Ciri-Ciri Ligamen Lutut Robek

By | Mei 10, 2018

Ciri-Ciri Ligamen Lutut Robek

ciri-ciri ligamen lutut robek

ciri-ciri ligamen lutut robek

Ciri-Ciri Ligamen Lutut Robek – Lutut terdiri dari beberapa jenis ligamen diantaranya adalah LCL (Lateral Collateral Ligament), MCL (Media Collateral Ligament), PCL (Posterior Cruciate Ligament), dan ACL (Anterior Crusiate Ligament). Dua ligamen yang berada di sisi luar bagian kanan dan kiri yaitu ligamen MCL dan LCL. Sedangkan yang berada di bagian dalam yaitu PCL dan ACL.

Ligamen yang terdapay pada lutut ini berfungsi untuk mengendalikan gerak lutut. LCL dan MCl akan membatasi gerak lutut ke kanan dan ke kiri, sedangkan PCL dan ACL akan membatasi gerak lutut ke depan dan ke belakang. Apabila anda mengalami putus ligamen diantara kempat ligamen itu maka akan menyebabkan lutut yang bergerak tidak semestinya.

Anda bisa mengalami cedera ACL apabila menerima tekanan yang terlalu besar dari arah depan. Pada saat ligamen ACL mengalami cedera maka akan tidak sanggup menahan beban yang akhirnya mengakibatkan ligamen robek atau putus.

Pada saat ligamen ACL mengalami cedera maka tidak ada lagi jaringan ikat yang membatasi pergerakan lutut ke depan. Sehingga ketika anda mengalami cedera ini lutut akan dapat maju dan mundur. Dan akhirnya anda akan berjalan dengan tidak normal. Ciri-Ciri Ligamen Lutut Robek

Ciri-ciri ligamen lutut mengalami cedera

Namun jika anda mengalami cedera ligamen lutut anterior yang terjadi secara tiba-tiba atau akut dan cukup parah dan di bawah ini adal gejala yang mungkin akan dirasakan:

  • Ketika anda mengalami cedera akan mendengar atau terasa suara seperti klick
  • Dan anda akan merasakan lutut tidak stabil, seperti terasa goyang atau terlepas. Anda bisa merasakan hal ini apabila setelah melakukan seperti melompat, mengubah arah gerakan, atau terjadi benturan pada lutut.
  • Nyeri yang terasa di bagian luar dan belakang lutut.
  • Terjadi pembengkakan pada lututdan bisanya pembengkakan ini muncul beberapa saat setelah terjadinya cedera yang menandakan adanya perdarahan pada sendi. Pada saat cedera dan langsung mengalami pembengkakan dapat mengindikasika bahwa cedera ligamen yang anda dapatkan cukup parah
  • Gerakan lutut terasa terbatas.

Jika anda mengalami cedera ligamen anterior kronis atau yang dikenal dengan defisiensi ligamen lutut anterior kronis. Hal ini akan menyebabkan ligamen anterior menjadi sulit untuk mengontrol gerakan lutut. Sehingga akan mengakibatkan tulang kering dan tulang paha menjadi lebih sering bergeser, dan lutut menjadi lebih tidak stabil.

Defisiensi ligamen lutut anterior kronis juga dapat menyebabkan kerusakan pada tulang rawan yang menyusun persendian lutut, yang kemudian meningkatkan risiko terjadinya osteoarthritis dini (premature osteoarthritis). Ciri-Ciri Ligamen Lutut Robek

Penyebab cedera ligamen lutut

Jika anda sering melakukan aktivitas tertentu yang cendrung dapat mencedrai ligamen lutut. Anda bisa menglami cedera ligamen yang diakibatkan dari adanya penekanan pada ligamen yang mengakibatkan ligamen merenggang terlalu lebar. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan ligamen robek atau patah. Dan dibawah ini adalah beberpa penyebab yang bisa mengakibatkan cedera ligamen otot:

  1. Melompat dan mendarat dengan cara yang salah

Apabila anda sering melakukan olahraga seperti basket, voly ball, bulu tangkis dan lain-lainnya yang sering melakukan gerakan lompat atau mendarat. Maka anda harus mempunyai teknik yang benar ketika melompat dan mendarat apabila teknik yang anda gunakan salah bisa mengakibatkan cedera ligamen pada lutut. Obat Ligamen Robek

Tidak hanya olahraga itu saja anda juga dapat terkena cedera pada ligamen apabila sering melakukan olahraga sepak bola, , pasenam, pemain sky, dan atlet-atlet lainnya. Jadi jika anda seorang atlet harus lebih berhati-hati pada saat anda melakukan aktivitas dan pastikan teknik yang Anda gunakan benar.

2. Memutar lutut dengan kaki yang satunya di tahan

Anda juga bisa terkena cedera apabila memutar lutut dengan kaki yang ditahan sehingga dapat mengakibatkan cedera pada ligamen karena adanya tekanan pada ligamen tersebut. Ciri-Ciri Ligamen Lutut Robek

3. Gerakan lutut yang terlalu jauh

Gerakan lutut yang memperluas atau yang terlalu jauh juga bisa memicu timbulnya cedera pada ligamen karena memperluas gerakan lutut terlalu jauh membuat ligamen terlalu renggang sehingga dapat menyebabkan ligamen sobek atau patah.

Dan dibawah ini adalah penyebab-penyebab yang memungkinkan anda terkena cedera ligamen lutut anterior:

  • Berjenis kelamin perempuan. Wanita lebih mungkin mengalami cedera ligamen lutut anterior dibandingkan pria.
  • Berkurangnya massa otot akibat penuaan atau kurang beraktivitas fisik.
  • Memiliki otot dengan ukuran yang tidak seimbang. Contohnya jika otot-otot paha depan (quadriceps) lebih besar dan kuat dibanding otot-otot paha belakang (hamstring).
  • Memiliki riwayat pernah mengalami cedera ligamen lutut anterior. Ciri-Ciri Ligamen Lutut Robek

Cara mendiagnosis cedera lutut

Jika anda ingin cedera ligamen tidak bertambah parah harus melakukan diagnosis sesegera mungkin setelah timbul gejala cedera ligamen. Pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis cedera ligamen lutut anterior antara lain adalah:

  •  pengecekan riwayat medis

Pada kondisi ini dokter akan bertanya pada anda tentang riwayat cedera lutut apabila ada, kronologis terjadinya cedera, dan meninjau kondisi kesehatan penderita secara umum.

  •  Pemeriksaan fisik

Hal ini akan dilakukan dokter untuk mengecek lutut antara lain kestabilan, kekuatan, gerakan, pembengkakan, dan pengerasan lutut. Untuk membandingkan dan menilai kegoyahan tempurung lutut biasanya dokter akan melakukan tes lachman dan tes pivot shift.

  •  Memeriksakan cairan sendi pada lutut

Untuk memeriksa cairan sendi pada lutut dapat dilakukan dengan memeriksa kondisi fisik lutut. Gejala ini biasanya akan menimbulkan kemerahan, terasa hangat, atau terjadinya pembengkakan pada lutut. Jika ketiga gejala tersebut muncul. Penyedotan cairan di dalam sendi bisa anda gunakan karena bisa meringankan nyeri dan rasa tertekan pada lutut, aspirasi cairan lutut juga dapat diperiksa untuk:

– Mendeteksi adanya peradangan atau infeksi pada lutut.

– Mendeteksi adanya robekan ligamen, yaitu jika terdapat darah pada cairan sendi

-Apabila terdapat gumpalan lemak pada cairan lutut hal ini mendeteksikan bahwa adanya patah tulang fraktur. Ciri-Ciri Ligamen Lutut Robek

  • Tes artrometrik

 Anda bisa mekukan tes untuk mengetahui kebebasan gerakan lutut dengan menggunakan sensor yang ditempelkan pada lutut. Tes ini dapat diterapkan pada anda yang mengalami cedera ligamen lutut yang sulit diperiksa melalui pengecekan fisik, terutama akibat nyeri dan pembengkakan yang terjadi.

  •  Artroskopi

Untuk melihat kondisi didalam lutut anda menggunakan artroskopi yaitu dengan memasukkan alat teropong kecil dengan kamera di ujungnya, melalui sayatan (insisi) kecil yang dibuat pada daerah lutut.

Anda juga bisa menggunakan atroskopi untuk melakukan pembedahan pada lutut untuk kasus cedera ligamen anterior tertentu. Anda bisa langsung melakukan perbaikan pada lutut jika ada robekan ligamen anterior yang ditemukan oleh atroskopi. Ciri-Ciri Ligamen Lutut Robek

Cara mengobati cedera ligamen lutut

  1. Kompres dengan es

Ketika mengalami cedera cedera lutut yang belum parah anda bisa menggunakan kompres es pada lutut. Untuk meredakan inflamasi serta rasa nyeri yang ditimbulkan sama seperti cara mengobati kaki bengkak akibat kecelakaan.

Masukkan es yang sudah dihancurkan dalam plastik lalu kompres lutut selama 20 menit dan ulangi sebanyak 4 sampai 8 kali sehari.Tapi anda jangan menggunakan kompres es ini lebih dari 20 menit karena bisa mengakibatkan radang beku.

2. Bungkus dengan perban elastis

Anda juga bisa membungkus area lutut dengan perban elastis selama beberapa hari untuk mengurangi bengkak karena cedera lutut. Pastikan balutan perban benar benar kuat supaya bisa menyangga lutut dengan baik dan menjaganya untuk tidak bergerak terlalu banyak namun jangan sampai menghalangi sirkulasi darah anda. Ciri-Ciri Ligamen Lutut Robek

Saat pergi tidur, lepas perban tersebut sehingga sirkulasi darah bisa berjalan lancar. Selain itu, pada saat tidur area lutut juga sangat jarang bergerak sehingga perban tersebut boleh dilepas.

3. Jahe

Walaupun jahe memiliki efek samping untuk anda yang perlu diketahui dan di waspadai. Apabila cedera lutut yang terjadi disebabkan oleh tegang otot, luka atau artritis, anda bisa memakai jahe sebagai obat efektif untuk menyembuhkannya. Senyawa anti inflamasi yang terkandung dalam jahe akan mengurangi bengkak dan rasa sakit pada area lutut yang cedera tersebut.

  • Haluskan 1 potong jahe segar lalu rebus dengan 1 gelas air selama 10 menit.
  • Saring air rebusan dan tambahkan dengan sedikit madu dan sari lemon.
  • Minum air rebusan tersebut sebanyak 2 sampai 3 cangkir setiap hari sampai sembuh.
  • Cara kedua, pijat area cedera lutut dengan minyak jahe sebanya 2 sampai 3 kali sehari.

4. Kunyit

Tidak hanya dijadikan untuk bumbu masak kunyit juga bisa menjadi obat alami yang efektif untuk mengatasi cedera lutut. Karena kunyit mengandung zat kimia yakni curcumin yang bersifat anti inflamasi serta antioksidan tinggi sehingga ampuh dipakai untuk mengurangi rasa sakit cedera lutut.

  • Campur 1 1/2 sendok teh jahe dengan 1 cangkir air lalu rebus selama 10 menit.
  • Saring air rebusan dan tambahkan sedikit madu dan minum 2 kali sehari.
  • Apabila anda mengkonsumsi obat pengencer darah, hindari pemakaian kunyit karena bisa mengurangi kadar darah dalam tubuh. Ciri-Ciri Ligamen Lutut Robek

5. Lemon

Selain memiliki rasa yang menyegarkan lemon juga bisa menyembuhkan cedera lutut dan nyeri lutut karena arthritis atau lainnya karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dan asam sitrat yang terdapat di dalam lemon berfungsi sebagai pelarut kristal asam urat yang bisa menimbulkan cedera serta rasa sakit pada lutut.

  • Potong buah lemon segar menjadi beberapa potong kecil.
  • Bungkus potongan lemon dengan kain katun dan masukkan ke dalam minyak wijen yang sudah dihangatkan.
  • Tempelkan kain tersebut pada lutut selama 5 sampai 10 menit.
  • Lakukan cara ini 2 kali sehari sampai cedera lutut sembuh.
  • Cara kedua, minum jus dari 1 buah lemon yang dicampur dengan 1 gelas air hangat saat perut kosong di pagi har

Cara mencegah cedera ligamen lutut

Untuk mencegah cedera ligamen anda bisa menggunakan metode efektif untuk mencegah terjadinya cedera ligamen lutut anterior yaitu dengan memperkuat otot tungkai terutama otot-otot paha depan dan otot-otot pada belakang. Selain itu, cedera ligamen lutut anterior dapat dicegah dengan melakukan hal-hal sebagai berikut: Ciri-Ciri Ligamen Lutut Robek

  • Menghindari menggunakan sepatu dengan pelat logam pada olahraga yang melibatkan kontak fisik terutama kaki.
  • Menghindari menggunakan sepatu hak tinggi.
  • Menghindari olahraga yang melibatkan banyak kontak fisik kaki atau gerakan berputar.

Apabila anda pernah mengalami cedera ligamen lutut anterior, kejadian cedera kedua dapat dihindari dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  • Memperkuat lutut yang pernah mengalami cedera dengan menjalani latihan fisik selama masa rehabilitasi. Jenis dan intensitas latihan harus sesuai dengan anjuran dokter.
  • Anda harus mengubah teknik pada saat berolahraga untuk terhandar dari menumpuknya beban pada lutut yang sedang cedera
  • Menghindari melakukan olahraga yang memiliki risiko tinggi terjadinya cedera tungkai.
  • Menggunakan brace lutut pada saat melakukan aktivitas fisik berat. Meski demikian, alat tersebut hanya dapat digunakan jika penderita sudah menjalani rehabilitasi lutut.
  • Untuk menghindari cedera anda harus melatih tubuh untuk mnembiasakan gerakan mendarat dengan lutut ditekuk. Ciri-Ciri Ligamen Lutut Robek

 

post by: herbal96

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.