Ligamen Robek Bisa Sembuh

By | Mei 8, 2018

Ligamen Robek Bisa Sembuh

Ligamen Robek Bisa Sembuh

ligamen robek bisa sembuh

ligamen robek bisa sembuh

Ligamen Robek Bisa Sembuh – Ligamen merupakan sebuah jaringan yang berbentuk pita serta tersusun dari serabut-serabut yang berfungsi untuk menghubungkan antara tulang yang satu dengan tulang yang lain pada sendi. Jaringan elastis ini atau ligamen akan mengikat luar ujung tulang yang saling membentuk persendian dan membantu mengontrol rentang gerak, serta bisa menstabilkan tulang sehingga tulang dapat bergerak dengan baik.

Fungsi ligamen

  •  Menentukan rentang gerakan

Pada sendi tubuh anda terdapat ligamen yang memiliki tanggung jawab terhadap menentukan sejauh mana rentang gerakan yang dari sendi itu sendiri. Sehingga bermanfaat untuk mencegah terjadinya dislokasi sendi. Selain itu ligamen juga dapat mencegah hiperekstensi tulang atau sendi dan bisa menstabilkan sendi dan mengatur mereka selama gerakan. Ligamen Robek Bisa Sembuh

  •  Perlindungan tulang dan sendi

Tulang dan sendi yang patah akan mendapatkan perlindungan dari ligamen karena pada saat terjadi ketegangan pada sendi. Ligamen dapat berubah bentuk di bawah beban konstan.

  •  Proprioseptif

Ligamen juga dapat berfungsi untuk mempertahankan postur tubuh dengan sistem proprioseptif. Anda akan menyadari posisi lutut dan kaki ketika sendi lutut dibengkokan karena akan merangsang saraf proprioseptif.

Jenis-jenis cedera pada ligamen

  1. Cedera ligamen lutut

Ada banyak faktor yang bisa mnyebabkan cedera pada ligamen lutut misalnya memutar lutut dengan kaki yang di tahan, memperluas gerakan lutut terlalu jauh. Serta melompat dan mendarat dengan posisi lutut yang tertekuk, berhenti secara tiba-tiba saat berjalan, mangangkat bedan dari satu kaki ke yang lain secara tiba-tiba dan yang lain-lain. Dan yang di bawah ini adalah ligamen lutut yang rawan terkena cedera : Ligamen Robek Bisa Sembuh

  •  ACL ( ligamentum cruciatum anterior) merupakan salah satu dari dua ligamen utama di lutut. Ligamen ini berfungsi untuk menghubungkan tulang paha ke tulang-tulang kering di lutut. Cedera ini adalah yang paling sering terjadi sehingga menyebabkan kecacatn di lutut.
  •  Ligamen cruciatum posterior merupakan ligamen utama yang kedua pada lutut untuk menghubungkan tulang paha ke tulang kering di lutut.
  •  Ligamen selanjutnya yang mudah terserang cedera ialah LCL ( lateral ligamen klateral) yang berguna untuk menghubungkan tulang paha ke fibula, dan tulang kecil kaki bagian bawah pada sisi samping atau luar lutut.
  •  Dan yang terakhir ialah medial ligamen kolateral (MCL) yang berfungsi untuk menghubungkan tulang paha ke tulang pada sisi medial atau lutut. Ligamen Robek Bisa Sembuh

Jika anda mengalami cedera lutut akan merasakan nyeri yang mendadak serta berat, bunyi krepitasi (krek), pembengkakan, perasaan pelonggaran pada sendi, dan ketidakmampuan untuk meletakan berat badan pada titik tanpa rasa sakit.

2. Cedera pergelangan kaki

Pada saat ligamen yang mendukung tulang-tulang pergelangan kaki teregang atau robek bisa menyebabkan cedera pergelangan kaki (cedera ankle). Cedera pada pergelangan kaki ini akan lebih sering di alami oleh para atlet tapi juga bisa terjadi pada non atlet, anak-anak, dan orang dewasa.

Banyak penyebab yang bisa mengakibatkan cedera pada pergelangan kaki atau ankle misalnya pada saat melakukan olahraga sepakbola, tenis, basket, badminton dan sebagainya. Hal ini terjadi karena kesalahan dalam mendarat saat melompat atau berlari di permukaan yang tidak rata atau pada saat naik turun anak tangga. Dan berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi cedera ankle:

  •  Kelemahan otot terutama otot-otot di sekitar sendi pergelangan kaki
  •  Cedera pergelangan kaki yang berulang bisa menyebabkan longgarnya ligamen-ligamen yang berada pada sendi tersebut. Ligamen Robek Bisa Sembuh
  •  Fleksibilitas yang buruk
  •  Kurang melakukan pemanasan dan peregangan sebelum melakukan olahraga
  •  Keseimbangan tubuh yang buruk

Gejala cedera ligamen

  1. Pembengkakan

Salah satu gejala akibat dari adanya cedera pada ligamen ialah pembengkakan pada daerah lutut atau daerah lainnya yang mengalami cedera. Jadi anda harus tau gejala apa saja yang akan di timbulkan apabila mengalami cedera ligamen supaya lebih dini untuk mengobatinya.

Jika anda mengalami pembengkakan pada lutut kanan atau kiri akan merasakan rasa sakit bahkan bisa menjadi nyeri sendi lutut. Ligamen Robek Bisa Sembuh

2. Kelonggaran pada sendi

Gejala berikutnya adalah kelonggaran pada sendi ketika anda mengalami cedera ligamen. Jadi anda harus segera memeriksakan ke dokter apabila merasakan kelonggaran pada sendi karena jika di biarkan akan menjadi lebih parah. Obat Ligamen Robek

3. Nyeri pada lutut

Adanya nyeri pada lutut anda, bisa juga disebabkan karena ligamen mengalami cedera. Sehingga anda harus segera memeriksakan ke dokter apabila merasakan nyeri pada lutut untuk mengetahui penyakit apa yang anda alami.

Penyebab cedera ligamen

Aktivitas fisik tertentu bisa menyebabkan terjadinya cedera pada ligamen. Tidak hanya itu cedera ligamen juga bisa di sebabkan karena adanya tekanan pada ligamen sehingga membuat ligamen menjadi renggang terlalu jauh yang akan membuat ligamen menjadi patah. Dan berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan cedera pada ligamen: Ligamen Robek Bisa Sembuh

  1. Memutar lutut dengan kaki yang di tahan

Apabila anda sering memutar lutut dengan kaki yang satunya lagi di tahan hal tersebut bisa menimbulkan cedera pada ligamen. Hal disebabkan oleh tekanan pada ligamen itu sendiri sehingga ligamen mengalami cedera.

2. Posisi lutut tertekuk pada saat melompat dan mendarat

Anda harus menggunakan teknik yang benar apabila sering melakukan aktivitas seperti melompat dan mendarat karena jika teknik yang anda gunakan tida benar bisa menyebabkan cedera ligamen lutut.

3. Gerakan lutut yang terlalu jauh

Cedera ligamen juga bisa terjadi apabila melakukan garakan lutut yang terlalu jauh hal ini bisa menyebabkan cedera ligamen. Karena lutut yang terlalu jauh akan membuat ligamen menjadi renggang yang akan mengakibatkan ligamen menjadi patah atau robek. Tidak hanya itu anda juga bisa mengalami cedera ligamen apabila mengangkat badan secara tiba-tiba.  Ligamen Robek Bisa Sembuh

Bagaimana cara mengobati ligamen robek

  1. Banyak mengonsumsi vitamin C

Anda sangat di sarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C pada saat mengalami cedera ligamen lutut. Hal ini karena vitamin C memiliki peran yang sangat penting untuk membantu dalam proses penyembuhan cedera yaitu dengan membangun protein baru untuk kulit, jaringan parut, tendon, ligamen, dan pembuluh darah.

Vitamin C bisa membantu anda untuk menjaga tulang rawan dan tulang jaringan. Tidak hanya mempunyai sifat bisa menyembuhkan vitamin C juga menawarkan proteksi internal terhadap radikal bebas.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A

Pada saat anda cedera sangat di sarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A karena dapat meningkatkan sel darah putih. Jika sel darah putih meningkat bisa menjaga cedera dan dapat membantu melawan infeksi dan virus. Ligamen Robek Bisa Sembuh

Meskipun anda tidak memiliki luka yang terbuka akan tetapi tubuh anda masih membutuhkan produksi sel darah putih untuk melindungi cedera dan meningkatkan tingkat penyembuhan.

3. Makanan yang kaya akan zinc

Zinc sangat penting dalam proses penyembuhan cedera karena setiap jaringan yang di dalam tubuh mengandung zinc. Tubuh anda akan dibantu oleh zinc dengan menggunakan protein dan lemak yang anda konsumsi untuk meningkatkan pertumbuhan dan penyembuhan jaringan yang luka.

Cara Menguatkan otot ligamen setelah mengalami cedera

  1. Menaikan kaki dengan lurus

Anda bisa melatih otot lutut anda setelah mengalami cedera yaitu dengan memulai latihan otot paha depan, latihan bermanfaat untuk mengurangi ketegangan pada lutut. Anda bisa melakukan latihan ini dengan cara berbaring telentang di permukan yang datar ataupun di lantai. Ligamen Robek Bisa Sembuh

Kemudian tekuk satu lutut dan tempatkan telapak kaki anda lurus di lantai. Lalu anda angkat kaki yang tidak menekuk dan jaga agar tetap lurus dan lakukan gerakan ini saling bergantian.

2. Melakukan hamstring curls

Hamstring merupakan otot-otot yang terletak di belakan paha anda. Untuk melakukan hamstring curls anda hanya perlu berbaring di lantai dengan menelungkup. Kemudian angkat kaki secara perlahan dan angkat tumit anda mendekati bokong sesuai dengan kemampuan dan tahan beberapa saat di posisi tersebut.

Tidak hanya itu anda juga bisa melakukan dengan cara berdiri memegang kursi lalu tekuku kaki ke belakang. Apabila anda sudah terbiasa melakukan ini anda bisa tambahkan beban pada pergelangan kaki secara bertahap dimulai dari 0,5 kg, 1,5 kg, sampai dengan 3 kg. Ligamen Robek Bisa Sembuh

3. Berjinjit

Tahap selanjutnya untuk menguatkan otot ligamen bisa berdiri dengan kedua kaki menopang beban tubuh menghadap bagian belakang kursi. Kemudian berpegangan kepada kursi untuk menyeimbangkan tubuh anda.

Mulailah dengan angkat kaki yang tidak mengalami cedera sehingga beban tubuh akan ditanggung oleh kaki yang cedera. dan jinjitkan kaki yang cedera setinggi mungkin dan ulangi latihan ini 10 kali untuk dua set.

4. Melakukan lunge

Yaitu dengan cara menaruh salah satu kaki di belakan selebar mungkin kemudian anda turunkan kaki yang berada di depan sehingga lutut hampir menyentuh lantai tai jangan sampai menyentuhnya. Anda harus menjaga punggung agar tetap tegak dan jangan biarkan lutut kaki depan melewati jari-jari kaki. 10 kali untuk dua set anda bisa lakukan latihan ini dengan kaki yang mengalami cedera di bagian depan dan lakukan dengan jumlah yang sama dengan kaki yang mengalami cedera di belakang.  Ligamen Robek Bisa Sembuh

5. Melakukan hip abduction

Latihan ini dilakukan dengan cara berbaring menyamping dengan kaki yang cedera berada diatas, dan kaki bawah menjadi tumpuan. Anda harus meluruskan kaki yang berada di atas kemudian angkat hingga membentuk sudut 45 derajat, luruskan lutut, dan jangan menguncinya. Lalu tahan posisi tersebut selama kurang lebih lima menit dan turunkan sambil istirahat selama dua menit. Dan anda harus mengulangi latihan 20 kali untuk tiga set agar proses pemulihan bisa cepat.

6. Menekan kaki

Anda bisa melakukan pelatihan ini dengan cara menekan kaki. Anda berbaring dikursi lalu lebarkan kedua kaki selebar bahu. Dan ingat posisi kaki harus membentuk sudut 90 derajat. Lalu sesuaikan kursi lalu perlahan dorong dengan kaki untuk meluruskan lutut, baik saat kursi bergerak mundur atau saat podium bergerak kedepanLigamen Robek Bisa Sembuh

Tidak hanya itu anda juga bisa menggunakan tali elastis dengan cara menaruhnya melewati salah satu telapak kaki dan menggenggam ujung tali dengan kedua tangan anda. Lalu bawa kaki anda ke atas hingga mendekati dada kemudian turunkan secara perlahan tanpa mengendurkan tali.

 

post by: herbal96

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.