang terdapat dalam labu pahit sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kretanin dengan baik. Labu pahit juga akan membuat ginjal tenstimulasi supaya lebih banyak dalam memproduksi urine sehingga limbah dan racun terbuang dari tubuh.

10. Mempertimbangkan Penggunaan salvia

Banyak orang yang belum mengetahui salvia, padahal salvia ini merupakan bentuk jamu yang sangat bermanfaat untuk menaikan laju filtrasi glomerulus. Bahkan dengan mengonsumsi jamu ini secraa teratur ginjal anda akan kembali berfungsi dengan baik karena jamu ini memiliki kandungan lithospermate B. Namun lebih baiknya lagi berkonsultasi dulu kepada dokter supaya tau jumlah yang harus dikonsumsi. Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

Manfaat daun pisang untuk kesehatan tubuh

  1. Mengobati gigitan serangga

Apabila kulit anda terkena gigitan serangga maka bisa mnegatasinya dengan menggunakan daun pisang. Di dalam daun pisang terdapat kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mengobati gigitan serangga. Tidak hanya itu kandungan tersebut juga berguna untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit.

2. Mengatasi iritasi pada kulit

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa daun pisang ini bisa mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Untuk menggunakan daun pisang sebagai obatnya maka anda harus mengekstrak daun pisang dan tambahkan sedikit minyak zaitun serta aduklah hingga rata. Setelah itu barulan anda oleskan ramuan tersebut pada bagian kulit yang mengalami iritasi dan lakukanlah perawatan ini secara rutin supaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

3. Meregenerasi sel kulit

Kandungan alami yang terdapat dalam daun pisang bermanfaat untuk membantu mengganti sel-sel kulit mati. Kandungan tersebut ialah senyawa allantolin yang berfungsi untuk meregenerasi sel kulit. Tidak hanya itu kandungan tersebut juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

4. Meredakan demam

Anda juga bisa menggunakan daun pisang untuk mengatasi demam. Cara membuat ramuannya anda hanya perlu menyediakan sehelai daun pisang yang sebelumnya sudah dibersihkan lalu oleskan minyak kelapa secara merata. Setelah itu terapkanlah daun pisang tersebut pada bagian dahi. Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

5. Menjaga kesehatan rambut

Apabila anda mengalami gangguan pada bagian rambut seperti banyaknya ketombe. Untuk membuatnya anda hanya perlu menumbuk daun pisang hingga menjadi halus lalu gunakanlah sebagai masker rambur pada saat keramas. Lakukanlah perawatan ini secara rutin supaya ketombe dirambut anda hilang.

6. untuk mengatasi mimisan

Daun pisang juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi pendarahan seperti mimisan. Untuk menggunakan daun pisang anda hanya perlu memasukannya pada lubang hidung. Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

7. Mengobati disentri

Daun pisang juga bisa membantu menghentikan peradangan pada usus yang menyebabkan keluarnya darah ketika buang air besar karena didalamnya terdapat senyawa aktif. Untuk membuat ramuannya anda harus menyiapkan daun pisang secukupnya yang sudah bersih.

Lalu rebuslah dengan menggunakan air hingga mendidih. Kemudian saring dan tuangkan poda wadah serta tunggulah hingga beberapa saat supaya menjadi hangat. Setelah itu barulah anda bisa meminumnya dan konsumsilah ramuan ini secraa rutin supaya mendapatkan hasil yang optimal.

8. Mengobati sakit tenggorokan

Anda juga bisa menggunakan daun pisang untuk mengoba

ti sakit tenggorokan seperti nyeri saat menelan makan atau minuman. Kandungan alami yang terdapat dalam daun pisang bisa meredakan rasa nyeri itu. Yaitu dengan cara menyiapkan daun pisang secukupnya yang sudah dibersihkan, lalu rebuslah dengan menggunakan air hingga mendidih. Setelah jadi minumlah air rebusan tersebut satu kali dalam sehari secara rutin. Cara Menurunkan Kadar Ureum Dan Kreatinin Tinggi

 

post by: herbal96

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.