Salep Untuk Luka Nanah Kucing

By | Oktober 9, 2018

Salep Untuk Luka Nanah Kucing

salep untuk luka nanah kucing

salep untuk luka nanah kucing

Salep Untuk Luka Nanah Kucing – Kucing merupakan salah satu hewan yang terkadang akan bertarung dengan kucing yang lainnya untuk menunjukan dominasinya.

Biasanya kucing yang berkelahi akan menggunakan gigi mereka yang bisa menimbulkan luka gigitan.

Pada saat kucing menggigit kucing lainnya, gigi kucing yang merupakan sumber bakteri bisa menginfeksi luka yang terjadi.

Biasanya luka gigitan ini akan mengering dengan cepat, namun bisa menyebbakan bakteri terperangkap di bagian bawah kulit. Kondisi tersebutlah yang bisa memicu terjadinya infeksi dan bengkak atau abses  Salep Untuk Luka Nanah Kucing

Maka dari itu jika kucing anda mengalami luka, segeralah untuk membawanya ke dokter hewan terdekap supaya mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Dan di bawah ini adalah beberapa cara pertolongan pertama yang bisa anda lakukan pada kucing yang mengalami luka diantaranya sebagai berikut:

Pertolongan pertama pada kucing yang terluka

Carilah luka pada kucing yang sudah berkelahi

Apabila anda mendengar kucing berkelahi atau anda melihat kucing yang nampak pincang. Maka segeralah periksa atau pengecekan terhadap tanda-tanda trauma.

Biasanya tanda yang bisa dilihat ialah adanya gumpalan bulu, untuk itu periksalah daerah dimana bulu menggumpal. Lalu nyibakan bulu tersebut sehingga anda bisa melihat kulit di bawahnya dengan lebih jelas.

Tidak hanya itu anda juga bisa memeriksa pada area kulit kucing yang botak karena terkadang kucing yang berkelahi bisa menarik bulu kucing lainnya. Biasanya pada area tersbeut akan terdapat luka atau pembengkakan bahkan berdarah. Salep Untuk Luka Nanah Kucing

Lakukanlah pemeriksaan terhadap luka

Jika kucing berkelahi, terkadang anda tidak menyadarinya. Oleh karena itu terkadang luka pada kucing telah tertutup padahal di dalam jaringannya masih ada bakteri yang bisa memicu infeksi.

Maka dari itu anda bisa memeriksa tubuh kucing seperti pada bagian kepala, tungkai depan, dan ujung ekor. Jika terdapat luka, maka kemungkinan besar hal tersebut akibat ialah bekas luka.

Selain itu anda juga bisa memeriksa keseluruhan tubuh kucing dan merasakannya jika terdapat area yang lembek, karena hal tersebut bisa menyebabkan rasa nyeri.

Anda juga bisa memperhatikan suhu tubuh kucing, jika kucing anda menderita demam maka hal tersebut merupakan tanda bahwa kucing sedang mengalami infeksi.

Memperhatikan tanda-tanda lain pada kucing

Bagi anda yang memiliki kucing, sangatlah penting untuk mengetahui prilaku normal da kucing anda. Karena hal ini bisa membantu anda untuk mengetahui jika terdapat hal yang aneh.

Mka dari itu anda harus memperhatikan prilakunya seperti perubahan pola makan, bentuk pergerakan, dan interaksi dengan sekeliling dari kucing kita.

Apabila hal ini terjadi, maka bisa jadi kucing tersebut sedang menunjukan tanda-tanda penyakit salah staunya ialah trauma fisik. Salep Untuk Luka Nanah Kucing

Sedangkan jika kucing anda menunjukan perubahan prilaku seacara signifikan tetapi tidak bisa ditentukan penyebabnya, maka segeralah bawa ke dokter hewan terdekat supaya mendapatkan pengobatan.

Memilih cairan pembersih luka

Saline merupakan salah satu cairan luka yang bisa anda gunakan untuk mengatasi luka pada kucing.

Caranya ialah dengan menyiramkan cairan saline steril pada luka, hal ini akan akan menghilangkan bakteri dan sisa kotoran.

Saline adalah cairan yang pH nya sama dengan jaringan tubuh sehingga bisa meminimalkan kerusakan jaringan.

Jika lukanya sangat nampak kotor karena tanah atau lumpur, maka anda bisa mendidihkan air dan menggunakannya sebagai pembersih luka ketika dalam keadaan dingin.

Tidak hanya itu anda juga bisa emnggunakan air campuran garam untuk membersihkan luka secara alami, perlu anda ketahui bahwa didalam garam terdapat kandungan sifat disinfektan.

Untuk membuat air garam anda hanya perlu mendidihkan segelas air lalu tambahkanlah garam sebanyak satu sendok teh.  Salep Untuk Luka Nanah Kucing

Membersihkan luka dengan menggunakan jarum suntik

Untuk membersihkan luka pada kucing anda bisa meminta bantuan pada teman untuk memgenagi kucing yang memberontak karena kesakitan.

Caranya ialah dengan menyelimuti seluruh bagian tubuh kucing kecuali yang mengalami luka. Kemudian bersihkanlah luka tersebut dengan menggunakan jarum suntik.

Sebelum melakukan penyuntikan anda terlebih dahulu harus mengambil cairan pembersih luka dengan menggunakan jarum suntik,

setelah itu barulah semburkan secara perlahan pada area kulit yang terluka. Lakukanlah perawatan ini hingga beberapa kali sampai lukanya terlihat bersih.

Bersihkanlah luka dengan menggunakan kapas

Jika anda tidak mempunyai jarum suntik maka bisa membersihkan lukanya dengan menggunakan kapas.

Caranya ialah dengan mencelupkan kapas kedalam cairan pembersih luka lalu peras kapas tersebut di area luka sehingga luka terbasuh dengan baik.

Apabila kotoran yang menempel tidak hilang maka usapakanlah kapas tersebut pada area yang terluka dengan arah pergerakan ke bawah.

Anda harus mengusakannya searah supaya luka tidak terkontaminasi kembali dengan kotoran yang telah di bersihkan.

Apabila luka pada kux=cing anda nampak bernanah maka tekanlah luka tersebut dengan kapas secara perlahan supaya nanah bisa keluar.

Dan keluarkanlah nanah tersebut sebanyak mungkin sebelum di lakukan penanganan lebih lanjut oleh dokter hewan. Salep Untuk Luka Nanah Kucing

Memutuskan untuk menutupi luka atau tidak

Perlu anda ketahui bahwa sebagian besar luka akan lebih cepat sembuh jika dibiarkan terbuka. Mka dari itu janganlah sekali-kali menutup luka dengan menggunkaan kain kassa ataupun plester yang berukuran kecil. Namun jika kucing anda suka menjilati lukanya, maka anda perlu menutup luka tersebut.

Karena lidah kucing bertekstur kasar sehingga bersifat abrasive pada luka dan akan melukai jaringan sehingga proses penyembuhan akan berlanmgsung lebih lama.

Melakukan pertolongan pertama

Lakukanlah pertolongan pertama pada kucing yang terluka, caranya ialah dengan mengecek seluruh tubuh kucing untuk menentukan seberapa parahnya luka tersebut.

Apabila anda mendapatai bulu yang kusut, maka jepitlah bulu itu sehingga anda bisa melihat luka dengan jelas.

Dengan begitu anda bisa melakukan pengompresan pada area luka dengan menggunakan kompres hangat.

Dan tahanlah kain hangat tersebut pada area luka hingga beberapa saat untuk meluruskan bulu dan membersihkan darah.

Namun anda juga harus hati-hati supaya tidak di gigit kucing, karena kucing ini akan lebih sensitiv ketika terluka sebab dia menahan rasa sakit.  Salep Untuk Luka Nanah Kucing

Bawalah kucing ke dokter hewan

Apabila anda usdah membersihkan luka. maka segeralah untuk memeriksakan lukanya secara seksama untuk menentukan apakah kucing perlu di bawa ke dokter hewan atau tidak.

Jika luka ini terjadi pada permukaan kulit maka luka itu bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Namun jika luka tersebut sangat dalam, mengalami pendarahan, terjadi di daerah leher atau mata, maka sebaiknya anda membawa kucing tersebut ke dokter hewan.

Jika kucing anda berprilaku normal, mau makan secara normal, maka bisa dikatakan luka yang dialami tidaklah serius sehingga kita tidak perlu untuk membawany ke dokter.

Periksalah luka pada kucing secara rutin

Bagi anda yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, tentunya tidak dapat selalu menyaksikan kucing bertengkar atau menyadari tanda-tanda luka di kucing.

Maka dari itu anda harus selalu rutin memeriksa luka kucing yang mungkin saja anda lewatkan.

Hal ini sangatlah penting untuk di lakukan terutama pada kucing yang tinggal di luar sehingga akan beririko tinggi bertengkar dengan kucing lainnya.

Cara merawat kucing dengan baik dan benar

  • Memberi makanan yang bergizi

Pada umumnya makanan kucing ini terbagi menjadi dua jenis yakni makanan untuk kucing dewasa dan makanan untuk anak kucing.

Ada berbagai macam jenis produk maknana kucing, ada makanan khusus dewasa dan ada juga makanan untuk anak kucing. Salep Untuk Luka Nanah Kucing

Sehingga nutrisi dan kandungan gizi yang terdapat dalam makanan itu pun berbeda-beda. Anda harus menghindari memberikan kucing dengan maknana anjing, unggas.

Pilihlah makanan kucing yang terdapat kandungan gizi yang cukup baik seperti taurin, vitamin, nutrisi, dan lain sebagainya. Supaya nafsu makan kucing terjaga dengan baik dan kesehatan kucing tentunya akan terjaga.

  • Memilih jenis makanan

Biasakanlah kucing anda untuk tidak mengkonsumsi makan-makanan yang aneh atau beragam, yakni cukup dengan satu atau dua jenis saja.

Misalnya anda memberikan makanan ikan, dan itu merupakan makanan favoritnya. Aapalagi jika anda suka dengan ikan dan hampir setiap hari mengkonsumsi ikan, sehingga tidak akan terlalu sulit untuk memeberikan jenis makanan untuk kucing.

HIndarilah memberikan ikan asin pada kucing, karena ikan asin akan memberikan dampak tidak baik pada kucing.

Meskipun kucing sangat menyuikai ikan asin karena rasa dan aromanya dari ikan asin sangat khas dan menggugah selera makan.  Salep Untuk Luka Nanah Kucing

Ikan asin akan membuat kucing sangat bernafsu untuk melahapnya, tapi perlu anda ketahui bahwa dengan kucing sering memakan ikan asin, maka siap-siap saja bulu kucing yang lembat dan halus akan rontok.

  • Minuman kucing

Anda juga harus tahu bahwa kucing juga bisa merasakan kehausan atau dehidrasi. Maka dari itu jika anda sering mengurung kucing didalam kurung, jangan sampai lupa untuk mencukupi air minumnya.

Kucing yang mengalami kehausan atau dehidrasi berat akan sangat rentan untuk terkena penyakit. Untuk itu beriknalah kucing anda air minum bening atau putih dan juga bersih.

  • Memandikan kucing

Kucing juga memiliki sifat yang sangat peduli dengan kebersihan tubuhnya. Sehingga kita tak perlu heran jika melihat kucing mandiri atau mandi sendiri, kucing sangat hobi membersihkan bulu atau badannya dengan menggunakan lidahnya sendiri.

Tentunya itu semua tidaklah cukup, untuk menunjang perawatan atau kebersihan kucing. Untuk itu anda harus ikut serta dalam membersihkan kucing supaya badan dan bulunya benar-benar bersih dan juga harum.

Anda juga tak perlu memandikan kucing setiap hari, karena justru bisa menyebbakan kucing mengalami masuk angin.

Anda sangat dianjurkan untuk memandikan kucing jika warna bulunya sudah terlihat kusam, atau dipenuhi debu.  Salep Untuk Luka Nanah Kucing

HIndari memandikan kucing dengan menggunakan air hangat atau panas, karena hal tersebut bisa menyebabkan bulu kucing menjadi rusak dan kulitnya mengalami iritasi.

Maka dari itu gunakanlah air yang biasa untuk memandikan kucing supaya kucing anda merasa nyaman dan menjadi segar.

Dalam memandikannya anda harus membersihkan tubuh kucing secara keseluruhan seperti bagian bulu, mata, gigi, kuku, telinga dan yang lainnya, bagian tersebut merupakan biang bakteri bersarang dan menjadi penyebab utama mengapa kucing anda terkena penyakit.

  • Merawat dan menyisir bulunya

Jika anda memiliki kucing yang berbulu lebat, maka bisa menyikatnya atau meyisirnya, supaya blu kucing yang mati terjatuh. Hal ini sangatlah penting untuk menunjang penampilan kucing itu sendiri.

 

post by: sansanherbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.