Mengapa Terjadi Mimisan Pada Anak

By | Januari 30, 2018

Mengapa Terjadi Mimisan Pada Anak

Bunda sikecil pernah mengalami mimisan ??

kapan dan apa penyebabnya ??

Mengapa Terjadi Mimisan Pada Anak

Mengapa Terjadi Mimisan Pada Anak

Mimisan atau keluarnya darah dari hidung bisa terjadi begitu saja, tanpa ada gejala atau penyebab yang jelas. Bahkan saat anda sedang baik baik saja pun bisa terjadi mimisan. Satu menit Anda baik-baik saja, selanjutnya Anda mencari tisu untuk menyumbah aliran darah yang keluar dari hidung anda.

Di dalam hidung itu terdapat banyak pembuluh darah, apalagi jenisnya itu yang kecil, sehingga mudah sekali patah, rusak dan berlubang. hingga memudahkan keluarnya darah. Pendarahan hidung adalah masalah yang umum terjadi, terutama selama bulan-bulan musim dingin ketika udara kering, udara dalam membuat selaput lendir jalur hidung tersumbat dan retak, yang dapat menyebabkan perdarahan.

Meski kasus mimisan itu ada yang bilang tidak serius. Namun tetap anda perlu tahu bagaimana cara mengatasinya dengan baik dan kapan harus mencari pertolongan medis. Fakta berikut dapat membantu Anda untuk merawat hidung Anda yang berdarah berikutnya. Mengapa Terjadi Mimisan Pada Anak

Siapa saja sih yang bisa terserang mimisan ?

Diperkirakan satu dari tujuh orang Indoensia akan mengalami pendarahan hidung, atau epitaxis dalam istilah medis, di beberapa titik dalam hidup mereka. Mimisan dapat terjadi pada usia berapapun, tapi lebih sering terjadi pada anak-anak usia 2 sampai 10 tahun dan pada orang dewasa berusia 50 sampai 80.

Meski tidak parah, namun mimisan ini dapat menjadi gejala dari suatu penyakit. Nah ada beberapa jenis dari mimisan ini.yaitu  posterior dan anterior. Mimisan anterior melibatkan pembuluh darah kecil di bagian depan hidung. Kebanyakan mimisan anterior bisa diobati sendiri.

Sementara Mimisan posterior melibatkan pembuluh darah yang lebih besar jauh di dalam rongga hidung dan bisa lebih bermasalah karena pendarahan bisa sangat banyak dan sulit dihentikan. Mimisan ini hampir selalu membutuhkan intervensi medis.

“Secara keseluruhan, mimisan anterior jauh lebih umum daripada posterior,” kata Shaunda Rodriguez, DO, ahli bedah telinga, hidung, dan tenggorokan / kepala dan leher dengan Via Christi Health di Wichita, Kansas. Mengapa Terjadi Mimisan Pada Anak

Apa sih yang bisa menyebabkan terjadinya Mimisan ??

Ada banyak hal penyebab / faktor mimisan bisa terjadi . Seperti yang telah kita ketahui salah satu faktor yang cukup berpengaruh adalah faktor udara. Udara kering bisa mengubah kelembaban dari selaput hidung. Hingga Menyebabkan hidung jadi tidak nyaman dan membuat lapisan mukosa hidung menjadi kerak, retak, kering hingga berdarah, terkadang tanpa ada provokasi.

Penyebab kedua adalah di sebabkan oleh goresan pada hidung, di saat hidung terasa gatal, dan kemudian di garuk dengan penuh tenaga, tidak terasa hingga beberapa sel di dalam hidung sampai  mengeluarkan darah, atau karena pukulan hidung agresif atau pukulan berulang dari botol semprot hidung. Peradangan akibat alergi atau virus biasa seperti pilek juga bisa membuat lapisan hidung lebih rentan terhadap mimisan.

Hingga penyebab selanjutrnya dari hidung berdarah adalah karena pukulan dari benda tumpul, atau karena kecelakaan mobil, atau pukulan yang tidak sengaja. Terkadang trauma tumpul menyebabkan mimisan saat anak-anak menempelkan benda kecil ke hidung mereka atau saat orang dewasa mencoba mengekstrak barang tersebut. Menggunakan obat alergi tertentu atau obat-obatan terlarang seperti kokain juga bisa menyebabkan pendarahan hidung.

Dan yang terakhir adalah mimisan yang di sebabkan karena jgenik atau keturunan,  yang disebut telangiectasia hemoragik herediter, kelainan pembekuan darah, atau bahkan kanker. Mengapa Terjadi Mimisan Pada Anak

Lalu apakah obat pengencer darah juga bisa mengakibatkan mimisan ??

Seperti Aspirin, obat antiinflamasi nonsteroid lainnya (NSAID), dan pengencer darah resep seperti warfarin semuanya terkait dengan risiko perdarahan. Namun anda tenang saja, mimisan tidak akan terjadi meski anda mengkonsumsi obat obatan ini, namun tetap konsumsi sesuai dengan resep dokter yaw.

“Hanya saja jika seseorang mengalami mimisan itu bisa menjadi masalah,” Dr. Rodriguez menjelaskan, karena pendarahan seseorang bisa “lebih signifikan.”

Bagaimana Cara Menghentikan Mimisan ??

Sering kali, Anda bisa menghentikan hidung berdarah dengan beberapa langkah sederhana di rumah. Begini caranya:

Pertama, tetap tenang: Kemudian Miringkan kepala sedikit ke depan, bukan ke belakang – Anda tidak ingin darah mengalir deras ke tenggorokan Anda. Dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda, cubit bagian lembut dan bagian bawah hidung Anda. Oleskan cukup tekanan untuk membuat jari Anda memucat, Menurut dokter  Pegang pinch selama lima menit. Jika pendarahan belum hilang, lanjutkan sejumput lima sampai 10 menit lagi.

Nah Setelah pendarahan berhenti, Anda mungkin ingin mencoba semprotan hidung dekongestan untuk mengencangkan pembuluh darah di hidung. Pastikan untuk mendapatkan izin dokter terlebih dulu. Beberapa orang dengan tekanan darah tinggi dan kondisi kesehatan lainnya sebaiknya tidak menggunakan obat-obatan yang menyempitkan pembuluh darah karena bisa menaikkan tekanan darah.

Dan Menurut dokter jangan gunakan tisu serta kasa yang di masukan ke hidung utnuk menyumbat darah keluar, hal ini bisa memperburuk keadaan, bahkan bisa memperparah mimisan, karena sel darah bisa ada yang rusak kembali. Mengapa Terjadi Mimisan Pada Anak

Selanjutnya . . .

Cara kedua, anda bisa menggunakan daun sirih merah yang mudah di dapatkan di halaman rumah, kemudian di cuci sirihnya, kemudian pintal pintal hingga keluar harumnya, dan masukan ke dalam hidung, ( keadaan sirih masih utuh, hanya tercium baunya sangat pekat ) . Rasa ngahat pada sirih merahdapat menghentikan pendarahan yang terjadi, cukup lakukan cara ini sampai daranya berhenti, sekitar 5-10 menitan.

nah, agar mimisan tidak terjadi lagi, lakukan pencegahannya dari sekarang !!!

Selama bulan-bulan kering musim dingin, gunakan semprotan garam over-the-counter ditambah humidifier di malam hari untuk menjaga kelembaban membran hidung agar tidak pecah dan berdarah.

Dr. Rodriguez tidak merekomendasikan menggunakan petroleum jelly di hidung. Dalam kasus yang jarang terjadi, ia dapat melakukan perjalanan ke paru-paru, menyebabkan peradangan. Sebagai gantinya, cobalah gel saline over-the-counter atau berkonsultasilah dengan dokter Anda tentang resep salep antibiotik, katanya.

Spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan juga merekomendasikan untuk memotong kuku anak-anak agar tidak meminum mimisan yang memetik. Dokter juga menyarankan untuk berhenti merokok ; Asap mengering dan mengiritasi hidung.

Untuk makanannya, pastikan untuk menghindari makanan yang di goreng goreng, makana yang pedas juga, sebabhal itu akan memperparah keadaan kering di hidunganda,

Nah untuk solusi lainnya, jika mimisan yang terjadi karena penyakti di area hidung, seperti panas dalam, radang tenggorokan, sinusitis, dan penyakti lainnya yang menyebabkan area hidung panas dan tidak lembab lagi, solusinya bisa anda dapatkan disini, di Herbal96.com kami memberikan informasi selengkap mungkinbeserta dnegan solusinya.  Yaiutu untuk segera melakukan pengobatan dengan herbal yang terbaik, agar penyakit yang menajdi penyebab mimisan sembuih, dan mimisan pun tidak akan kambuh lagi. Masalah sistem imun tubuh juga akan meningkat, dan mencegah infeksi, serta menghentikan yang namanya peradangan.

Untuk informasilebih lengkapnya, anda bisa langusng hubungi saja kami cs HERBAL96 di sms/WA : 0853-1122-8002

salam sehat 🙂

by : herbal96.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.