Efek Negatif Berjemur Di Pantai Pada Kulit

By | Oktober 30, 2018

Efek Negatif Berjemur Di Pantai Pada Kulit

efek negatif berjemur di pantai pada kulit

efek negatif berjemur di pantai pada kulit

Efek Negatif Berjemur Di Pantai Pada Kulit – Kulit coklat dan sehat atau kulit tanned memang bisa membuat penampilan nampak lebih seksi.

Cara paling mudah untuk mendapatkan kulit tanned secara alami ialah dengan berjemur dibawah matahari. Biasanya dilakukan saatberjemur di pinggir pantai atau tepi kolam renang.

Bagi anda yang berjemur di pantai atau melakukan aktivitas outdoor mungkin secara tidak sadar membiarkan cahaya UV masuk kedalam kulit lebih intens.

Jika sudah begini, tahukan anda bahwa berjemur atau berada di bawah paparan sinar matahari terlalu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit anda.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa, berada di bawah sinar matahari selama satu menit saja bisa menyebabkan kerusakan pada kulit anda. Efek Negatif Berjemur Di Pantai Pada Kulit

Perlu anda ketahui jika sinar radiasi ultraviolet yang menyerap ke dalam DNA anda akan tetap bekerja selama berjam-jam, walaupun anda tidak lagi berada di bawah sinar matahri.

Memang anda akan mendapatkan vitamin D dari cahaya matahari, jika berjemurnya di bawah jam 9 pagi. Namun jika anda berjemurnya di siang hari, apalagi dalam jangka waktu yang lama maka bisa memicu terjadinya berbagai gangguan pada kulit seperti yang di bawah ini:

  • Ruam pada kulit

Ruam atau kemerahan pada kulit merupakan hal yang paling sering terjadi pada kulit anda jika terlalu lama terpapar sinar matahari.

Warna kemerahan yang timbul pada kulit merupakan bentuk iritasi dari radiasi ultraviolet. Dalam keadaan tersebut kulit anda tidak bisa memproduksi keringat sehingga keringat terperangkap di bawah kulit dan menyebabkan biang keringat. Mulanya akan terlihat seperti butiran-butiran keringat kecil, selanjutnya ruam-ruam ini meradang dan terasa gatal.

  • DNA kulit akan rusak

Pada dasarnya matahari ini memancarkan sinar UV A dan UV B. Ketika anda terpapar sinar matahari, tubuh akan memproduksi melanin yang bisa memberi warna pada kulit untuk melindunginya. Efek Negatif Berjemur Di Pantai Pada Kulit

Walaupun terlihat cantik, sebenarnya perubahan warna ini menunjukan bahwa kulit sedang terbakar. Maka dari itu anda sangat dianjurkan mengoleskan krim tabir surya guna menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

Jika anda tidak menggunkan krim tersebut, maka sinar UV B akan menembus hingga lapisan terdalam kulit dan merusak sel kulit didalamnya.

  • Sunburn

Sebagian besar orang beraanggapan bahwa rasa panas dan nyeri seperti terbakar hanyalah efek sementara yang dihasilkan oleh sengatan sinar matahari.

Cara menghilangkan rasa panas tersebut ialah dengan mengompres bagian yang terbakar dengan air dingin atau pelembab.

Tapi jika anda membiarkan kulit terbakar terus menerus karena sengatan matahri, maka lama kelamaan kulit bisa terkena infeksi hingga kanker kulit. Efek Negatif Berjemur Di Pantai Pada Kulit

  • Merusak elastisitas kulit

Sama halnya dengan sinar UV B, sinar UV A juga bisa memberi dampak buruk pada kulit yang nggak terlindung. Paparan sinar matahari yang terlalu lama akan merusakan kolagen serta membuat kulit kehilangan elastisitasnya sehingga kulit anda menjadi nampak kering.

  • Warna kulit tidak merata

Warna kulit yang tidak merata atau biasanya disebut dengan pigmentasi kulit merupakan salah satu dampak buruk dari sengatan ultraviolet yang berlebihan.

Radiasi unltraviolet ini bisa mengakibatkan perubahan secara permanen pada pembuluh darah kecil (kapiler) pada tubuh. Sehingga bisa menyebabkan sebagian tubh anda terlihat lebih gelap, secra keindahan tentunya hal ini snagat mengganggu penampilan di kulit wajah dan tubuh anda.

  • Penuaan dini

Tanda-tanda penuaan yang paling umum dirasakan ialah keriput. Keriput tersebut tidak hanya di sebabkan karena perubahan hormon saja.

Radiasi ultraviolet yang masuk ke lapisan dermis kulit, bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel lapisan dermis itu. Selain keriput, penuaan dini juga akan disertai dengan tanda-tanda lainnya seperti timbulnya bintik hitam akibat radiasi ultraviolet.

  • Kanker kulit

Kanker kulit merupakan bahaya yang paling mengerikan akibat terlalu lama tersengat matahari. Hal ini dikarenakan paparan ultraviolet bisa menyebabkan terjadinya kerusakan fotokomia pada DNA dari sel-sel tubuh anda.

Kondisi tersebutlah yang akan memicu terbentuknya kanker, seperti kanker karsinoma sel basal dan kanker melanoma. Walpaun tidak semua kanker kulit disebabkan oleh radiasi ultraviolet. Tapi mayoritas penyebab dari jutaan kasus kanker kulit di dunia berasal dari paparan atau sengatan sinar matahari.  Efek Negatif Berjemur Di Pantai Pada Kulit

  • Merusak pembuluh darah

Pembuluh darah yang berada di dekat lapisan kulit paling luar juga akan mudah terkena dampak buruk dari sengatan sinar matahari.

Ketika anda berjemur, tubuh akan berusaha untuk mengontrol kulit guna tetap dalam tempratur normal dan menenangkannya. Jika anda berjemur terlalu lama, mka bisa membuat pembuluh darah bekerja terlalu kuat serta bisa merusaknya.

Cara alami untuk menjaga kesehatan kulit

Minum air putih minimal 2 liter per hari

Cara alami pertama yang sangat baik untuk merawat kulit ialah dengan rajin minum air putih minimal 2 liter perhari atau 8 gelas.

Pastikan bahwa jumlah tersebut di luar asupan cairan yang berasal dari sayuran ataupun buah-buahan. Sama halnya dengan organ-organ lain yang ada di dalam tubuh anda, kulit terbuat dari sel-sel yang membutuhkan air guna bisa berfungsi dengan baik.

Sehingga dengan asupan cairan yang cukup, kelembaban kulit akan terjaga serta bisa membantu untuk meningkatkan elastisitas kulit. Efek Negatif Berjemur Di Pantai Pada Kulit

Tidak hanya itu air juga dapat membantu kulit anda menjadi nampak awet muda, bahkan mengurangi masalah kulit seperti psoriasis, garis-garis atau keriput dan seksim.

Membantu mengeliminasi racun dari kulit dan dalam tubuh, membantu meningkatkan metabolisme serta memperlancar sistem pencernaan.

Melakukan aktifitas fisik secara rutin

Banyak orang yang beranggapan bahwa olahraga hanya berdampak positif pada kesehatan tubuh saja. Misalnya kesehatan organ dalam, mulai dari jantung, paru-paru, hingga membantu memanimalisir penyakit serta meningkatkan imun tubuh.

Padahal dengan melakukan aktifitas fisik atau rajin bergerak merupakan salah stau kunci untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga bisa meningkatkan aliran darah yang berfungsi untuk memelihara sel-sel kulit serta menjaganya supaya tetap sehat.

Karena darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi dengan lebih baik dan nantinya mendistribusikan ke seluruh tubuh, salah satunya pada kulit.

Selain itu darah yang lancar juga akan membantu tubuh membuang racun dan limbah penyebab berbagai masalah kulit secara maksimal. Efek Negatif Berjemur Di Pantai Pada Kulit

Beristirahat cukup

Perlu anda ketahui bahwa tidur atau istirahat cukup antara 7 sampai 9 jam setiap malam sangat diperlukan oleh kulit untuk membantu melakukan regenerasi sel-sel.

Manfaat yang akan anda dapatkan dari beristirahat cukup setiap malamnya ialah keriput di kulit menjadi berkurang, kulit menjadi lebih bercahaya, lebih cerah, lebih sehat dan lebih halus.

Hindari stress

Ada sebagian masyarakat awam yang menganggap bahwa stress merupakan sebuah penyakit. Padahal stress ini ialah salah satu sumber penyakit yang bisa memicu terjadinya berbagai gangguan kesehatan serius seperti knaker, penyakit paru-paru, dan sirosis hati.

Tidak hanya itu saja, stress juga bisa mempengaruhi seluruh tubuh mulai dari rambut, kuku, hingga kulit. Apa kaitannya stress dengan kulit? Ternyata kondisi stress bisa memicu respon kimia pada tubuh sehingga kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif.

Stress bisa menghasilkan hormon kortisol yang bisa membuat kelenjar kulit memproduksi minyak secara berlebihan. Maka dari itu anda tak perlu heran, ketika mengalami stress kulit wajah cendrung berminyak dan lebih mudah berjerawat.

Memanfaatkan minyak kelapa murni

Minyak kelapa merupakan salah satu minyak alami serbaguna yang baik untuk meningkatkan kecantikan dan perawatan kulit. Kandungan alami yang terdapat dalam minyak kelapa sangat bermanfaat untuk menguarkan jaringan epidermis kulit,

membantu mengangkat sel kulit mati, dan melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Efek Negatif Berjemur Di Pantai Pada Kulit

Sehingga anda bisa menjadikan minyak kelapa ini sebagai pelembab kulit yang sekaligus bisa berfungsi sebagai pelindung kulit terhadap penyakit kronis seperti peradangan dan dermatitis atopik.

Menggunakan buah alpukat

Didalam buah alpukat terdapat banyak kandungan vitamin mulai dari vitamin A, D, E dan juga kaya akan kandungan asam lemak omega-3.

Anda bisa memanfaatkan alpukat ini sebagai masker kulit yang berguna untuk membantu menutrisi dan menghidrasi kulit supaya kulit menjadi lebih halus, lebih kenyal, dan lebih bercahaya.

Air lemon

Anda juga bisa menggunakan air lemon untuk mencerahkan kulit atau mengatasi noda-noda hitam di wajah penyebab muka terlihat kusam atau gelap.

Ada baiknya anda mencampurkan air lemon ini dengan air biasa, kemudian terapkan di se;uruh kulit wajah. Namun perlu anda ingat,

bahwa penggunaan air lemon untuk memutihkan kulit tidak dianjurkan bagi yang memiliki kulit sensitif. Caranya ialah dengan menerapkan air lemon hanya pada noda-noda hitam atau bekas luka saja.

Memakai lidah buaya

Lidah buaya atau yang dikenal dengan sebutan aloe vera merupakan salah satu tanaman memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Efek Negatif Berjemur Di Pantai Pada Kulit

Didalam lidah buaya ini terdapat kandungan anti bakteri, antiperadangan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan kulit, mulai dari gatal-gatal atau ruam.

Buah pisang

Buah pisang kaya akan kandungan kalium yang sangat bermanfaat untuk membantu kulit agar tetap elastis dan tidak kering.

Tidak hanya itu didalam buah pisang juga terdapat kandungan vitamin A, B, dan E yang bisa mencegah penuaan dini serta menghilangkan flek hitam di wajah.

Maka dari itu konsumsilah buah pisang ini secra rutin dan teratur, namun selain dimakan langsung anda juga bisa menjadikan buah pisang sebagai masker wajah.

Buah kiwi

Tak perlu di ragukan lagi manfaat dan khasiat dari buah kiwi dalam menunjang kesehatan kulit. Dalam setiap 100 gram buah kiwi terkandung vitamin C sekitar 98 mg.

Sehingga vitamin C yang terdapat dalam buah kiwi jauh lebih banyakdaripda dalam buah jeruk. Seperti yang anda ketahui bahwa vitamin C sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak hanya itu vitamin C juga sangat baik untuk kesehatan kulit agar tetap segar, sehat dan tentunya awet muda. Hal ini dikarenakan vitamin C yang bisa meningkatkan proses regenerasi sel pada kulit.

Untuk itu konsumsilah buah kiwi ini secara rutin dan teratur yaitu 3 kali dalam seminggu agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.  Efek Negatif Berjemur Di Pantai Pada Kulit

 

post by: herbal96

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.